Skip to main content

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Tips Agar Tahan Lama

Baterai Laptop Cepat Habis? Ini Tipsnya Agar Tahan Lama - Kamu sudah mengerjakan hal penting saat tiba-tiba notifikasi baterai habis muncul dengan tiba-tiba, kamu bergegas menyelesaikan pekerjaan dan layar laptop menjadi hitam. Kamu belum selesai dan hanya bisa berharap pekerjaanmu otomatis tersimpan. Kenapa baterai laptop bisa cepat habis? Tampaknya berbagai cara menghemat daya laptop berikut ini akan berguna untukmu:

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Tips Agar Tahan Lama

1. Manfaatkan pengaturan daya
Ini hal pertama yang bisa kamu coba, jadi langsung saja nyalakan mode hemat energi untuk Mac atau hemat daya untuk Windows pada pengaturan. Ini memungkinkan kamu memilih kapan tampilan mati saat sedang tidak aktif. Makin cepat tampilan mati makin banyak daya yang kamu hemat.

2. Turunkan pencahayaan
Layar laptop atau lampu layar adalah salah satu pengkonsumsi energi terbesar dalam keseluruhan sistem hal ini salah satu penyebab baterai laptop cepat habis. Redupkan layar untuk meningkatkan produktivitas selama 30 menit setiap harinya kamu bisa dengan mudah melakukannya menggunakan salah satu tombol F. Redupkan layar serendah mungkin, tapi pastikan tidak mengganggu matamu.

3. Ganti latar belakang
Memang wallpaper bergambar cerah dan full color membuat tampilan laptop menjadi lebih menarik, tapi warnanya yang cerah menyerap banyak energi sehingga daya baterai laptop cepat habis. Pilihlah wallpaper berwarna lebih gelap atau bahkan warna polos, untuk alasan yang sama matikan juga screensaver.

Baterai Laptop Cepat Habis


4. Matikan laptop sebelum tidur
Menutup laptop saja tidak cukup, saat kamu mematikannya sistem akan membersihkan semua aplikasi dan berbagai informasi tambahan yang menumpuk seharian, dengan begitu saat digunakan kembali keesokan hari laptop dalam keadaan siap dengan awalan yang baru.

5. Hibernasi lebih baik daripada mode tidur (sleep)
Jika kamu harus memilih antara kedua mode tersebut, pilihlah mode hibernasi. Saat dalam mode tidur laptop masih secara aktif menggunakan memori dan menghabiskan daya, sebaliknya mode hibernasi memungkinkan laptop menyimpan kondisi terakhir dan mati secara menyeluruh, dan akan lebih baik jika kamu mengaktifkannya sebelum baterai laptop cepat habis atau daya benar-benar habis.

6. Hapus berkas tak terpakai.
Dengan membersihkan harddrive, kamu membuat seluruh sistem menjadi lebih produktif, makin penuh Hard Drive semakin lambat performa laptop dan daya akan makin cepat habis. Biasakan untuk menghapus berkas-berkas tak terpakai dan cas secara teratur.

7. Matikan pencarian Spotlite
Pencarian Spotlite memang berguna untuk mencari apapun yang kamu butuhkan dalam hitungan detik, tetapi ia selalu memperbarui index pencariannya. Jika kamu tidak selalu menggunakannya kamu bisa mengaktifkannya dalam preferensi sistem untuk menghemat baterai dan hidupkan kembali kapanpun dibutuhkan.

Baca Juga : Baterai Laptop cepat habis? ini dia sebabnya

8. Pastikan selalu dingin
Jika terlalu panas atau terlalu dingin laptop tidak bekerja efisien sehingga membuang energi. Laptop berfungsi lebih baik di udara dingin daripada panas selama tidak membeku, jika memanas laptop membutuhkan akses udara segar melalui ventilasinya. Jika kamu memang punya atau bekerja di atas tempat tidur aliran udara dingin akan tersumbat, dan jangan pernah meninggalkan laptop di dalam mobil saat cuaca panas, di dalam ruangan yang terkena sinar matahari langsung atau didekat pemanas.

9. Gunakan mode penyamaran
Saat kamu menjelajah internet tanpa mode penyamaran atau incognito kamu otomatis mendapat banyak saran sehingga kamu tidak perlu mengetik nama pengguna dan kata sandi untuk setiap situs. Tapi fungsi ini menghabiskan energi ekstra dan baterai laptop cepat habis, jadi menggunakan mode penyamaran atau jendela pribadi dapat membantumu menghemat sedikit daya.

10. Jangan mengisi gaya terus-menerus
Setiap laptop memiliki jumlah tertentu untuk siklus pengisian biasanya sekitar 500 kali. 1 siklus adalah saat kamu mengisinya dari nol hingga 100%. Saat diisi dari 50 hingga 100, maka disebut setengah siklus, makin banyak siklus yang dilalui baterai laptop makin tidak efisien. Hal terbaik yang bisa dilakukan yaitu menjaga baterai antara 50 hingga 80%, misalnya kamu bisa mengisi daya di pagi hari dan tidak mengisinya lagi seharian.

11. Isi daya Sebelum mati
Mungkin terdengar bertolak belakang dari trik sebelumnya, tapi maksudnya jangan membiarkan baterai benar-benar kosong, isi daya saat tersisa setidaknya 20% untuk mencegah baterai terkuras.

