--> Skip to main content

Kerusakan Yang Paling Sering Dialami PS3

Kerusakan Yang Paling Sering Dialami Konsol PS3 - PlayStation 3 (PS3) merupakan konsol game yang masih sangat populer hingga saat ini. Dibalik kesuksesan dan game-game nya yang bagus serta grafik yang menawan, tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa secanggih apapun sebuah perangkat elektronik pasti tidak akan bisa lepas dengan namanya kerusakan, termasuk kerusakan PS3.

Banyak masalah yang akan timbul seiring penggunaan konsol, seperti misalnya kerusakan PS3 YLOD, layar freeze atau artefak, RSOD, Disk Error, layar blank, error code, dan lain-lain. Ketika kesalahan muncul, pengguna cenderung mengirim unit Playstation mereka ke pusat perbaikan pabrikan ataupun ke teknisi, tentunya hal ini akan memakan waktu dan biaya yang mungkin tidak sedikit.

Namun sebelum sobat membawa konsol PS3 ke tempat servis, jika sobat masih awam dalam hal ini ada baiknya sedikit lebih mengenal terlebih dulu tentang berbagai macam kerusakan PS3, siapa tahu dengan membaca artikel ini ada jalan keluar yang mungkin dapat mengatasi permasalahan yang sobat alami pada konsol PS3 sobat.

kerusakan PS3

Dibawah ini adalah beberapa macam masalah yang paling sering dialami perangkat PS3:

Kerusakan PS3


1. Lampu berkedip merah

Jika sobat menjumpai lampu merah berkedip, hal itu pertanda bahwa unit PlayStation terlalu panas. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mematikan konsol dan membiarkannya menjadi dingin. Pastikan bahwa semua ventilasi udara pada unit PS3 tidak terhalang dengan apapun. Jika sobat masih menemukan PS3 masih berkedip merah, periksa apakah ada peralatan yang memberikan panas ekstra ke konsol. Jika ya, maka jauhkan dari PlayStation, dan satu hal lagi jangan letakkan PlayStation sobat di atas karpet atau komponen yang cepat panas.

Saat konsol sobat menjadi dingin, coba nyalakan kembali dan lanjutkan aktivitas bermain game sobat jika tidak ada masalah. Namun apabila usaha diatas sudah dilakukan tapi lampu berkedip merah tetap ada, hal ini memberikan indikasi bahwa ada kesalahan pada perangkat hardware yang harus diperbaiki, salah satunya adalah thermal paste yang sudah mengering. Lakukan penggantian thermal paste agar masalah panas berlebih bisa teratasi.

Baca Juga : Thermal paste ps3 yang bagus untuk ps3 mati sendiri (ylod)

2. Error Code PS3

Ada ratusan kode kesalahan atau error code yang bisa dialami PS3. Kode error yang paling umum adalah 'error code 8001050f'. Untuk solusi perbaikan dan perbaikan PlayStation 3 error 8001050f adalah hapus semua data di Sistem PS3 sobat, kemudian ubah tanggal dan waktu di konsol PS3 sobat baik secara langsung atau melalui internet.

3. YLOD (Yellow Light of Dead)

PS3 dengan YLOD atau lampu kuning kematian mungkin merupakan masalah paling umum yang dihadapi pengguna konsol PS3 di seluruh dunia. Untuk memperbaiki masalah ini penanganannya sangat kompleks, banyak penyebab yang bisa mengakibatkan sebuah konsol PS3 menjadi YLOD, sobat perlu mengikuti serangkaian uji coba untuk mengetahui kesalahan.

Sobat bisa mencoba cara sederhana ini terlebih dulu untuk mengatasi PS3 YLOD. Matikan PS3, kemudian lepaskan hard drive atau hdd internal PS3, kemudian coba pasang kembali. Jika ini tidak berhasil, buka konsol sobat untuk membersihkan debu dan nyalakan kembali. Jika hal ini tidak berhasil berarti ada kerusakan komponen yang mungkin terjadi pada konsol, seperti kerusakan IC RSX ataupun IC Cellbe.

Baca Juga : Penyebab YLOD PS3 dan Cara Service PS3 YLOD

4. Lampu Berkedip Hijau

Ketika sobat mengalami PS3 lampu berkedip hijau, itu berarti bahwa beberapa masalah telah terjadi dan butuh waktu agak lama untuk PS3 untuk bisa dimatikan. Ketika sobat menemukan masalah lampu hijau PS3 Berkedip, yang harus sobat lakukan adalah dengan menahan tombol power selama 10 detik sampai lampu mati atau tidak berkedip lagi, lalu gunakan tombol yang sama untuk menghidupkan kembali konsol PS3 sobat.

5. Masalah HDMI PS3

Kerusakan hdmi PS3 adalah juga hal yang paling sering dialami, kondisi ini menunjukkan bahwa sinyal audio dan video tidak bisa terkoneksi ke layar tv atau monitor. Jika tidak ada kerusakan pada hardware, masalah HDMI PS3 dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengatur input ke port HDMI di televisi sobat. Nyalakan konsol dan tahan tombol power selama lima detik, cara Ini akan otomatis mengatur PS3 sesuai dengan televisi sobat.

Baca Juga : Penyebab Kabel HDMI PS3 Tidak Terdeteksi

Oke sobat Montirbox, demikian tadi info tentang kerusakan yang paling sering dialami konsol PS3. Jika sobat masih mengalami masalah dengan konsol sobat, silahkan bawa ke service center PS3 atau ke teknisi terdekat untuk mengatasi kerusakan PS3 sobat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close