Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet - Apakah yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel agar tidak terlalu sering mengisi daya di smartphone kamu? Mari kita lihat tips dan cara menghemat baterai hp agar lebih awet dan tahan lama:

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet


1. Jangan gunakan antivirus 

Android sudah punya perlindunagn virus, memasang aplikasi anti-virus lain hanya akan menguras baterai. Cukup hanya tidak memasuki situs meragukan atau mengunduh aplikasi diluar toko resmi maka kamu akan aman.

2. Optimalkan aplikasi 

Jika kamu punya banyak aplikasi tapi sebenarnya tidak membutuhkan semua notifikasi itu, batasi penggunaan baterai latar belakang. Untuk melakukannya buka pengaturan dan cari daftar aplikasi, lalu klik aplikasi yang ingin kamu batasi, buka penggunaan baterai dan pastikan aktivitas latar belakang dimatikan.

3. Aktifkan mode pesawat di area sinyal buruk 

Sinyal tak stabil membuat ponsel bekerja keras, ponsel terus mencari menara seluler terdekat dan tanpa henti mengirim sinyal. Setiap kali gagal tersambung ponsel harus mengirim sinyal lagi menggunakan lebih banyak daya baterai. Jadi aktifkan mode pesawat atau beralih ke wi-fi.

Baca Juga : Tips Aman Cara Cas Hp Agar Cepat Penuh dan Menjaga Baterai Lebih Awet

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet

4. Jangan berlebihan memakai kamera 

Berfokus pada foto atau merekam video dengan audio akan membuat ponsel tersiksa dan merusak baterai, aktifkan mode pesawat saat kamu ingin menggunakan kamera untuk membuat ponsel istirahat dari semua tugas lainnya.

5. Hentikan sinkronisasi otomatis untuk akun Google 

Jika kamu tidak perlu akun Google mu diperbarui setiap 15 menit, klik pengaturan dan cari akun, atau pengguna dan akun tergantung ponselmu, lalu nonaktifkan sinkronisasi otomatis.

6. Matikan bluetooth 

Saat fitur ini aktif diperlukan daya untuk terus mencari perangkat lain, dan jika kamu tidak butuh bluetooth untuk apa membuat ponsel kamu kehilangan daya yang berharga?

7. Gunakan dark mode (mode gelap)

Banyak aplikasi kini memungkinkan untuk memilih latar belakang hitam daripada terang yang standar. Beberapa Android bahkan memiliki opsi untuk mengatur mode gelap seluruh sistem, pixel hitam menghabiskan lebih sedikit daya sehingga mengaktifkannya akan menghemat baterai.

8. Jauhkan ponsel dari dingin dan panas 

Baterai tidak suka suhu ekstrem karena bisa mengakibatkan reaksi kimia yang terjadi di dalamnya, akibatnya baterai ponsel menjadi tidak awet. Jadi jangan tinggalkan ponsel Di mobil pada musim dingin atau matikan saat kamu beraktivitas pada hari musim panas yang terik.

9. Matikam getar

Kamu membuat ponsel bekerja 2 kali jika menambahkan getar pada dering. Selain itu kamu menghemat sedikit daya baterai dengan mematikan getaran kecil setiap kali kamu menekan tombol virtual.

10. Periksa aplikasi pelacakan lokasi 

Aplikasi seperti peta atau layanan taksi benar-benar perlu mengetahui lokasimu agar berfungsi dengan baik, tapi banyak aplikasi lain mengaktifkan geolocater secara default. Cari aplikasi apa yang memiliki ijin lokasi dan matikan jika tidak perlu.

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet

11. Jangan tutup aplikasi latar belakang 

Aplikasi latar belakang tidak aktif dan tidak menghabiskan banyak daya, tapi jika kamu secara manual menutupnya dan setelah beberapa waktu membukanya lagi ponsel harus menghabiskan lebih banyak energi untuk melakukannya. Lakukan hanya jika kamu perlu membuka kembali aplikasi yang tidak merespon.

12. Restart ponsel secara teratur 

Jika hal ini tidak pernah dilakukan memory acces atau ram akan dipenuhi data yang tidak perlu. Menyimpan data ini tidak hanya memakan baterai, tapi juga membuat Android lebih lambat. Nyalakan ulang gadgetmu setidaknya seminggu sekali.

