Skip to main content

18 Tips Agar Mobil Aman Dari Pencurian Maling

Tips Agar Mobil Aman Dari Pencurian Maling - Kamu menyayangi mobilmu dan tidak bisa membayangkan dengan hidup tanpanya, itu kesayanganmu. Tapi apa kamu sudah melindunginya dari orang-orang jahat yang mungkin mengincarnya? Ternyata hal-hal kecil seperti stiker, etsa kaca, atau mengeluarkan buku panduan mobil bisa membantu.

Berikut ini Montirbox akan memberikan beberapa tips agar mobil aman dari pencurian maling:

1. Jangan menarik pencuri
Dalam banyak kasus bukan mobil yang diincar pencuri melainkan laptop baru yang kamu taruh dikursi depan, karena kamu hanya keluar sebentar kan, atau mungkin dompet bermerk yang sepertinya penuh dengan barang berharga, barang-barang seperti itu sering menjadi penyebab pembobolan. Jadi, luangkan waktu untuk menyembunyikan barang-barangmu dibagasi dan mobil tak lagi terlalu menarik bagi penjahat.

2. Pasang stiker jika perlu
Satu hal yang tidak disukai pencuri mobil adalah tertangkap. Hal lain yang tidak mereka sukai adalah stiker belakang yang menginformasikan ada alarm atau sistem pelacakan dimobilmu. Mereka tahu itu mungkin tak benar, tapi mereka tidak akan mau memeriksanya.

3. Tandai mobilmu
Kamu tidak perlu memasang corak macan tutul di mobilmu, tapi kamu bisa mengukir nomor kendaraanmu ditiap kaca dan penutup lampu. Mengganti kaca sebelum menjual mobil akan membutuhkan uang tambahan dan pencuri tidak suka itu. Kamu juga bisa bermain mata-mata dan meninggalkan tanda dibagian mobil yang berbeda dengan pena tidak terlihat, atau menuliskan detail identitas dengan titik-titik kecil. Ini tidak akan menghentikan pencuri tapi kamu akan lebih mudah melacak mobilmu jika dicuri.

18 Tips Agar Mobil Aman Dari Maling


4. Jangan Meninggalkan mobil saat mesin hidup
Percayalah pencurian mobil terjadi begitu cepat, itu bisa saja terjadi saat kamu keluar untuk mengambil kopi di SPBU, atau saat kamu memanaskan mesin pada pagi hari dan kembali kedalam untuk membaca koran pagi didalam rumahmu yang hangat.

5. Tidak ada yang benar-benar aman
Meski kamu tinggal dilingkungan yang tenang, penuh dengan orang-orang dewasa yang terhormat, orang jahat bisa masuk kesana kecuali ada penjaga di pintu masuk kompleks. Jadi, saat kamu parkir didepan pintu setelah seharian bekerja kamu tetap harus mengunci mobilmu, bahkan periksa sekali lagi apa mobilmu sudah dikunci. Pencuri berkeliaran dimalam hari mencari mobil yang tidak terkunci, kamu tidak mau mereka beruntung kan?

6. Tutup kaca mobil dengan rapat
Jika bisa memasukkan satu jari, para penjahat akan mencari cara untuk masuk dan membuka pintu dari dalam. Jadi, jadikan kebiasaan untuk memeriksa apakah kaca mobil sudah tertutup sebelum pergi, bukan hanya pintunya.

7. Selalu awasi kuncimu
Apa kamu menyembunyikannya disuatu tempat dibawah mobil agar tidak terkunci kelak? Penjahat tahu trik ini sama seperti mereka tahu tentang kunci rumah dibawah keset pintu. Tas tangan dikursi kedai kopi, dan tangga atau meja kecil dekat pintu rumah, juga bukan tempat yang tepat untuk kuncimu.

8. Parkir ditempat yang tepat
Jangan tinggalkan mobil mu ditempat yang gelap dengan reputasi buruk dan tanpa kamera keamanan. Parkirlah di area yang cukup terang dan cobalah sedekat mungkin dengan pintu masuk tempat bisnis, tempat-tempat itu selalu disertai kamera keamanan, garasi parkir juga bisa dijadikan pilihan, tapi jika terpencil itu berbahaya. Sekali lagi cobalah untuk tetap dekat dengan kamera kemanan agar nyali orang-orang jahat itu ciut.

9. Perhatikan cara kamu memarkir mobil
Saat kamu memarkir mobil selalu gunakan rem tangan dan kunci setirnya, pastikan ada penghalang seperti tembok atau trotoar didepan mobil, ini akan membuat pencuri lebih kesulitan untuk menarik mobilmu.

