Skip to main content


Apa Itu Google Lens?

Apa itu Google Lens? Google Lens adalah teknologi berbasis AI yang menggunakan kamera ponsel cerdas Anda dan pembelajaran dalam mesin yang tidak hanya mendeteksi objek di depan lensa kamera, tetapi juga berfungsi untuk memahami dan menawarkan tindakan seperti pemindaian, terjemahan, belanja, dan banyak lagi.

Google Lens adalah salah satu terobosan terbesar Google di tahun 2017, ini adalah fitur eksklusif Google Pixel ketika ponsel tersebut diluncurkan. Sejak itu, Google Lens telah hadir di sebagian besar perangkat Android. Jika Anda belum memiliki aplikasinya, maka aplikasi Google Lens apk nya sudah tersedia untuk diunduh di Google Play.

Apa itu Google Lens?

Salah satu fungsinya, sebagai contoh Google Lens memungkinkan Anda mengarahkan ponsel Anda ke sesuatu (benda), misalnya seperti bunga tertentu, dan kemudian bertanya kepada Google Assistant apa objek yang Anda tuju. Anda tidak hanya akan diberi tahu jawabannya, tetapi Anda akan mendapatkan saran berdasarkan objek, seperti toko bunga terdekat.

Apa Itu Google Lens

Contoh lain yang bisa dilakukan Google Lens termasuk dapat mengambil gambar stiker SSID di belakang router Wi-Fi, setelah itu ponsel Anda akan terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi tanpa Anda perlu melakukan hal lain. Yap, Anda tidak perlu lagi merangkak di bawah lemari hanya untuk sekedar membaca kata sandi saat mengetik di ponsel Anda. Sekarang, cukup dengan mengarahkan kamera dan permasalahan selesai dengan Google Lens.

Google Lens juga akan mengenali restoran, klub, kafe, dan bar. Google Lens akan menampilkan jendela pop-up di hp Anda seperti ulasan, detail alamat, dan waktu buka toko tersebut. Teknologi ini adalah kemampuan untuk mengenali objek sehari-hari yang mengesankan.

Apa yang bisa dilakukan Google Lens?

Selain dari skenario yang dijelaskan di atas, Google Lens menawarkan fitur-fitur berikut:

- Translate: 
Anda dapat mengarahkan ponsel Anda ke teks dan, dengan menghubungkan Google Translate, langsung menerjemahkan teks di depan mata Anda. Luar biasa bukan..

- Pemilihan Teks Cerdas (Smart Text Selection): 
Anda dapat mengarahkan kamera ponsel Anda ke teks, lalu sorot teks itu di dalam Google Lens, dan salin untuk digunakan di ponsel Anda. Jadi, misalnya, bayangkan mengarahkan ponsel Anda ke kata sandi Wi-Fi dan dapat copy dan mempaste-nya ke layar login Wi-Fi.

- Pencarian teks cerdas (Smart Text Search): 
Saat Anda menyorot teks di Google Lens, Anda juga dapat mencari teks itu dengan Google Assistant. Ini berguna jika Anda perlu mencari definisi kata, misalnya.

- Berbelanja: 
Jika Anda melihat gaun yang Anda sukai saat berbelanja, Google Lens dapat mengidentifikasi bagian itu dan artikel pakaian serupa. Cara Ini juga berfungsi untuk dekorasi rumah dan lebih banyak lagi, melalui ulasan dan pilihan belanja yang relevan.

- Cari di sekitar Anda: 
Jika Anda mengarahkan kamera ke sekeliling Anda, Google Lens akan mendeteksi dan mengidentifikasi lingkungan Anda. Bisa juga untuk mengidentifikasi jenis tanaman, jenis kucing peliharaan, dan lain-lain.

Bagaimana cara kerja Google Lens?

Aplikasi Google Lens


Google memiliki aplikasi mandiri di Android untuk Google Lens jika Anda ingin langsung masuk ke fitur. Anda dapat mengakses Google Lens melalui berbagai metode lain, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pengalamannya serupa dengan pendekatan apa pun yang Anda ambil; mengetuk ikon Lens di Google Assistant akan membawa Anda ke tampilan yang sama dengan yang Anda dapatkan langsung di aplikasi Lens.

Google Assistant


Di dalam Google Assistant Anda akan melihat ikon Google Lens di sudut kanan bawah. Anda dapat mengetuknya dan mengarahkan kamera ponsel cerdas Anda, misalnya, menunjukkan waktu di luar bioskop atau papan informasi tempat pertunjukan.

Apa Itu Google Lens

Anda kemudian akan diberikan sejumlah saran di jendela bidik, seperti mendengar beberapa lagu dari artis yang diambil dari papan informasi, mendapatkan tiket untuk acara tersebut melalui TicketMaster, atau menambahkan acara ke kalender Anda. Menggunakan Google Lens untuk mendapatkan informasi tanpa harus menuliskannya itu sangat membantu sekali, Anda dapat memanggil nomor, misalnya, tanpa harus mengingatnya atau mengetiknya secara manual.

Google Photos


Dalam Google Photos, Google Lens dapat mengidentifikasi bangunan atau landmark, misalnya, memberikan arah kepada pengguna dan jam buka bagi mereka. Ini juga akan dapat menyajikan informasi tentang karya seni yang terkenal. Mungkin itu akan menyelesaikan perdebatan apakah Monalisa sedang tersenyum atau tidak :D.

Saat menjelajah gambar Anda di Foto Google, Anda akan melihat ikon Google Lens di bagian bawah jendela. Mengetuk ikon akan melihat titik-titik pemindaian muncul pada gambar Anda dan kemudian Google akan menyajikan saran.

Camera App


Di beberapa ponsel Android, termasuk Google Pixel 4 dan lainnya, Google Lens telah langsung ditambahkan ke aplikasi kamera perangkat itu sendiri. Mungkin ada di bagian 'Lainnya', tetapi akan berbeda tergantung pada pabrikan dan interface pengguna.

Perangkat apa saja yang menawarkan fitur Google Lens?

Jika Anda pengguna perangkat Android, Anda dapat mengakses aplikasi Google Lens ini. Namun, ada beberapa pengecualian, seperti telepon Layanan-dari-Google-banned seperti Huawei Mate 30 Pro. Jadi jika Anda membeli sebuah produk smartphone yang ingin diinstal Google Lens, cek terlebih dulu apakah hp yang akan dibeli telah support dengan aplikasi Google Lens ini, atau Anda bisa memeriksa di Google Play untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkannya.

Mengingat Google Lens mewakili teknologi canggih kamera dan penerapannya oleh Google, selalu ada pembaruan kecil dan fitur yang dikabarkan untuk aplikasi ini.

Misalnya, baru-baru ini terungkap bahwa Google Lens akan segera hadir dengan beberapa fitur pendidikan, termasuk mode kamera yang dapat membantu siswa dengan masalah matematika jika mereka kesulitan dengan pekerjaan rumah. Ini tampaknya dapat digabungkan dengan kemampuan untuk menggunakan aplikasi Lens untuk menerjemahkan kata-kata tertulis tanpa harus online untuk melakukannya.

Apakah Anda sudah menginstal Google Lens dan mencoba semua fiturnya? Jika sudah silahkan berkomentar tentang kelebihan-kelebihannya. Semoga artikel tentang Google Lens ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close