12. Lepas Perangkat yang tidak digunakan
Memory Card (USB Stick), Hard Drive Externeal, Webcam, Mouse Nirkabel, keyboard external, atau perangkat tambahan lain menggunakan daya dari motherboard. Meskipun kamu sedang tidak menggunakannnya mereka menghabiskan energi dan membuat baterai laptop cepat habis, jadi lepas dan matikan pengeras suara saat kamu sedang tidak mendengarkan musik, serta matikan lampu latar keyboard jika ada.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Tips Agar Tahan Lama

13. Matikan wi-fi dan bluetooth
Kedua perangkat ini selalu mencari kesempatan untuk terhubung dengan perangkat lainnya, dan ini berakibat pada habisnya daya baterai laptop. Jika kamu tidak butuh untuk terhubung nonaktifkan saja keduanya.

14. Matikan aplikasi rakus pemakan energi
Periksa aplikasi apa di latar belakang yang mengonsumsi energi paling banyak, bahkan meskipun tidak sedang digunakan. Kamu bisa memeriksanya di dalam tab pengguna dan grup dan item masuk pada Mac. Pada laptop Windows, ketik aplikasi apa yang menghabiskan baterai pada kotak pencarian Windows, periksa apakah kamu benar-benar membutuhkannya, jika tidak hapus saja dan pastikan kamu keluar dari semua aplikasi yang tidak digunakan.

15. Matikan pembaruan otomatis
Atur agar laptop melakukan pembaruan otomatis saat kamu sedang mengisi gaya, aplikasi berat akan melakukan pembaruan berat juga dan memasang aplikasi dengan mengandalkan baterai akan menguras gaya pakainya dan membuat baterai laptop cepat habis.

16. Matikan notifikasi
Email dan akun jejaring sosial milikmu sangat menggoda mereka menggunakan notifikasi untuk menarik perhatianmu, meskipun tidak dibuka laptop memperbarui data agar kamu terus mendapat kabar terbaru. Kamu bisa mengubah pengaturannya dan menghemat baterai untuk hal penting lainnya.

17. Pastikan sistem operasi selalu diperbarui
Pembaruan dirancang agar laptop menjadi lebih produktif, pembaruannya bisa mengatasi bug atau gangguan yang merupakan penguras daya sebenarnya, kapanpun kamu mengisi daya, perbarui sistem jika ada kesempatan.

18. Fokus pada satu pekerjaan
Saat kamu membuka 20 tab dan cloud secara bersamaan, mengedit foto, mendengarkan musik, dan menjalankan beberapa program secara terus-menerus laptop akan mengalami kesulitan. Ram nya atau Random Access Memory tidak dapat mengatasi ini, jadi ia meminta bantuan hard disk, dan ini mengakibatkan daya terkuras dan baetrai laptop cepat habis. Untuk membantumu fokus pada satu pekerjaan saja hindari godaan dengan mengaktifkan mode pesawat, ini akan membatasi koneksi nirkabel dan menghentikan aplikasi dan proses dilatar belakang.

19. Mengganti HDD dengan SSD
Solid State Drive (SSD) bekerja menggunakan memory cahaya yang mengonsumsi lebih sedikit daya dari pada hard drive biasa. Selain itu SSD membuat laptop bekerja lebih cepat kamu akan menghemat waktu dan daya saat bekerja dibanding menggunakan HDD.

20. Nonaktifkan grafis
Pastikan hanya permainan dan aplikasi yang membutuhkan grafis berkualitas tinggi, seperti aplikasi pengedit foto atau video yang menggunakan prosesor grafis berkekuatan tinggi. Kamu bisa mematikan akselerator grafis pada pengaturan hemat energi, hal ini bisa membantu agar baterai laptop tidak cepat habis.

21. Bersihkan laptop
Laptop butuh akses sirkulasi udara, jaga agar kipas-kipasnya bersih dan bebas debu. Saat tersumbat, laptop akan memanas dengan cepat dan ini merupakan masalah besar bagi baterai.

22. Gunakan adapter asli
Bahkan sedikit saja tegangan tidak sesuai dapat merusak laptop maupun baterainya, gunakan adaptor asli atau hati-hati memilih gantinya, periksa apakah spesifikasinya benar agar terhindar dari masalah.

23. Perhatikan baterai dan ganti jika diperlukan
Tidak ada baterai yang didesain tahan lama dan kamu bisa memeriksa umur bateraimu. Informasi ini terdapat pada tab daya di dalam aplikasi informasi sistem pada Mac, catatan ganti sekarang, atau perbaiki baterai harus ditindaklanjuti. Kamu juga bisa melakukannya pada laptop Windows pada kolom perintah cepat atau Command Prompt.

24. Bawa cadangan
Baterai eksternal akan menjamin kamu tidak kehilangan data penting atau terjebak tanpa laptop sangat membutuhkannya. Beberapa laptop memiliki baterai yang bisa dilepas atau memungkinkanmu menambah baterai. Untuk laptop lainnya kamu bisa membeli baterai laptop eksternal dengan pilihan konektor, baterai eksternal dapat mengisi daya baterai di dalamnya atau langsung menyalakan laptop nya.

Demikian artikel mengenai Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Tips Agar Tahan Lama. Semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close