10. Hati-hati dengan tempat parkir umum
Meninggalkan mobilmu saat berbelanja, menonton pertandingan olahraga, atau keluar kota memang praktis, tapi tempat parkir umum adalah favorit para pencuri. Karena itu terbuka untuk umum siapa pun bisa berkeliaran memilih mobil yang mereka sukai dan memeriksa apa mobilmu punya standar keamanan. Jadi, berhati-hatilah saat kamu harus parkir disana, carilah tempat yang paling dekat dengan pintu masuk gedung dan dibawah kamera keamanan.

11. Jangan menyembunyikan mobil berlebihan
Jadi, kamu menemukan tempat gelap terpencil sempurna untuk mobilmu digarasi parkir komplek apartemenmu, dan berpikir itu aman karena tak akan ada yang menyadarinya, tapi pencuri akan tetap menemukannya dan mereka akan menyukainya.

Terpencil bukan berarti mereka begitu terekspos karena mereka cerdas dan biasanya berkeliaran pada malam hari, kemungkinan tidak ada yang akan mengganggu mereka sama sekali. Dan jika ada orang yang berjalan disana, mereka akan mendengarnya dan punya cukup waktu untuk kabur.

12. Jangan abaikan asuransi fisik ekstra
Banyak perusahaan asuransi memberikan penawaran bagus untuk pemilik mobil yang ingin memasang perangkat anti pencurian fisik. Mereka tahu penjahat akan berpikir dua kali dan kemungkinan besar memutuskan untuk tidak mencoba membobol mobil yang terlindungi dengan baik.

Ada banyak jenis kunci, seperti kunci setir Club, kunci ban yang sering digunakan polisi pada kendaraan yang sering parkir sembarangan, dan kunci kap. Monitor bayi dengan penglihatan malam dan audio juga bisa menakuti para penjahat. Kalaupun tidak, kamu akan punya bukti sempurna mereka pernah disana, alarm mobil juga berfungsi sebagai penangkal pencuri yang ampuh dengan suaranya yang keras.

13. Jangan meninggalkan STNK didalam mobil
Meninggalkan STNK didalam mobil sama seperti memberikan kekuasaan penuh kepada para penjahat, mereka bisa dengan mudah menyerahkannya kepada polisi saat dihentikan. Informasi asuransimu dan STNK bisa membantu mereka mendapat kunci baru yang dibuat untuk membuka mobil tanpa masalah. Jika mobilmu juga digunakan oleh anggota keluarga yang lain, cari tempat rahasia untuk menyembunyikan STNK dan hanya beritahu teman terdekatmu soal itu.

14. Jangan tinggalkan buku panduan mobilmu juga
Bukan petunjuk tentang cara menyalakan mesin yang diincar pencuri, tapi kunci valet rahasia yang bahkan mungkin tidak kamu tahu. Kamu biasanya bisa menemukannya dibagian belakang buku panduan atau disisipan plastik. Kamu bisa membuka pintu pengemudi dan bahkan bisa menyalakan mobil dengan kunci itu.

Baca Juga : Tips Aman Cara Cas Hp Agar Cepat Penuh dan Menjaga Baterai Lebih Awet

15. Berhati-hatilah jika kamu punya mobil tua
Pencuri memang suka mobil sport mewah, tapi mereka akan sering mengincar mobil tua hanya karena lebih mudah dicuri. Mobil yang diproduksi lebih dari 20 tahun lalu punya sistim starter yang sungguh mudah dipecahkan jika kamu tahu caranya. Jadi, jika kamu penggemar mobil lawas tambahkan beberapa perlindungan fisik ke mobil favoritmu.

16. Tidak ada yang namanya mobil tidak diinginkan
Pencuri mencuri mobil dari berbagai merk dan bahkan warna untuk pekerjaan yang berbeda. Van putih yang tak mencurigakan misalnya, sangat cocok untuk mengangkut barang-barang curian. Beberapa mobil dicuri karena detail yang lebih sulit ditemukan, seperti suku cadang. Mobil lainnya karena mesin super kuat mereka.

17. Ubah Kebiasaanmu
Jika mobilmu sangat diinginkan oleh pencuri dan sulit didapat, mereka bisa mulai memata-mataimu untuk mengetahui waktu terbaik mencurinya. Jadi, jika kamu menyalakan mesin setiap hari pada pukul 8, lalu mampir ke kedai kopi yang sama, dan pergi kekantor pada rute yang sama, kamu mungkin membantu mereka merencanakan kejahatan. Mereka bisa merencanakan serangan saat menemukan mata rantai terlemah dari urutan logis ini, jadi ubah sedikit urutannya.

18. Pasang sistem pelacakan
Jika mobilmu tidak dilengkapi dengan itu, pasang pelacak GPS. Ini mungkin tidak mencegah hal terburuk terjadi, tapi akan sangat membantu dalam menemukan mobilmu jika dicuri.

Demikian artikel tentang Tips Agar Mobil Aman Dari Pencurian  Maling. Semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close