Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack

Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack - Komputer adalah suatu media yang sangat berguna sebagai penyimpanan data-data pribadi, data penting yang mungkin tidak boleh diketahui orang lain, misalnya seperti data internal perusahanan, ataupun data yang bersifat pribadi seperti info penting kartu kredit, data login, password, dan lain sebagainya.

Namun perlu kita ketahui, data yang kita simpan di komputer sangat rentan sekali dicuri oleh para cyber yang berkeliaran di internet, mereka akan terus mencari kelemahan-kelemahan system yang dimiliki oleh komputer pengguna, sedikit saja kesalahan yang kita lakukan bukan tidak mungkin semua data pengguna akan dicuri, dan semua informasi yang ada di komputer akan diretas untuk kepentingan pribadi mereka.

Disini Montirbox akan memberikan tips bagaimana cara melindungi komputer dari cyber attack atau serangan dan peretasan di dunia maya.

Baca Juga : Bahaya VPN Gratisan Untuk PC dan Android

Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack

Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack


1. Sistem Operasi

Pastikan Anda menggunakan sistem operasi asli untuk keamanan maksimum. Juga lakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa OS Anda sudah memakai system operasi paling mutakhir.

2. Pembaruan Otomatis

Yah, itu tergantung kamu, hal ini mungkin tidak wajib. Namun, pembaruan otomatis memastikan bahwa sistem Anda memiliki definisi virus terbaik.

3. Pembaruan Manual

Jika Anda tidak ingin pembaruan otomatis diaktifkan, cobalah memeriksa pembaruan secara manual sesekali. Katakanlah satu atau dua kali dalam dua minggu. tetapi hal ini tentu sepenuhnya terserah Anda.

4. Antivirus yang dapat diandalkan

Nah, ini sudah jelas. Pastikan Anda memiliki antivirus yang handal terinstal di komputer Anda. Mereka melindungi data Anda dari serangan dan mengidentifikasi kerentanan, sangat disarankan untuk menginstal antivirus di komputer Anda. Jika Anda menggunakan OS Windows (terutama Windows 10), Windows Defender sangat efisien.

Ini tidak berarti Anda tidak boleh menginstal atau mencoba perangkat lunak pihak ketiga tetapi ini sepenuhnya terserah Anda. Secara pribadi, Montirbox telah menggunakan komputer dengan standar Windows Defender sejak menggunakannya, dan masih belum menemukan masalah. Kita cukup hanya menginstal pembaruan saja untuk melakukan update.

5. Pencadangan

Cadangan Data sangat penting. Pastikan Anda mencadangkan data Anda secara teratur, lakukan pencadangan ke Flash disk atau drive eksternal selain dari Komputer itu sendiri, karena jika sewaktu-waktu komputer terserang virus dan meriusak semua data yang ada di semua drive komputer, kita sudah memiliki backup-nya.

6. Cadangan Cloud

Anda bisa menyimpan file penting Anda ke OneDrive, cara ini cukup keren. Jika serangan itu datang Anda tidak perlu khawatir, cukup hanya mengunduh untuk mendapatkan file backup.

7. Konfigurasi Perangkat

Selalu pastikan Anda memiliki konfigurasi yang benar untuk peralatan dan sistem Anda. sebagai contoh Router dan Server Wifi.

Baca Juga : Cara Memilih Router Wifi Terbaik

8. Password

Pastikan Anda selalu menggunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak orang lain.

9. Turn on Firewall

Firewall membantu mengidentifikasi upaya peretasan atau serangan dunia maya. Pastikan Anda selalu menyalakan Firewall untuk keamanan maksimum.

10. Sertifikat SSL

Merupakan praktik yang baik untuk memeriksa sertifikat SSL situs web yang Anda kunjungi. Sertifikat membantu pengguna mengidentifikasi apakah situs web aman atau tidak. Sertifikat SSL mencegah pengguna dari penipuan dan data mereka dicuri.

11. Pemasangan program pihak ketiga

Ini adalah fakta bahwa banyak perangkat lunak memiliki paket malware yang dibundel dengannya. Selalu pasang program yang ditandatangani atau diotorisasi melalui Sertifikat CodeSign. Silakan jalankan perangkat lunak pihak ketiga dengan sangat hati-hati. Jika Anda harus menginstal program semacam itu (yang tidak Signed/ditandatangani), pastikan Anda melakukan riset tentang hal itu di internet terlebih dahulu.

12. Alternatif pemulihan data

Jika data Anda rusak oleh peretas, ada Inisiatif Internasional yang menyediakan berbagai metode untuk memulihkan file Anda. Pastikan Anda mencari di internet untuk itu.

13. Jangan pernah membayar uang kepada hacker untuk pemulihan data

Tidak ada jaminan bahwa file Anda akan dipulihkan, jadi mengapa membayarnya?

14. Unduh

Sebelum Anda mengunduh perangkat lunak itu, pastikan Anda membaca beberapa ulasan tentang mereka.

15. Perangkat untuk memulihkan file Anda

Ada perangkat lunak gratis dan berbayar yang dapat membantu Anda memulihkan file Anda. Cara ini bisa Anda coba.

Akun Anda di hack, apa yang harus dilakukan?

Jika Anda menemukan akun Anda diretas, cepat ubah kata sandi Anda di layanan lain. Ini untuk mencegah serangan lebih lanjut. Satu hal lagi tentang kata sandi, jangan buat kata sandi yang sama pada semua akun khusus Anda di internet. Gunakan kata sandi yang berbeda pada semua layanan. Anda dapat menuliskan kata sandi dalam buku harian Anda.

Baiklah sobat Montirbox, itu tadi cara melindungi komputer dari cyber attack atau serangan cyber, semoga informasi ini dapat berguna. Oh ya sobat, satu hal penting yang harus diperhatikan, jangan simpan nomor pin kartu kredit Anda di komputer ataupun ponsel.

Posting Komentar untuk "Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack"