Skip to main content

16 Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

16 Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari - Kamu sedang tidak bisa diganggu, menonton sebuah video YouTube dengan narasi yang brilian. Ketika ponselmu tiba-tiba mati tanpa peringatan, mungkin bukan tanpa peringatan sama sekali, tetapi peringatan baterai tinggal 5%. Berita bagusnya adalah banyak cara untuk memperpanjang umur baterai mu, dan inilah sebagian di antaranya:

Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

1. Jangan biarkan baterai habis sama sekali
Sebagian orang akan menyuruhmu untuk mengosongkan baterai sama sekali sebelum mengisinya lagi ini, berlaku bagi sebagian baterai ponsel tipe lama tetapi berbahaya bagi baterai ion lithium yang digunakan dalam ponsel dan laptop modern. Baterai modern di desain untuk kosong antara 300-500 siklus pengisian ulang tergantung pada modelnya.

Menjaga ponsel tetap berisi akan memperpanjang 500 siklus itu menjadi lebih lama, ini juga akan mengurangi aus dan kerusakan yang perlahan-lahan akan melemahkan kemampuan baterai untuk menampung pengisian.

2. Turunkan kecerahan dan waktu layar mati otomatis
Layar ponselmu menggunakan lebih banyak daya dari pada bagian-bagian ponsel yang lain, menurunkan kecerahan akan berguna untuk menghemat daya. Kamu juga harus mempertimbangkan untuk mematikan kecerahan otomatis atau adaptif. Meskipun tampak berguna, perubahan intensitas cahaya yang terus-menerus akan menguras banyak daya dengan cepat. Bagus juga membuka penyetelan ponsel dan persingkat waktu layar mati otomatis

Cara Agar Baterai Hp Awet


Baca Juga : Penyebab Hp Cepat Rusak

3. Gunakan WiFi dengan bijak
Jika kamu mencoba menggunakan wi-fi sebanyak mungkin, memakai wi-fi adalah cara bagus untuk menurunkan pengeluaran data bulanan. Tetapi tahukah kamu, hal ini juga menurunkan umur bateraimu kapan saja WiFi menyala tetapi tidak terhubung, ponselmu menghasilkan energi untuk mencari sinyal wi-fi.

Ini terutama berlaku saat kamu dalam perjalanan dan mungkin melewati banyak sinyal wi-fi. Disisi lain, wi-fi adalah cara hebat untuk menghemat daya saat kamu tidak bepergian, rata-rata wi-fi menggunakan sekitar 40% lebih sedikit energi daripada 4G, sehingga lebih baik kamu menyalakannya ketika tinggal di satu tempat.

4. Gunakan mode hemat daya
Banyak ponsel modern dilengkapi dengan fitur hemat daya agar baterai lebih awet, mode ini biasanya secara otomatis akan mengubah berbagai penyetelan, seperti kecerahan dan aplikasi latar belakang mana yang sedang berjalan. Jika kamu punya ponsel yang lebih baru dengan layar OLED, menggunakan aplikasi dengan mode gelap atau mode malam akan menurunkan penggunaan baterai, sekaligus terlihat keren dan mencegah ketegangan mata.

Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

5. Hindari pengisian daya cepat
Banyak ponsel dilengkapi dengan penyetelan isi daya cepat untuk pengisian lebih cepat. Kamu juga dapat membeli kabel khusus yang dapat mengisi baterai mu dari nol sampai 100% dalam beberapa menit, bukan beberapa jam. Tampaknya ini cara bagus untuk mengurangi ketidaknyamanan, namun tahukah kamu bahwa kamu sedang memperpendek umur baterai mu setiap kali menggunakannya?

Baterai bekerja dengan menggunakan listrik untuk memicu reaksi kimia di dalam baterai itu sendiri, mengecas terlalu cepat membuat proses reaksi kimia ini kurang efisien, ini dapat mengurangi jumlah energi yang dapat disimpan sampai 20% untuk sisa tikus pengecasan.

6. Jagalah suhu yang tepat
Seperti kamu yang akan menggigil dalam dingin dan berkeringat saat panas, ponselmu juga tidak suka suhu ekstrem. Pada suhu di bawah 0 derajat Celcius, udara dingin akan memperlambat reaksi di dalam baterai sehingga menurunkan jumlah daya yang bisa disimpan. Kamu dapat berharap memperoleh pengisian lebih pada suhu diatas 45 derajat Celcius.

Baca Juga : Tips Aman Cara Cas Hp Agar Cepat Penuh dan Menjaga Baterai Lebih Awet

Kebanyakan orang tidak akan menyimpan ponsel dalam oven, tapi meninggalkannya dalam mobil yang panas seharian bisa jadi sama buruknya. Jika ponselmu memanas dengan sendirinya itu berarti kamu menggunakan banyak daya sekaligus yang akan jadi masalah, bahkan tanpa kerusakan karena suhu panas sekalipun.

7. Gunakan mode pesawat
Mematikan ponsel jelas akan menghemat daya, tetapi bisa jadi kamu ingin mengakses aplikasi dan kontakmu dengan mudah tanpa harus menunggu layar pembuka yang lama. Sebagai gantinya, nyalakan mode pesawat sebelum masuk mode tidur, ponsel masih tetap berinteraksi dengan jaringan sekalipun dalam kondisi tidur. Menyalakan mode pesawat dapat mengurangi konsumsi daya sampai dua pertiganya.

8. Tonton lebih sedikit video di ponsel
Ini jelas, tetapi tetap saja membatasi konten video adalah cara bagus supaya baterai mu lebih awet. Jika layarmu adalah komponen yang paling banyak menyedot baterai, wajar saja kalau menonton video jadi salah satu kegiatan yang paling menguras daya. Disamping daya yang mengalir ke layar dan penerima nirkabel, video bisa juga membebani CPU ponselmu. Hal yang sama berlaku bagi game, dan semakin banyak hal yang aktif di layar dan balik layar, semakin besar daya baterai terkuras.

Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

9. Non aktifkan atau hapus Facebook
Melarang kamu menggunakan Facebook terkesan seperti kami menyalahkan websitenya juga, tetapi aplikasi merekalah yang menjadi masalah. Baik di iPhone maupun Android, aplikasi Facebook terkenal menguras daya. Mulai dari pelacakan lokasi, pemberitahuan, sampai video yang otomatis berputar.

Semua pengguna daya terbesar terhimpun dalam satu aplikasi. Menghapus, mematikan, atau membatasi izin aplikasi dalam menu penyetelan adalah cara bagus untuk menghemat daya dengan jumlah mengejutkan. Kamu masih tetap bisa memakai Facebook kapanpun kamu mau, tetapi bila kamu ingin memperpanjang umur baterai mu jauh lebih baik menggunakan website nya.

10. Menyimpan ponsel saat baterai 50%
Kamu mungkin sering mendengar bahwa mengecas ponsel semalaman dapat merusak baterai, tapi ini tidak sepenuhnya benar. Ponsel modern akan berhenti mengisi saat baterai mencapai 100%. Berita buruknya adalah menyimpan ponselmu dengan posisi baterai 100% dapat membuat aus baterai seiring waktu.

Beberapa jam setiap malam tidak akan merusaknya, tetapi jika kamu punya laptop atau ponsel cadangan yang kadang tak terpakai berhari-hari, cukup pengecasannya sampai sekitar 50% saat kamu menyimpannya.

11. Matikan pelacak lokasi
Facebook bukan satu-satunya aplikasi yang ingin tahu dimana kamu berada, Google Maps tidak akan memberikan petunjuk arah yang sangat akurat bila tidak tahu lokasi mu. Tapi apa kamu perlu dilacak oleh setiap restoran dan toko oleh aplikasinya di ponselmu?. Jika kamu tak ingin boros baterai untuk dipantau oleh sebuah Warung Steak, kamu dapat menonaktifkan lokasi dalam menu penyetelan ponsel.

Pada iPhone tekan penyetelan, privasi, lalu layanan lokasi. Pada ponsel Android layanan lokasi biasanya dapat ditemukan pada menu penyetelan atau dibagian bawah keamanan dan lokasi.

Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

12. Non aktifkan pembaruan otomatis
Banyak aplikasi akan melakukan pembaruan otomatis begitu tersedia versi baru, ini tidak menguras daya sebesar hal lainnya dalam hal ini, tetapi kamu bisa mematikannya jika mau menggunakan baterai sehemat mungkin. Pengguna ponsel Apple dapat menemukan penyetelan ini di bawah judul Tab Umum dari menu penyetelan. Menemukannya pada ponsel Android agar lebih sulit dan membutuhkan sedikit penjelajahan dalam penyetelan penggunaan data.

13. Matikan fitur AirDrop dan spotlight
Jika kamu memakai iphone, kamu dapat menghemat lebih sedikit daya dengan mematikan fitur AirDrop dan Spotlite. Jika kalian tidak ingat, AirDrop digunakan untuk berbagi berkas dengan cepat sesama pengguna Apple yang lain. Spotlight melacak aktivitasmu sehingga dia dapat memberikan saran saat kamu mencari sesuatu dalam ponsel. Dua fitur ini bisa jadi bermanfaat, tetapi meningkatkan penggunaan daya CPU dan ini dapat dimatikan dalam penyetelan umum.

14. Gunakan wallpaper sederhana
Latar belakang dan wallpaper yang diatur sesuai selera adalah cara keren untuk menyesuaikan ponsel dengan kepribadianmu, tetapi kurang bagus jika dikaitkan dengan memperpanjang umur baterai. Wallpaper animasi dengan efek khusus akan menguras baterai tanpa manfaat nyata. Jika kamu ingin memastikan agar baterai mu awet sepanjang hari, lebih baik gunakan gambar latar belakang yang diam dan sederhana.

15. Nonaktifkan Hot Words
Iklan Apple dan Android suka memamerkan orang yang berkata "Hey Siri", atau "Okay Google" untuk memanggil asisten dunia maya mereka. Meskipun nyaman dan bahkan agak seru, kamu membuat ponselmu bekerja lebih keras daripada yang kamu sadari. Ponselmu harus terus mendengarkan kata kunci tersebut.

Itu berarti lebih banyak aplikasi berjalan di latar belakang, sehingga lebih menguras baterai bahkan saat ponselmu sedang tidak dipakai. Jika kamu ingin mengurangi pengeluaran daya, kamu dapat mematikan Hot Words dalam penyetelan siri, atau suara pada ponsel Apple atau Android.


16. Mengetahui seberapa banyak daya yang sedang dipakai aplikasimu
Jika kamu sudah mencoba semua cara dan masih belum dapat menghemat daya juga, ini mungkin kesalahan dari 1 atau 2 aplikasi yang banyak menyedot baterai. Kamu dapat melihat berapa banyak daya yang dipakai masing-masing aplikasi dengan melihat penyetelan baterai pada ponselmu. Pengguna iPhone dapat melihat ini dengan memilih baterai pada menu penyetelan, lalu gulirkan ke bawah. Jika kamu lebih suka robot hijau daripada buah apel yang sudah digigit separuh, kamu akan melihat daftarnya dengan memilih penyetelan, baterai, lalu penggunaan baterai.

Demikian tadi tips dan cara agar baterai hp awet sepanjang hari. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close