--> Skip to main content

Penyebab YLOD PS3 dan Cara Service PS3 YLOD

Penyebab YLOD PS3 dan Cara Service PS3 YLOD - PS3 YLOD (Yellow Light of Dead) dan PS3 RLOD (Red Light of Death) adalah dua masalah paling umum yang menimpa konsol PS3. Apa itu YLOD PS3? YLOD adalah suatu kondisi dimana PS3 tidak bisa menyala, dengan ciri-ciri lampu standby menyala normal, saat dipencet tombol power berubah hijau lalu kuning berkedip dan kembali ke hijau.

Umumnya penyebab utama PS3 YLOD adalah karena prosesor menjadi sangat panas selama penggunaan konsol dalam jangka waktu lama, sehingga titik solder kecil pada GPU mencair dan seiring waktu kehilangan koneksi dengan motherboard. Apakah PS3 YLOD bisa sembuh total? jawabannya tergantung, tergantung dengan teknisi yang menangani perbaikan dan kualitas part atau komponen pengganti yang dipasang, dan yang paling penting adalah kondisi konsol PS3 itu sendiri.

Berapa harga service ps3 ylod? tidak ada standarisasi untuk biaya servis PS3 YLOD, sekali lagi seperti yang telah disebutkan diatas bahwa semua tergantung dari kondisi kerusakan, karena PS3 YLOD mempunyai banyak penyebab kerusakan. Dan harga servis juga tergantung ketersediaan komponen, dan juga tentu saja dari teknisi itu sendiri. Montirbox sempat memantau harga service PS3 YLOD berkisar mulai dari harga 300 ribuan hingga jutaan, memang berbeda-beda untuk masing-masing teknisi dan daerah.

Penyebab YLOD PS3 dan Cara Service PS3 YLOD

PS3 dengan type yang lebih lama cenderung lebih rentan terhadap YLOD, dan diyakini bahwa ini mungkin karena mereka memiliki prosesor yang lebih lama dan kurang efisien, yang menghasilkan lebih banyak panas daripada model PS3 yang lebih baru. Namun sumber resmi dari Sony menyatakan bahwa lampu peringatan indikator kuning atau YLOD dapat disebabkan karena berbagai alasan, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Namun dalam sejumlah kasus tertentu, peringatan YLOD mungkin disebabkan oleh catu daya yang rusak sehingga konsol tidak dapat boot dengan benar. Untuk menentukan apa yang menyebabkan YLOD, matikan konsol dan tunggu hingga paling tidak 20 menit. Kemudian hidupkan konsol dan dengarkan baik-baik kipasnya. Jika kipas hidup sebentar dan kemudian mati lagi, Anda mungkin memiliki masalah dengan motherboard. Jika Anda tidak mendengar kipas saat start-up, maka kemungkinan masalahnya adalah pada catu daya.

Kesalahan lampu merah atau RLOD juga dapat disebabkan oleh panas berlebih, tetapi mungkin juga karena kegagalan hard drive. Tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan PS3 Anda dan seberapa baik Anda merawatnya, hard drive atau hardisk biasanya bertahan rata-rata setidaknya 3 hingga 5 tahun.

Karena kita tahu bahwa masalah yang muncul dengan PS3 kebanyakan karena terlalu panas terutama jika konsol sedang digunakan untuk jangka waktu yang lama, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan yang serius:

1. Pastikan ventilasi udara di konsol tidak terhalang sama sekali.
2. Berikan jarak minimal 4 inci di semua sisi PlayStation 3 untuk ventilasi yang memadai.
3. Lepaskan konsol PlayStation dari lemari apa pun, jauh dari peralatan listrik bertumpuk lainnya dan jangan selipkan di sudut ruangan karena area ini dapat meningkatkan suhu panas menjadi berlebih.
4. Periksa debu di dan sekitar ventilasi udara serta di dalam konsol, karena hal ini dapat menghambat PS3 Anda dari udara, mencegahnya menjadi dingin, yang dengan sendirinya dapat menyebabkan kegagalan kipas.

Jika PS3 Anda tidak berfungsi karena kemungkinan kesalahan YLOD atau RLOD, berikut adalah garis besar singkat tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan konsol PS3 Anda:

1. Matikan konsol PS3 dan semua periferal
2. Lepaskan koneksi konsol dan biarkan menjadi dingin di lokasi yang berventilasi baik.
3. Bersihkan semua debu dengan aman dan lakukan "PS3 Fan Test" atau tes kipas PS3.
4. Sambungkan kembali kabel, pastikan Anda memeriksa semua kabel dan koneksi yang longgar atau rusak.
5. Lakukan "PS3 Safe Mode" dan reboot sistem PS3 Anda, hal ini dilakukan terutama jika PS3 Anda gagal untuk boot up.
6. Periksa pengaturan sistem PS3 dan pastikan Anda memiliki pembaruan unduhan perangkat lunak terbaru.
7. Prosedur pemecahan masalah terakhir adalah apa yang disebut PS3 heard drive reset, yaitu dengan cara melepas hdd atau hard drive internal PS3 dan memasukkannya kembali.

Oke sobat Montirbox, jika sobat sebagai user dan sudah mencoba mengatasi PS3 YLOD dengan cara diatas namun belum membuahkan hasil, ada baiknya sobat membawa kepada teknisi atau ahlinya, karena jika sobat tidak memiliki keahlian dalam menangani PS3 YLOD dikhawatirkan akan menambah kerusakan baru.

Semoga artikel tentang Penyebab YLOD PS3 dan Cara Service PS3 YLOD ini bisa bermanfaat. Jika sobat ingin mencoba cara service PS3 YLOD lebih dalam lagi, silahkan baca pada artikel YLOD PS3 : Penyebab dan cara ampuh memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close