Skip to main content

Penyebab Kabel HDMI PS3 Tidak Terdeteksi

Penyebab Kabel HDMI PS3 Tidak Terdeteksi - Apakah PS3 Anda bermasalah dengan HDMI yang tidak mau tampil di layar TV? Kabel HDMI sudah diganti baru namun di layar tv tetap no signal dan tidak ada gambar yang muncul? Pada artikel kali ini Montirbox akan memberikan tips bagaimana mengatasi HDMI PS3 tidak bisa tampil di TV, serta penyebab kabel HDMI PS3 tidak terdeteksi. Mari kita simak step-step nya dibawah ini:

Setel ulang Pengaturan Output Video


Jika Anda mengganti televisi atau mengubah jenis kabel yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu mengatur ulang output video pada PS3. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengatur ulang Pengaturan Output Video.

1. Sebelum mengganti kabel, pastikan PS3 dimatikan dan lampu daya menyala merah.
2. Lepaskan kabel daya PS3 dan televisi (atau display) dari stop kontak di dinding.
3. Pastikan kabel HDMI terhubung ke port [HDMI OUT] di bagian belakang sistem PS3.
4. Hubungkan ujung lain kabel HDMI ke port [HDMI Input] pada TV atau monitor layar.
5. Pasang PS3 dan televisi (atau display) kembali ke stop kontak.

Saat sistem PS3 dalam mode siaga (lampu merah di bagian depan sistem), tahan tombol ON/ OFF di bagian depan sistem selama minimal 5 detik hingga Anda mendengar bunyi bip kedua. Pengaturan Output Video akan secara otomatis mengatur ulang ke resolusi standard (atau mendeteksi pengaturan output tampilan saat ini dari TV atau monitor Anda).

Penyebab Kabel HDMI PS3 Tidak Terdeteksi

Jika pengaturan ulang tidak mendeteksi HDTV Anda secara otomatis, lihat langkah berikutnya di bawah ini.

HDTV Tidak Terdeteksi Secara Otomatis setelah Mengatur Ulang Pengaturan Output Video


Dengan televisi tertentu, PS3 mungkin tidak secara otomatis mendeteksi sumber HDMI (TV) yang dicolokkan ke dalamnya, bahkan setelah mengatur ulang Pengaturan Output Video (seperti dijelaskan di atas). Jika mengatur ulang Pengaturan Output Video tidak berfungsi, Anda mungkin perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk mencari sumber HDMI secara manual:

1. Hubungkan kedua Kabel AV dan kabel HDMI dari PS3 ke port yang sesuai (AV dan HDMI) di TV Anda.
2. Lanjutkan dengan mengatur ulang Pengaturan Output Video pada PS3 lagi (ikuti instruksi di atas, dan kemudian lanjutkan ke langkah 3).
3. Ubah saluran TV ke saluran "Input" atau "Video" yang sesuai untuk koneksi Kabel AV.
4. Ubah Pengaturan Output Video secara manual ke HDMI (ikuti instruksi di bawah ini, lalu lanjutkan ke langkah 5).
5. Sekarang, ganti saluran "Input" atau "Video" di TV untuk port HDMI tempat PS3 saat ini terhubung.
6. Terima pengaturan tampilan untuk HDMI sebelum timer habis (30 detik). Sorot "Yes" dan tekan tombol [X].
7. Anda sekarang dapat melepaskan kabel AV dari PS3 dan TV, karena tidak lagi diperlukan.

Ubah Pengaturan Output Video secara manual


Mungkin perlu bagi Anda untuk secara manual mengubah Pengaturan Output Video ke "HDMI" untuk melihat gambar.
Untuk secara manual mengubah Pengaturan Output Video pada PS3:

1. Buka 'Settings' di menu beranda XMB ™.
2. Pergi ke 'Display Settings', lalu tekan tombol [X].
3. Oilih 'Video Output Settings', lalu tekan tombol [X].
4. Pilih 'HDMI' sebagai jenis konektor pada tampilan Anda, lalu tekan tombol [X].
5. Anda akan diberitahu bahwa konsol akan menguji pengaturan selama 30 detik. Tekan tombol ikon tombol [X] untuk "Ubah" tampilan sistem.

Catatan: Jika TV Anda memiliki beberapa saluran "Input" atau "Video", (yaitu, "Input 1", "Input 2", "Input 3", dll.), Anda mungkin perlu beralih melalui setiap saluran "Input" di TV Anda untuk menemukan yang benar yang akan menampilkan gambar HDMI selama 30 detik, terutama jika Anda tidak melihat gambar. Sistem akan tetap dalam jenis konektor yang dipilih selama 30 detik.

