--> Skip to main content

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron (Bukan Smart TV)

Berikut adalah postingan dan tutorial tentang cara menyambungkan hp ke tv Polytron tanpa kabel, bisa untuk type tv polytron apa saja, seperti tv polytron cinemax, led atau tabung, dan type tv Polytron lainnya.

Menonton video streaming Youtube menggunakan perangkat tv tentu akan lebih seru, ini dikarenakan audio dan visual tv ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan menonton di layar hp. Selain itu ketika Montirbox mencoba menampilkan visual game di layar tv, rasanya sungguh luar biasa, layaknya kita sedang bermain di perangkat konsol game seperti PlayStation 3 atau 4 .

Cara menyambungkan hp ke tv Polytron tentunya tidak terlalu sulit, untuk menyambung visual dan audio smartphone di perangkat tv ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tergantung dari jenis tv nya itu sendiri. Kebetulan tv yang akan kita coba adalah tv led biasa yang bukan smart tv dengan merk Polytron, jadi bukan smart tv yang sudah memiliki fitur Screen Mirroring.

Tutorial cara menyambungkan hp ke tv ini tidak hanya work untuk tv bermerk Polytron saja, jika sobat mempunyai tv merk lain misalnya LG, Samsung, Sharp atau merk lainnya (yang terpenting memiliki port HDMI pada tv), Sobat juga bisa mengikuti tutorial ini. Sebenarnya cara ini bisa diterapkan juga pada tv tabung konvensional, jika Anda memakai tv tabung, Anda bisa baca di Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa (TV Tabung), Anda harus membeli tambahan perangkat lagi berupa kabel converter HDMI to AV agar bisa bekerja pada tv tabung.

Baca Juga : Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dan Pakai Kabel

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Oke sobat Montirbox, biasanya pada tv led dari semua macam merk kini sudah menyediakan fitur untuk terhubung dengan berbagai perangkat melalui port USB dan juga HDMI. Seperti contoh, pada bagian belakang tv led merk Polytron sudah tersedia port usb dan HDMI. Port inilah yang kita butuhkan untuk menyambungkan sebuah alat yang bisa terhubung ke perangkat smartphone Anda agar bisa menampilkan layar hp ke tv Polytron Anda.

Ada 2 cara dan pilihan alat yang bisa digunakan untuk menghubungkan hp ke tv polytron, yang pertama adalah dengan menggunakan kabel koneksi HDMI MHL TV, namun cara ini tidak Montirbox rekomendasikan karena penggunaannya agak ribet dan tidak semua perangkat smartphone bisa support.

Cara menyambungkan hp ke tv polytron kedua yang menjadi pilihan dan banyak dilakukan serta sangat direkomendasikan oleh banyak teknisi elektronik adalah dengan menggunakan HDMI Dongle. Penggunaan alat ini lebih praktis, karena tidak perlu menyambung kabel dari hp ke perangkat tv. Untuk mendapatkannya, sobat bisa membeli secara online di banyak marketplace seperti Tokopedia atau lainnya, harganya berkisar sekitar 125 ribuan rupiah saja.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Ketika alat ini di unboxing, didalamnya terdapat sebuah perangkat HDMI Dongle Anycast. Bagian depannya berbentuk konektor HDMI yang nanti akan disambungkan ke port hdmi yang ada disamping atau dibelakang tv. Kemudian ada led indikator pada Anycast, dan di sisi lainnya ada sebuah port yang nantinya akan dihubungkan ke adaptor charger, atau bisa juga ke port usb yang ada di tv.

Lalu di dalam kotaknya juga ada kabel yang bercabang 2, ujung satunya untuk dihubungkan ke perangkat dongle hdmi, sementara 2 cabang kabel dibawahnya disambungkan ke port wifi dan juga port usb yang ada di tv.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Oke sobat Montirbox, sekarang kita praktekkan untuk cara menyambungkan hp ke tv polytron. Ingat ya sobat, tutorial cara menghubungkan hp ke tv polytron ini bisa untuk semua type polytron type apa saja, walaupun tv Anda bukan Polytron smart tv.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron


1. Pertama masukkan dongle HDMI ke port hdmi yang ada di belakang tv Polytron Anda, lakukan pemasangan dengan hati-hati karena kakinya sangat banyak dan mudah bengkok jika salah saat pemasangan.

2. Setelah terpasang dengan benar, selanjutnya masukkan konektor usb dongle hdmi ke port usb di tv. Jika port usb di tv tidak ada di tv sobat, maka bisa menggunakan adaptor charger untuk penggantinya.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

3. Kemudian untuk port wi-fi nya kita biarkan saja tanpa terhubung ke manapun.

Jika semua alat sudah terpasang dengan benar, biasanya lampu indikator yang ada di dongle HDMI akan menyala, lalu selanjutnya sobat hidupkan perangkat tv yang akan dipakai untuk menampilkan layar hp ke tv.

Setelah tv menyala, kemudian pada remot tv tekan input atau source, ubah tv ke mode HDMI. Selanjutnya jika dongle hdmi yang sudah kita pasang tadi sudah terbaca oleh system, maka sobat akan melihat tampilan display Anycast pada layar tv.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Langkah berikutnya pada smartphone yang akan disambungkan kita buka aplikasi PlayStore, Anda bisa memakai hp merk Oppo dan Xiaomi ataupun hp merk lainnya untuk menyambungkan hp Anda ke tv Polytron, yang terpenting sudah OS Android. lalu download sebuah aplikasi yang bernama "Miracast - Wifi Display". Setelah aplikasi di download dan diinstal, buka aplikasinya lalu pilih 'Connect' untuk mencari spot wifi yang ada di Dongle HDMI yang kita pasang tadi.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Kemudian disini akan kita temukan sebuah spot layar nirkabel bernama 'Anycast' dengan seri yang tertera. Lalu tap atau klik untuk menghubungkan perangkat ini ke tv. Setelah terhubung, sobat akan bisa lihat tampilan layar pada hp akan sama seperti yang ada di tv. Kecepatannyapun bisa dibilang hampir sama persis, walaupun sebenarnya ada sedikit terlambat atau delay.

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Ketika video di Youtube kita putar pada layar penuh, maka di tv pun akan sama, layarnya full pada resolusi 1080 pixel. Dan saat kita melakukan cara ini yaitu menyambungkan layar hp ke tv, maka suara di hp akan hilang sama sekali dan berpindah ke tv. Jadi suara akan terdengar hanya dilayar tv saja. Kita bisa mencoba menjalankan game yang ada di hp, terasa ringan dan gambarnya terasa lebih hidup.

Baca Juga : Cara Menyambungkan HP ke TV LG

Bagaimana sobat, sangat menarik bukan? Oke sobat, itu dia tutorial singkat cara menyambungkan HP ke TV Polytron, semoga postingan ini bisa bermanfaat. Terimakasih sudah membaca postingan di artikel Montirbox ini.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close