13. Nonaktifkan blotware

Blotware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang di ponsel baru, blotware juga menghabiskan memori dan baterai. Jika kamu tidak membutuhkannya, cukup buka pengaturan, aplikasi, pilih aplikasi dan klik nonaktifkan. Setelah itu kamu akan mendapat peringatan menakutkan, tapi abaikan saja dan tekan nonaktifkan sekali lagi.

14. Isi daya ponsel di mobil dengan bijak

Port di mobil memiliki daya 12 volt, sedangkan pengisi daya ponsel hanya perlu 5 volt. Jadi tentu saja kamu membutuhkan adaptor untuk mengatur voltase, tapi jika adaptor masalah atau dibuat oleh produsen meragukan baterai bisa mendapat terlalu banyak daya dan itu akan menimbulkan masalah.

15. Perkecil kecerahan tampilan

Semakin cerah layar semakin boros pula baterai. Kamu bisa memilih mode otomatis atau mengubahnya secara manual untuk menghemat baterai, selain itu layar redup akan membuat mata lebih rileks dan tidak kering.

16. Hapus aplikasi yang boros baterai 

Beberapa aplikasi memakan terlalu banyak daya, membuang-buang baterai. Untuk menemukannys periksa penggunaan baterai secara teratur, hapus aplikasi itu dan pilih alternatif yang lebih sederhana jika memungkinkan, atau kamu bisa mencoba versi premium dari aplikasi yang paling sering kamu gunakan, aplikasi itu tidak memiliki iklan sehingga baterai lebih awet.

17. Mengurangi waktu mati layar 

Biasanya layar akan mati secara otomatis setelah 1 sampai 2 menit didiamkan, sekarang hitung berapa menit sehari display kamu aktif sia-sia. Mengurangi waktu mati layar akan Menghemat banyak baterai.

18. Coba versi 'lite' aplikasi 

Banyak aplikasi populer punya versi ramah baterai mengonsumdi lebih sedikit energi dan data. Dalam kebanyakan kasus kamu tidak akan melihat adanya perbedaan jika beralih ke versi ini, tapi beban ponsel pasti lebih ringan.

19. Kurangi efek visual 

Dalam beberapa kasus tampilan membuat baterai cepat habis, jadi jika kamu punya banyak widget kemungkinan kamu akan lebih sering mengisi daya. Selain itu jika layar ponselmu tipe Oled atau Amoled gunakan wallpaper hitam sederhana untuk menghemat baterai.

20. Jangan biarkan aplikasi memperbarui secara otomatis 

Saat aktif fitur ini terus mencari pembaruan dan mulai mengunduhnya begitu ada, pembaruan otomatis berarti banyak aktivitas yang berlangsung dan menghamburkan baterai yang berharga, matikan dan mulai perbarui aplikasi secara manual.

Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet

21. Jangan menunda pembaruan sistem 

Pembaruan sistem operasi membantu ponsel dan baterai bekerja lebih baik dengan memperbaiki berbagai masalah.

22. Jangan mengisi daya ponsel semalaman 

Tidak benar jika daya ponsel akan terisi berlebihan jika kamu mengisi daya nya terlalu lama, tapi saat ponsel mencapai 100% dan berhenti terisi daya akan hilang sedikit, lalu terisi lagi. Perangkat akan terperangkap dalam aktivitas ini semalaman, sehingga mengurangi kapasitas ponsel siring waktu.

23. Jangan gunakan ponsel sebagai hotspot 

Memang nyaman jika punya router wi-fi yang praktis, tapi ponsel menghabiskan banyak daya saat mengubah koneksi 3G atau 4G menjadi akses internet untuk laptop.

24. Jangan gunakan ponsel saat pengisian daya

Seperti yang mungkin kamu perhatikan, ponsel sedikit lebih hangat saat diisi daya, jika kamu terus menonton video atau bermain game saat pengisian daya, ponsel pasti akan semakin panas, ponsel yang panas tidak baik untuk baterai.

25. Jangan sering menggunakan pengisian daya cepat (fast charging)

Opsi ini sangat menggoda saat kamu sedang buru-buru, tapi jika kamu selalu menggunakannya pada akhirnya baterai akan kehilangan kapasitasnya. Ponsel bekerja sangat keras, sehingga layak mendapatkan pengisian daya biasa.

Baca Juga : 16 Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

Bagaimana sobat Montirbox, sudah paham cara menghemat baterai hp agar lebih awet? semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Baterai Hp Agar lebih Awet"