--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Aki Kering yang sudah Soak (Work 99%)

Pada Artikel ini Montirbox akan memberikan panduan tentang cara memperbaiki aki kering. Bermacam-macam kerusakan aki kering, seperti aki kering yang ngedrop, aki kering yang lemah, aki kering yang tidak bisa menyimpan, dan aki kering yang cepat habis. Silahkan disimak tutorial cara memperbaiki aki kering dibawah ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering - Hari ini kita akan belajar bagaimana menghidupkan kembali baterai asam timbal atau acid battery yang sudah mati,
metode ini sudah dicoba dengan banyak baterai mati dan kadaluarsa, dan 90% dari baterai kembali berfungsi serta bisa digunakan kembali. Namun cara ini mungkin tidak membawa baterai ke kinerja penuh dari kondisi aslinya, tetapi baterai akan bisa bekerja mulai dari 50% bahkan mencapai 70%.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki aki kering :


- Jarum suntik 3cm
- Voltmeter atau multimeter
- Pengisi daya baterai atau catu daya
- Capit buaya beserta kabelnya untuk digunakan dengan PSU
- Air sulingan / Air aki / Air Zuur / Distilled water

Cara Memperbaiki Aki Kering

Hal yang perlu diikuti sebelum menerapkan cara memperbaiki aki kering di artikel ini


Sebelum mengikuti tutorial cara memperbaiki aki kering, hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan adalah jangan sentuh air yang keluar dari baterai karena cairannya bersifat asam dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit, serta jangan lupa gunakan kacamata dan sarung tangan kimia untuk perlindungan.

Cara memperbaiki aki kering


Langkah 1: Mempersiapkan Baterai


Di dalam baterai yang tertutup kita akan menemukan penutup di bagian atas baterai, lepaskan saja dengan obeng pipih kecil. Setelah selesai Anda akan menemukan 3 lubang yang ditutup dengan bahan karet, Anda juga harus melepas tutup itu juga. Selanjutnya coba ukur tegangan pada baterai tersebut untuk memastikan tegangannya. Biasanya pada baterai hanya tersisa tegangan nol koma sekian volt saja, itu artinya baterai benar-benar kering dari dalam.

Langkah 2: Isi Air suling kedalam Baterai


Kita perlu dalam langkah ini untuk mengisi baterai dengan air suling untuk mengaktifkan asam lagi, jadi isi ulang dengan spuit atau jarum suntik beberapa kali sampai air keluar dari semua lubang dan ukur tegangannya. Anda akan mendapatkan tegangan akan meningkat dan itu pertanda bagus. Namun jika tidak, abaikan saja.

Langkah 3: Campur Air Dengan Acid dan Charging


Setelah mengisi baterai dengan air suling, kita perlu memastikannya bercampur dengan Acid kering di dalam baterai untuk mengaktifkannya kembali. Selanjutnya lakukan charging dengan menyambungkan catu daya 12v 10 ampere, Anda bisa menggunakan PSU ATX bekas komputer, atau Anda dapat memakai pengisi daya apapun maksimal 12V DC, minimal 9V DC. Hubungkan kabel PSU yang positif dengan pin positif aki, dan kabel negatif PSU dengan pin negatif aki juga. Selanjutnya tunggu 5 menit sampai Anda melihat gelembung keluar dari lubang.

Jika tidak ada gelembung yang berasal dari salah satu dari 3 lubang, Anda harus membalikkan kabel negatif dan positif (kabel PSU positif ke negatif aki, kabel negatif PSU ke positif aki) dan menunggu 1 hingga maksimal 3 menit, ini langkah berbahaya jangan biarkan baterai dalam posisi ini lebih dari 3 menit. Setelah Anda melihat gelembung keluar dari lubang seperti mendidih, putuskan daya dengan segera dan hubungkan kembali negatif dan positif seperti semula.

Langkah 4: Proses Pengisian


Jika ada air yang keluar dari ketiga lubang aki, sedot air aki yang melimpah tersebut sedikit dengan jarum suntik sampai air aki tidak tumpah lagi, dan biarkan baterai mengisi. Jangan tutup dulu lubang sampai aki kering terisi dengan daya sebesar 6,9V. Untuk itu Anda harus memeriksanya setiap 1 jam.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Setelah tegangan menjapai 6,9 volt, putuskan charge dan tutup lubang aki, lalu keringkan aki dengan tisu. Dan akhirnya, Selamat! aki kering Anda yang rusak sudah bisa berfungsi kembali. Paparan cara memperbaiki aki kering di postingan ini mungkin sedikit berbeda dengan cara memperbaiki baterai kering yang Anda temukan pada artikel lain di situs ini, namun keduanya bisa Anda coba dan Anda bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kondisi aki kering Anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Aki Kering Paling Ampuh

Bagaimana sobat Montirbox, semoga tutorial cara memperbaiki aki kering tadi bisa mudah di mengerti dan berhasil bagi Anda. Jika tidak work berarti kondisi aki kering Anda sudah sangat soak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close