--> Skip to main content

Bahaya VPN Gratisan Untuk PC dan Android

Bahaya VPN Gratisan - Ada banyak layanan VPN di luar sana, baik VPN premium maupun VPN gratisan, lebih dari 100-an layanan perangkat lunak VPN premium dan 50-an VPN gratis tersedia bagi pengguna di internet. VPN menjadi sangat menarik karena memberikan perlindungan terhadap penggna internet dari kejahatan virtual yang semakin banyak tersebar di dunia maya. Namun dibanding VPN premium, tahukah anda apa bahaya VPN gratisan?

Memang VPN gratisan sangat menarik karena tentu saja gratis untuk kita gunakan, dibandingkan dengan VPN premium yang tampak mahal. Tetapi begitu Anda mulai menggunakan VPN gratisan, Anda akan mengalami banyak sisi buruknya. VPN gratis cenderung lambat dan sulit untuk mendapatkan koneksi, dan lebih buruk lagi VPN gratisan sering memasang iklan di browser Anda untuk membayar biaya server VPN 'gratis' itu sendiri, dan rentan terhadap pencurian data pengguna.

Jika Anda melihat di bawah permukaan iklan VPN gratis, Anda segera menyadari bahwa apa yang tampaknya gratis sebenarnya adalah semacam penipuan. Ketika pengiklan menaruh iklan di browser Anda, mereka juga menempatkan cookie permanen di mesin Anda yang berarti bahwa ketika Anda keluar dari VPN gratis, cookie tetap ada dan menunjukkan kepada pengiklan alamat IP Anda yang sebenarnya, sehingga mereka dapat melacak kebiasaan browsing Anda dan mengirimkan Anda lebih banyak iklan.

Baca Juga : Cara Kerja VPN dan Kegunaan VPN Saat Online

Bahaya VPN Gratisan

Seberapa amankah VPN gratisan itu? Jadi, alih-alih ISP Anda mendapatkan IP dan riwayat tautan peramban Anda, ratusan pengiklan mendapatkan dan menyimpan informasi itu di server mereka. Dan server pengiklan penuh dengan kerentanan dan akan dicoba diretas secara terus menerus oleh penjahat dunia maya, hal ini lebih mudah bagi mereka untuk mencuri data Anda dari server pengiklan daripada mencurinya langsung dari Anda.

Jadi, sudah pahamkah Anda apa sebenarnya bahaya VPN gratisan itu? VPN gratis tidak memiliki keamanan server sendiri, tidak seperti VPN premium yang mengamankan servernya dan melindungi servernya dari peretas. VPN gratisan tidak melakukan investasi seperti itu karena mereka tidak mampu membelinya dan sebenarnya tidak terlalu peduli dengan keamanan penggunanya.

VPN gratisan menjual keamanan data Anda kepada pihak pemasang iklan, mengapa mereka tidak peduli data Anda akan dicuri dari server mereka atau dari server pengiklan? karena VPN yang Anda pakai adalah VPN gratisan. Dibanding VPN gratisan, VPN premium akan memberikan keamanan server serta banyak server untuk mengubah atau menyembunyikan IP di banyak negara, serta koneksi tunnel terenkripsi yang dienkripsi untuk melindungi pengguna dari segala ancaman di internet.

Baca Juga : 3 Ekstensi VPN Chrome Terbaik Untuk Browsing Web Aman

Satu VPN premium bahkan menyediakan banyak fitur tambahan yang memberi Anda keamanan lebih daripada VPN gratisan. Seperti kebanyakan premium lainnya, VPN premium itu juga menyediakan perlindungan antivirus, antimalware, anti spam, anti phishing, dan firewall untuk penggunanya di server yang aman, sehingga komputer pengguna dilindungi dari malware jauh sebelum mereka masuk ke jaringan pengguna, itu dia kriteria VPN premium bagus yang layak untuk kita bayar.

Jadi, bagi pengguna internet yang sedang mencari VPN gratisan untuk PC ataupun Android, yang banyak menyimpan data-datanya secara virtual di dunia maya bisa menentukan pilihan Anda dari sekarang, apakah tetap menggunakan VPN gratisan atau beralih ke VPN yang premium, karena jika salah dalam memilih VPN bisa saja akan merugikan diri Anda sendiri. Oke sobat Montirbox, mudah-mudahan artikel tentang bahaya VPN gratisan ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close