--> Skip to main content

10 Cara Menambah Kecepatan WiFi Agar Lebih Maksimal

10 Cara Menambah Kecepatan WiFi Agar Lebih Maksimal - WiFi yang lambat tentu membuat kita frustrasi, apalagi saat sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan kecepatan WiFi seperti download ataupun video streaming. Perlu diketahui bahwa kecepatan layanan broadband tidak hanya tergantung pada Penyedia Layanan Internet (ISP) atau paket yang telah Anda daftarkan, tetapi ada beberapa alasan lain yang membuat koneksi internet menjadi lambat.

Untuk megatasi hal tersebut terkadang hanya memerlukan pemecahan masalah kecil atau beberapa penyesuaian sederhana untuk membuat koneksi WiFi Anda menjadi lebih cepat. Seperti yang disebutkan tadi bahwa kecepatan layanan broadband tidak hanya tergantung pada paket dan Internet Service Provider yang ada, tetapi ada banyak alasan lain yang mungkin perlu ditangani. Oleh karena itu, berikut adalah 10 tips tentang cara meningkatkan kecepatan dan layanan WiFi agar mendapatkan kecepatan yang lebih maksimal.

Cara Menambah Kecepatan WiFi


1. Kendalikan sepenuhnya program start up di komputer

Anda harus dapat mengidentifikasi dan menunjukkan program mana yang sudah berjalan setiap kali Anda memulai komputer pribadi Anda. Tanpa melakukan ini, Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah program yang mengatur sendiri secara otomatis dan berjalan ketika Anda menyalakan komputer.

Beberapa hal yang paling sering bisa memperlambat WiFi Anda adalah program Java dan iTunes. Oleh karena itu aplikasi pembersih registri gratis dapat digunakan untuk menganalisis, apa yang secara otomatis berjalan ketika Anda menghubungkan broadband WiFi, menyalakan komputer, dan menggunakannya. Program akan berhenti sendiri dengan menjalankan aplikasi pembersih registri tersebut.

2. Perbarui perangkat lunak antivirus dan browser web secara teratur

Semua jenis perangkat lunak antivirus yang sudah kadaluwarsa akan berhenti memperbarui library nya. Ini berarti bahwa komputer Anda akan rentan terhadap spyware, Trojans, malware, dan virus jahat lainnya yang baru dibuat. Tentu saja hal ini dapat memperlambat WiFi dan komputer secara umum.

Jadi untuk membuat broadband WiFi Anda agar lebih cepat, selalu pastikan bahwa komputer Anda sepenuhnya dilindungi dengan program antivirus yang sudah di update ke versi paling mutakhir. Selain itu, ketahui bahwa program antivirus lama yang tidak terdaftar akan menelan bandwidth Anda yang berharga, dan akan terus berupaya memperbarui sendiri hingga Anda menghapusnya secara manual atau menginstalnya kembali.

3. Pilih frekuensi dan saluran yang tepat

Router WiFi memiliki beberapa saluran. Kadang-kadang hanya dengan mengubah saluran pada router WiFi dapat memecahkan masalah. Teknologi lain seperti gelombang mikro dan telepon nirkabel juga dapat mengganggu WiFi. Coba saluran 11, 6 atau 1, dan jika tidak berfungsi lanjutkan ke 2 atau 10 berikutnya. Peck dan Hunt sampai Anda merasa kecepatan WiFi Anda membaik, hal ini harus dilakukan karena sebagian besar gangguan berasal dari sinyal broadband WiFi lainnya.

Router WiFi modern juga bekerja dalam frekuensi yang berbeda; seperti 2,4 GHz dan 5 GHz. Secara sederhana 2,4 GHz jauh lebih baik untuk rumah yang lebih besar dan dengan beberapa lantai, karena sinyal bergerak lebih jauh dan dengan mudah menembus dinding partisi. Apabila untuk rumah atau kamar yang lebih kecil, 5 GHz adalah cara terbaik untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik meskipun dalam kisaran yang lebih pendek.

Baca Juga : Cara Memilih Router Wifi Terbaik

Cara Menambah Kecepatan WiFi

4. Identifikasi kecepatan broadband WiFi maksimum Anda

Sebelum Anda khawatir tentang masalah dengan layanan broadband Anda, disarankan untuk memeriksa kecepatan internet maksimum yang dialokasikan untuk paket broadband WiFi Anda. Tetapi jika Anda melihat perbedaan besar di antara kecepatan 'Actual' dan 'UpTo', maka ada masalah yang harus diselesaikan.

