Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Router Wifi Terbaik

Tips Memilih Router Wifi Terbaik - Perangkat pintar tanpa fitur komunikasi nirkabel hanyalah perangkat lama biasa dan sudah ketinggalan zaman, beberapa perangkat pintar berkomunikasi melalui Bluetooth, tetapi sebagian besar terhubung melalui Wi-Fi. Oleh karena itu, router WiFi adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah rumah pintar.

Apa itu Router Wifi? Router Wifi adalah perangkat yang menjalankan fungsi router dan juga mencakup fungsi titik akses nirkabel. Wifi Router digunakan untuk menyediakan akses internet atau jaringan ke komputer pribadi. Tergantung pada pabrikan dan modelnya, Wifi Router bisa berfungsi di jaringan area lokal berkabel, dalam LAN nirkabel saja, atau keduanya yaitu dalam jaringan kabel dan nirkabel.

Apa fungsi Router Wifi? Router Wifi berfungsi sebagai alat untuk menghubungkan jaringan, dari suatu perangkat jaringan ke jaringan yang lain. Bagaimana cara memilih Wifi Router yang terbaik dan apa yang bisa menjadi patokan dalam memilih Wifi Router yang bagus? Dibawah ini Montirbox akan memberikan sedikit gambaran hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah Router Wifi:

Baca Juga : Tips Menambah Kecepatan Internet Dirumah

Cara Memilih Router Wifi Terbaik

Cara Memilih Router Wifi Terbaik


Kecepatan Router


Ada beberapa klasifikasi untuk menentukan kecepatan setiap router, dan masing-masing kode memiliki arti yang berbeda, misalnya dilambangkan seperti 802.11 dan diikuti oleh huruf. Adapun peringkat kecepatan Wi-Fi adalah seperti ini: a -> b -> g -> n -> ac, dengan "a" menjadi yang paling lambat, dan "ac" menjadi yang tercepat.

Jika Anda berniat ingin membeli sebuah Wifi router yang baru, berhati-hatilah dengan router wifi yang memiliki type 802.11a, 802.11b, atau 802.11g. Router dengan seri ini bisa dikatakan type yang sudah kadaluwarsa, dan kecuali Anda mendapatkannya dengan harga yang murah. Jadi sebelum membeli router wifi, faktor kecepatan termasuk hal yang paling utama yang harus diperhatikan.

Router 802.11n memiliki kecepatan hingga 300 megabit per detik, dan router 802.11ac dapat mencapai kecepatan sekitar 1300+ megabit per detik. Dan yang perlu diingat, kecepatan maksimum yang akan Anda dapatkan tergantung pada layanan internet yang Anda bayar. Sebagian besar rumah modern tidak memiliki akses ke kecepatan lebih cepat dari 300 megabit, sehingga Anda mungkin akan baik-baik saja dengan membeli router 802.11n. Namun, jika Anda ingin memiliki sebuah wifi router yang bisa bertahan hingga masa depan, membeli router 802.11ac adalah pilihan yang terbaik.

Dual Band vs. Single Band


Banyak router menawarkan fungsionalitas dual band, seperti sinyal 2,4 ghz dan sinyal 5 ghz. Router pita tunggal hanya menawarkan sinyal 2,4 GHz. Jika Anda memiliki banyak perangkat atau sangat membutuhkan kecepatan ekstra, gunakan router dual band. Jika penggunaan router Anda sederhana, Anda dapat menghemat uang dan tetap menggunakan pita tunggal.

Extender dan Jaringan Mesh


Jika Anda memiliki rumah yang besar, Anda mungkin perlu membeli extender Wi-Fi. Perangkat ini dapat meningkatkan sinyal dan menjangkau kamar lebih lanjut di rumah Anda. Montirbox menyarankan untuk mengatur router wifi baru Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah perangkat extender diperlukan.

Jika uang bukan masalah bagi Anda, Anda bisa membeli router dengan teknologi jaringan mesh. Router ini secara otomatis bekerja bersama untuk membuat jaringan Wi-Fi yang kuat. Teknologi ini sebagian besar digunakan dalam bangunan komersial, tetapi sekarang menjadi lebih mudah diakses oleh konsumen.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang bagaimana cara memeilih Router Wifi terbaik yang mungkin sedang Anda cari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Router Wifi Terbaik"