--> Skip to main content

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa (TV Tabung)

Postingan ini memberikan langkah-langkah mengenai cara menghubungkan hp ke tv biasa atau tv tabung lama agar bisa menampilkan layar dari hp Android, untuk bisa menapilkan audio dan visual yang lebih besar.

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa - Pada artikel sebelumnya Montirbox telah memberikan tutorial yaitu cara menyambungkan hp ke tv dan cara menyambungkan hp ke tv Polytron led. Pada kesempatan kali ini tv yang Montirbox gunakan bukan lagi tv led, tapi tv tabung, dan untuk cara menghubungkan hp ke tv tabung kita memerlukan input AV melalui kabel RCA. Silahkan simak tutorial cara menghubungkan hp ke tv biasa pada postingan dibawah ini.

Seperti pada tulisan sebelumnya, Montirbox menggunakan perangkat Dongle HDMI untuk menghubungkan hp ke tv LED, dan untuk ke tv tabung pun sama memakai HDMI Dongle ini juga, hanya saja ada sebuah alat tambahan lagi yaitu Mini HDMI2AV. Untuk mendapatkan kedua alat ini sobat bisa membelinya di toko online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, ataupun marketplace lainnya. Adapun harga Dongle HDMI sekitar 120 ribu rupiah, dan Mini HDMI2AV harganya 90 ribu.

Untuk cara menghubungkan hp android ke tv tabung dengan kabel rca ini Anda juga harus mempersiapkan alat tambahan lainnya, sobat harus menyiapkan 2 buah adaptor atau kepala charger sebagai daya untuk menghidupkan Dongle HDMI dan Mini HDMI2AV. Selanjutnya sebagai alat penghubung hp ke tv tabung yang juga diperlukan adalah kabel dan colokan RCA untuk menghubungkan Mini HDMI2AV ke tv tabung melalui input AV.

Baca Juga : Cara Menyambungkan HP ke TV LG

Cara Menghubungkan HP ke TV Tabung

Oke Sobat, sekarang kita mulai untuk cara menghubungkan hp ke tv biasa atau tv tabung, dan merakit alat-alat tadi menjadi sebuah rangkaian:

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa

Pertama kita buka dulu Dongle HDMI, didalamnya terdapat sebuah kabel bercabang dan juga sebuah unit dongle HDMI nya. Sekarang kita masukkan ujung kabel yang satunya ke port daya yang ada di dongle HDMI, lalu ujung kabel yang lain kita hungungkan ke adaptor charger.

Setelah itu kemudian kita buka alat yang satunya lagi yaitu Mini HDMI2AV, didalamnya terdapat unit produk dan sebuah kabel charger. Sekarang kita sambungkan dulu untuk kabel charger nya ke port yang sudah tersedia, lalu ujung yang satunya kita hubungkan lagi ke adaptor charger.

Langkah berikutnya perangkat Mini HDMI2AV ini kita koneksikan ke dongle HDMI melalui port HDMI yang sudah disediakan, berikutnya kita hubungkan rangkaian tersebut ke port AV di tv tabung dengan menggunakan kabel RCA, ikuti saja sesuai warna kabelnya.

Jika semua sudah terpasang dan terhubung dengan benar, selanjutnya kita hubungkan kedua adaptor charger Dongle HDMI dan Mini HDMI2AV ke daya listrik untuk kedua perangkat tersebut.

Setelah perangkat dihidupkan biasanya lampu indikator Dongle HDMI akan menyala berwarna biru, dan untuk Mini HDMI2AV tidak dibekali dengan lampu indikator, jadi kita tidak mengetahui nyala atau tidaknya perangkat itu.

Untuk lebih jelasnya, konfigurasi pemasangan Dongle HDMI dan Mini HDMI2AV bisa Anda lihat pada gambar dibawah berikut ini:

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa

Setelah semua rangkaian terpasang dengan benar, kita berlanjut ke tv tabung. Kita nyalakan tv dan pilih inputnya ke AV, bisa kita lihat tampilan gambar dari Dongle HDMI sudah di konversi dan ditampilkan di tv tabung.

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa

Langkah selanjutnya kita ambil hp android dan download aplikasi 'Miracast - Wifi Display' di PlayStore. Kemudian buka aplikasinya, setelah wifi di hp android dihidupkan lalu tap 'Connect'. Lalu disini kita akan menemukan nama perangkat Dongle HDMI tadi yang sudah terhubung ke tv.

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa

Kemudian tap lagi pada nama perangkat Dongle HDMI tersebut, tunggu beberapa detik dan selanjutnya kita akan melihat tampilan layar hp sudah sama seperti di tv. Coba kita buka menu aplikasi di hp, dan scroll ke samping, maka di tv pun tampilannya akan sama.

Anda bisa mencoba buka Youtube, gambar akan terasa lebih hidup dan lebih seru, karena kita menonton pada layar yang lebih besar daripada layar hp. Apalagi suaranya juga bisa kita atur untuk merasakan efek suara lainnya. Dan ketika dicoba untuk main game pun terasa ringan, tidak ada buffering ataupun keterlambatan audio dan visual.

Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa

Oke sobat, itu tadi tutorial singkat tentang cara menghubungkan hp ke tv biasa atau tv tabung dengan menggunakan alat tambahan berupa Dongle HDMI dan Mini HDMI2AV. Semoga artikel ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close