Untuk menyelesaikannya adalah dengan cara; Setel ulang router, kosongkan cache browser web dan siram pengaturan DNS. Ini adalah langkah pasti yang secara efektif akan menghapus semua gangguan dan mengatur ulang koneksi sehingga broadband WiFi menjadi lebih cepat.

5. Tetapkan kata sandi unik untuk router WiFi Anda

Mengganti kata sandi secara berkala dan menetapkan kata sandi unik adalah penting, karena siapapun dapat mengakses bandwidth yang dialokasikan dan karenanya kecepatan internet WiFi Anda secara bertahap akan jadi melambat. Lebih buruk lagi, jaringan nirkabel yang tidak terlindungi atau tidak aman sangat rentan terhadap serangan peretas yang dapat mengaksesnya untuk melakukan kegiatan ilegal atau mengambil informasi pribadi Anda.

Jadi selalu pastikan mengganti password WiFi dengan berkala serta menggunakan kata sandi yang kompleks, misalnya penggunaan huruf kecil dan huruf besar dan karakter numerik yang tidak dapat ditebak.

6. Beli ekstender jaringan.

Ini lebih murah daripada router baru; extender jaringan memiliki kemampuan meningkatkan sinyal jaringan broadband WiFi Anda terutama di sudut-sudut yang sulit dijangkau dari apartemen atau rumah Anda. Router lama juga dapat digunakan sebagai extender jaringan.

7. Ganti penyedia broadband WiFi Anda

Tips lain untuk membuat broadband WiFi Anda lebih cepat adalah dengan pindah ke penyedia broadband WiFi yang berbeda. Anda bisa coba melihat tabel perbandingan broadband untuk mengidentifikasi perusahaan mana yang menawarkan kecepatan tercepat di wilayah Anda. Sebelum mengganti penyedia broadband WiFi, lihat juga testimoni sebagai bukti kepuasan pelanggan terhadap penyedia layanan broadband WiFi yang akan Anda pilih.

8. Ubah posisi router WiFi Anda ke posisi yang ideal

Atur posisi router WiFi ditempat yang tinggi dan ditengah-tengah apartemen atau kamar Anda. Jika router WiFi memiliki antena, sinyal bisa lebih kuat dan dapat menembus dinding, posisikan antena dalam sudut lurus agar dapat menembus dinding. Namun sinyal yang bergerak melintasi dinding pada sudut tertentu dapat sangat mengurangi kecepatan WiFi.

Selain itu, penting untuk memperhitungkan lingkungan sekitar Anda, seperti ukuran kamar, ketinggian langit-langit, dan bahan bangunan tertentu dapat mempengaruhi kecepatan WiFi. Jadi pastikan router Anda jauh dari dinding tebal terutama yang terbuat dari beton, batu bata dan air, karena hal tersebut merupakan musuh terbesar WiFi. Perangkat lain yang dapat memperlambat broadband WiFi Anda adalah pipa dan tanaman karena ada air di keduanya.

9. Jaringan WiFi Tetangga

Ini adalah sumber gangguan WiFi terbesar saat ini bagi banyak orang. Masalahnya adalah mayoritas peralatan dan perangkat WiFi yang ada sekarang ini beroperasi pada sinyal band 2,4GHz. Ini berarti bahwa jika Anda menggunakan router 2.4GHz di daerah padat penduduk, maka pasti jaringan WiFi tetangga dapat sangat mengganggu broadband WiFi dan menghambat jangkauan jaringan dan kinerja nirkabel Anda.

Oleh karena itu solusinya adalah membeli kabel router dual band yang beroperasi secara simultan di 2,4 GHz dan 5 GHz. Karena band router 2.4 GHz diperlukan terutama untuk mendukung perangkat WiFi yang lebih lama. Penting untuk dicatat bahwa perangkat WiFi yang lebih baru seperti smartphone, konsol game, laptop bisnis, dan TV dengan WiFi bawaan semuanya seudah menggunakan sistem dual-band.

10. Beli router yang lebih baru

Router baru memiliki teknologi pintar dan terbaik yang mampu mengirim sinyal WiFi langsung ke perangkat. Ini adalah alternatif untuk mengirimkan sinyal secara acak di setiap wilayah ruangan. Router baru juga menawarkan beberapa frekuensi, kecepatan yang lebih cepat, dan teknologi smart home yang lebih canggih dari versi terdahulu.

Oke sobat Montirbox, itu tadi 10 tips dan cara menambah kecepatan WiFi agar bisa mendapatkan kecepatan yang lebih makasimal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close