Skip to main content

Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona (Covid-19)

Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona - Sejak akhir tahun kemarin negara dikejutkan dengan ditemukannya virus baru yang pertama kali menyerang salah satu negara, yaitu Tiongkok, virus tersebut diberi nama dengan Coronavirus atau Covid-19. Coronavirus merupakan jenis virus yang mempengaruhi pernapasan, ini termasuk virus baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Selama lebih dari 1 bulan virus ini menyebar setidaknya ada 40 ribu kasus yang telah terkonfirmasi serta menyebar pada 28 negara di dunia. Lalu bagaimana virus ini dapat menular? dan seberapa bahayanya virus ini?

Virus corona bersifat zoonosis, artinya penyakit ini ditularkan antara hewan kepada manusia. Namun hingga saat ini jenis hewannya belum dapat diidentifikasi, setiap orang bisa terserang virus ini, namun yang lebih rentan yaitu anak-anak, orang dengan usia lanjut, dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah.

Selanjutnya orang yang memiliki riwayat perjalanan ke negara China atau beberapa negara yang terdampak virus ini juga memiliki potensi terserang virus ini lebih tinggi. Beberapa gejala yang umum terjadi pada pasien seperti sesak nafas, flu, demam, hingga batuk. Namun gejala yang muncul ini sangat sulit dideteksi apakah demam dan flu yang anda alami merupakan virus corona atau bukan.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona


Untuk itu cara yang dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Virus ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal, pneumonia, sindrome pernapasan akut, hingga kematian. Hingga saat ini setidaknya ada 28 negara yang terserang virus ini dan menelan korban jiwa lebih dari 900 orang.

Diketahui masa inkubasi dari virus ini sekitar 2 hingga 14 hari, namun gejala yang muncul ini sangat sulit untuk dideteksi. Ada beberapa rekomendasi dari berbagai pakar dan Peneliti kesehatan agar terhindar dari paparan virus corona ini.

Seperti mencuci tangan secara teratur, menggunakan masker, menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk, serta hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala terserang virus corona. Selain itu, pastikan anda menghindari konsumsi hewan setengah matang dan mentah, masak produk hewan dan turunannya seperti telur hingga benar-benar matang.

Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona                 

Ada beberapa tips lain yang bisa anda lakukan untuk menghindari serangan virus corona ini. Diantaranya:

1. Cuci tangan secara teratur dengan benar.
Sering-seringlah mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun anti bakteri. Cara lainnya anda juga bisa membersihkan tangan menggunakan anti septik berbasis alkohol atau yang lebih dikenal dengan hand sanitazer, mencuci dan membersihkan tangan menggunakan sabun anti septik perlu dilakukan karena ini salah satu cara untuk menghilangkan virus yang mungkin menempel di tangan anda.

Pastikan anda melakukannya dengan kontak bersama orang lain setelah menyentuh atau memegang barang tertentu, serta sebelum dan setelah anda makan.

2. Menutup mulut dan hidung
Bersin dan batuk mungkin bisa terjadi kapan saja, saat hal tersebut terjadi pastikan anda menutup mulut dan hidung anda. Ada beberapa cara untuk menutup hidung dan mulut saat bersin ini, anda bisa menggunakan tisu sekali pakai.Setelah batuk dan bersin mereda, anda bisa membuangnya ke tempat sampah yang tertutup agar tidak tersentuh dengan orang lain.

Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? menutup mulut dan hidung penting untuk dilakukan karena ini salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus dan kuman. Jika anda bersin hanya dengan menutup telapak tangan, tentu ini bisa mencemari benda atau orang lain ketika anda memegang atau menyentuh benda setelah bersin.

3. Menjaga jarak
Untuk mencegah tertularnya virus corona ini, anda sebaiknya menjaga jarak dari seseorang yang batuk dan bersin atau demam sejauh satu meter. Ketika seseorang terserang corona virus ini, air liur mereka yang mengandung virus akan keluar akibat bersin dan batuk. Jika anda berada terlalu dekat dengan mereka, air liur yang mengandung virus dan bakteri tersebut bisa terhirup oleh anda. Agar lebih menjaga paparan virus ini, sebaiknya anda menjaga jarak dari orang yang terlihat batuk dan bersin.

Baca Juga : Apa Sebenarnya Bahaya Virus Corona?

4. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
Tangan anda bisa saja menyentuh benda atau orang lain secara tidak sengaja. Dengan begitu, virus corona ini juga bisa saja berada di tangan anda ketika anda menyentuh mulut, mata, dan hidung, kemungkinan virus akan berpindah dari tangan anda. Hal ini mnenjadi salah satu jalan tersebarnya virus corona, untuk itu pastikan untuk tidak sembarangan menyentuh hidung, mata dan mulut, terlebih ketika tangan anda memang terlihat kotor.

5. Menggunakan masker
Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu menggunakan masker. Jenis masker yang sebaiknya digunakan yaitu masker medis sekali pakai, bukan masker yang terbuat dari kain dan dipakai berulang kali. Namun penggunaan masker ini sebaiknya digunakan ketika anda memiliki gejala pernapasan seperti batuk dan bersin, tentu ini terkait dengan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

6. Hubungi petugas medis
Tips terakhir ini dapat anda lakukan ketika anda mengalami beberapa tanda dan gejala virus corona. Seperti demam, batuk, sesak napas, dan bersin. Terlebih jika sebelumnya anda melakukan perjalanan ke china atau melakukan kontak dengan orang yang datang dari negara yang terpapar virus dalam waktu dekat.

Meskipun demam dan batuk merupakan hal umum yang bisa terjadi, namun dalam hal ini anda tetap perlu memperhitungkan adanya kemungkinan terpapar virus corona (Covid-19) ini.

Itulah penjelasan mengenai Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona. Terima kasih telah membaca artikel Montirbox kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close