Skip to main content

Tips Menambah Kecepatan Internet Dirumah

Tips Menambah Kecepatan Internet Dirumah - Akses internet bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder untuk saat ini, mau tidak mau akses internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Semakin banyaknya pengguna internet, menuntut provider untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas jaringan agar konsumen mendapatkan akses internet yang lebih cepat dan stabil.

Ditambah lagi saat ini ditengah merebaknya pandemi virus corona di seluruh dunia, pemerintah menerapkan kebijakan bagi masyarakat untuk "Work From Home" (WFH), otomatis masyarakat sebagian besar banyak yang bekerja dari rumah. Dengan banyaknya keluarga online bersama-sama di siang hari untuk bekerja di rumah dan homeschooling, maka tentu saja penggunaan jaringan akan semakin meningkat, dan hal tersebut mempengaruhi kecepatan internet, kecepatan internet akan menurun.

Tips Menambah Kecepatan Internet Dirumah

Pada artikel kali ini Montirbox akan sedikit berbagi tips bagaimana cara menambah kecepatan internet saat anda sedang berada dirumah

1. Pindahkan router Anda dari perangkat lain
Tips menambah kecepatan internet yang pertama adalah atur jarak router Anda sejauh mungkin dari perangkat lain yang beroperasi secara nirkabel. Seperti telepon wireless (tanpa kabel), monitor bayi, lampu halogen, sakelar redup, stereo dan speaker komputer, TV dan monitor semuanya dapat memengaruhi Wi-Fi Anda jika terlalu dekat dengan router Anda.

Tahukah Anda bahwa oven microwave juga dapat mengurangi sinyal Wi-Fi? Jadi jangan gunakan microwave saat Anda melakukan panggilan video, menonton video HD atau melakukan sesuatu yang penting secara online. Selain itu, letakkan router Anda di atas meja atau rak, jangan letakkan di lantai.

2. Putuskan koneksi pada perangkat yang tidak digunakan
Semakin banyak perangkat yang terpasang pada Wi-Fi Anda, semakin rendah kecepatan yang Anda dapatkan. Perangkat seperti tablet dan ponsel cerdas sering bekerja di latar belakang, jadi coba nonaktifkan penerimaan wifi saat Anda tidak menggunakannya.

Jika Anda melakukan panggilan video atau rapat, mematikan video dan menggunakan audio akan membutuhkan koneksi internet Anda jauh lebih sedikit; atau coba memulainya pada waktu yang kurang umum, jangan lakukan disaat jam-jam sedang sibuk .

Lakukan pengelolaan aktivitas online untuk keluarga Anda, seperti streaming HD, bermain game, atau panggilan video, sehingga orang yang berbeda tidak melakukan tugas secara bersamaan. Mengunduh video di muka, alih-alih streaming, juga dapat membantu menambah kecepatan wifi dirumah Anda.

3. Gunakan jaringan kabel daripada nirkabel (Wireless)
Untuk kecepatan broadband terbaik, gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer Anda langsung ke router Anda daripada menggunakan Wi-Fi. Kabel Ethernet memberikan Anda koneksi yang lebih cepat dan lebih handal.

4. Sambungkan router Anda langsung ke socket telepon utama
Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak menggunakan kabel ekstensi telepon, karena ini dapat menyebabkan gangguan yang dapat menurunkan kecepatan internet Anda. Jika Anda harus menggunakan kabel ekstensi, gunakan kabel baru berkualitas tinggi dengan panjang sependek mungkin. Kabel kusut dan melingkar juga dapat mempengaruhi kecepatan internet.

5. Uji kecepatan pada jalur broadband Anda
Tips menambah kecepatan internet selanjutnya yaitu cari tahu seberapa cepat kecepatan internet yang sebenarnya Anda dapatkan. Anda dapat menjalankan tes kecepatan menggunakan Pengecer seluler dan broadband resmi Ofcom atau Speedtest.net (Aplikasi Android dan iOS juga tersedia di sana).

Jika memungkinkan, lakukan tes selama beberapa hari dan pada waktu yang berbeda dalam sehari. Sejumlah faktor internal dapat memengaruhi kecepatan Wi-Fi, lakukan uji kecepatan internet saat koneksi tidak digunakan.

6. Dapatkan saran dari penyedia broadband Anda
Jika koneksi Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda dapat menemukan saran di situs web penyedia broadband Anda. Jika Anda perlu menghubungi mereka untuk bantuan, perlu diketahui bahwa, karena coronavirus beberapa perusahaan memiliki lebih sedikit orang untuk membantu dengan pertanyaan Anda.

Namun saat ini penyedia broadband sebagian besar lebih memprioritaskan pelanggan rentan dan layanan publik daripada pelanggan pribadi, jadi untuk pelanggan pribadi harus sedikit bersabar dan dimaklumi.

Demikian tadi postingan mengenai cara menambah kecepatan internet Anda saat sedang dirumah, semoga artikel ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close