6. Jika layar Anda mendukung HDMI, Anda akan melihat layar yang meminta untuk menerima pengaturan. Pilih YES dan tekan tombol [X].
7. Anda akan ditanya resolusi apa yang ingin ditampilkan: AUTOMATIC atau CUSTOM.
- Jika Anda memilih AUTOMATIC, sistem akan mengonfigurasikan dirinya sendiri ke resolusi setinggi mungkin.
- Jika Anda memilih CUSTOM, sistem akan memungkinkan Anda untuk memilih resolusi yang akan digunakan (1080p, 1080i, 720p, atau 480p). Sorot resolusi yang ingin Anda tampilkan dan tekan tombol [X].
8. PS3 akan mencantumkan pengaturan yang telah Anda pilih. Tekan tombol ikon tombol X untuk mengkonfirmasi dan menyimpan pengaturan ini.
9. Pada titik ini, PS3 akan menanyakan apakah Anda ingin "Set Audio Output Settings".

Hal-hal lain untuk dicoba


1. Periksa Kabel HDMI Anda - HDMI tersedia dalam beberapa versi. PS3 kompatibel dengan HDMI versi 1.3 atau lebih tinggi, yang akan memanfaatkan sepenuhnya video definisi tinggi Blu-ray Disc ™. Ada juga konektor "Tipe A" dan "Tipe B". PS3 menggunakan konektor Tipe A 19-pin, yang akan memungkinkan resolusi hingga 1080p. Kabel HDMI tidak disertakan dengan PS3.

2. Adaptor Kabel (mis., Konverter HDMI ke DVI) - Jika Anda menggunakan adaptor (mis., Konverter HDMI ke DVI), coba lewati adaptor ini dan sambungkan kabel HDMI langsung ke monitor. Atau coba gunakan adaptor yang berbeda, karena tidak semua adaptor dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, harap dicatat bahwa porta DVI tidak menerima suara. Jika Anda menggunakan konverter HDMI ke DVI, Anda harus mendapatkan suara dari kabel yang terhubung dari port AV Multi-out atau melalui port optik digital.

3. Periksa Pengaturan dan Peralatan HD Anda - Output resolusi (mis., Kualitas gambar) dari PS3 akan tergantung pada tiga faktor:
- Jenis kabel yang digunakan dan input yang tersedia di TV atau monitor layar.
- Resolusi maksimum yang dapat didukung oleh TV atau layar monitor. PS3 dapat menampilkandua jenis resolusi: HD dan SD. Lihat manual TV atau monitor pemilik layar untuk memeriksa mode video mana yang didukung.
- Resolusi maksimum diprogram ke dalam bahan sumber (film atau game). Lihat kemasan perangkat lunak untuk informasi tentang detail resolusi maksimum atau hubungi penerbit secara langsung.

4. Coba kabel alternatif - Coba Hubungkan PS3 Dengan Kabel AV alih-alih HDMI untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan instalasi yang sukses. Ini akan membantu menentukan di mana masalahnya dengan pengaturan dan / atau peralatan HDMI khusus Anda.

5. "Game Mode" - Beberapa tampilan memiliki fitur built-in yang disebut "Game Mode" yang dapat menghilangkan masalah sinkronisasi gambar dan suara. Silakan periksa dengan produsen layar Anda untuk menentukan apakah layar Anda mendukung fitur ini. Beberapa tampilan umum yang mungkin memiliki fitur ini adalah Sony, Samsung, Symphonic, dll.

6. Beberapa HDTV yang lebih lama mungkin memiliki masalah dengan protokol perlindungan salinan (HDCP) yang menyebabkan jabat tangan tidak dikomunikasikan antara TV dan PS3. Cobalah mengatur ulang TV dengan mematikan TV dan PS3, lalu cabut kabel daya TV dari stopkontak dan pasang kembali. Kemudian hidupkan TV dan PS3 Anda kembali dan lihat apakah gambar muncul.

7. Pastikan visual monitor Anda (televisi, monitor, dll.) pada input video yang benar. Anda mungkin ingin memeriksa manual tampilan atau menghubungi produsen display Anda untuk detailnya.

Baca Juga : PS3 HDMI no signal tidak ada gambar tampil di TV

Apabila cara-cara diatas sudah dilakukan namun tidak juga membuahkan hasil, berarti ada masalah dengan TV atau konsol PS3 Anda. Pada PS3 kemungkinan bisa disebabkan oleh komponen hardware seperti IC HDMI atau lainnya, hubungi teknisi jika Anda bukan ahlinya dalam memperbaiki kerusakan ini.

Baiklah sobat Montirbox, itu tadi pembahasan dan beberapa tip serta penyebab kabel HDMI PS3 tidak terdeteksi di TV. Semoga tips-tips ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close