--> Skip to main content

Radiasi WiFi dan Bahaya Radiasi WiFi Terhadap Kesehatan

Radiasi WiFi dan Bahaya Radiasi WiFi Terhadap Kesehatan - Saat ini ada berbagai cara untuk membangun jaringan internet rumah. Dan hampir sebagian besar keluarga akan menghubungkan router WiFi tambahan bahkan jika mereka sudah memiliki internet berbasis kabel, sehingga mereka dapat menggunakan perangkat seluler mereka di mana saja di rumah. Untuk melakukan ini, Anda tidak hanya perlu menginstal dan mengkonfigurasi router WiFi dengan benar, tetapi juga memperhatikan radiasi Wifi yang dapat ditimbulkan oleh perangkat.

Seperti yang kita semua ketahui, radiasi akan merusak sistem saraf pusat otak manusia, tidak hanya radiasi yang kuat, sinyal radiasi kecil dan lemah seperti dari perangkat smartphone juga akan bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk meminimalkan bahaya radiasi dari perangkat WiFi dan melindungi kesehatan keluarga Anda?

Seberapa berbahaya Radiasi dari Router Wifi dan berapa jarak aman dari radiasi Wifi?, Seperti yang telah disebutkan di atas, radiasi dari router WiFi memang memiliki beberapa efek iritan pada sistem saraf pusat otak manusia. Ini dimanifestasikan bisa dalam bentuk kelelahan, lekas marah, sakit kepala dan insomnia, yang timbul sebagai akibat dari latar belakang elektromagnetik yang terlalu besar. Frekuensi radiasi di 2,4 GHz yang kira-kira sama dengan frekuensi oven microwave, tetapi masih beberapa ribu kali lebih sedikit.

Baca Juga : Cara Memilih Router Wifi Terbaik

Radiasi WiFi dan Bahaya Radiasi WiFi

Dibawah ini Montirbox akan memberikan beberapa tips untuk meminimalkan radiasi sinyal WiFi dan melindungi kesehatan keluarga anda:

1. Pertama, jika sinyal internet tidak digunakan saat Anda sedang berada di rumah, sebaiknya putuskan catu daya yang menghubungkan ke perangkat router Wifi Anda. Tidur di sebelah titik akses pada unit router Wifi yang diaktifkan tidak disarankan, apalagi bekerja pada jarak yang sangat dekat dengan perangkat tersebut.

2. Kedua, jika WiFi ada di telepon, smartphone, atau perangkat gadget Anda, non aktifkan sinyal WiFi-nya dan tidak terus-menerus bekerja di samping Anda. Terutama Anda dan keluarga Anda sebaiknya tidak tidur dekat dengan sumber sinyal, apalagi sembari dengan meletakkan gadget dengan sinyal wifi yang masih aktif, misalnya meletakkannya di bawah bantal.

Walaupun router wifi sebaiknya ditempatkan di tengah rumah ataupun apartemen, namun ada baiknya Anda harus pastikan untuk memilih tempat yang paling jauh dari tempat dimana keluarga Anda paling sering berkumpul serta beraktifitas.

3. Ketiga, Anda harus dapat menyesuaikan daya transmisi router wifi yang tepat untuk kebutuhan dirumah. tidak perlu memakai level yang paling kuat untuk mendapatkan sinyal terbaik. Level sinyal rata-rata akan cukup untuk penggunaan rutin Anda.

4. Terakhir, Anda dapat menggunakan kotak untuk melindungi radiasi dari router WiFi. Kotak antena modem WiFi anti-radiasi dapat menyerap radiasi elektromagnetik dan kemudian mengubahnya menjadi konsumsi energi panas, yang tidak akan menyebabkan polusi kedua. Kotak antena modem WiFi anti radiasi dapat mengurangi radiasi wifi hingga 94,4%, dan tidak akan mempengaruhi sinyal secara negatif.

Memang dimasa sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa sinyal internet merupakan suatu kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, namun kita juga harus memperhatikan sisi buruk yang bisa ditimbulkan. Efek radiasi wifi memang tidak akan kelihatan dalam jangka waktu yang pendek, efeknya akan terlihat dimasa yang akan datang, jadi bijaklah dalam memanfaatkan teknologi.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close