--> Skip to main content

Apa Sebenarnya Bahaya Virus Corona?

Apa Sebenarnya Bahaya Virus Corona? - Virus Corona. Yap, sampai artikel ini dibuat, beberapa hari sebelumnya, beberapa minggu sebelumnya, di media sosial ataupun di berita manapun sangat heboh dengan Virus Corona, jadi ini merupakan epidemic Virus Corona mulai dari akhir 2019. Menurut informasi yang Montirbox dapat dari beberapa artikel, internet, dan dari berita media elektronik, virus ini berasal dari Wuhan, China. Jadi pertama kali ditemukan di Wuhan, China. 

Disana terdapat animal market atau yang biasa kita sebut dengan pasar yang menjual berbagai macam hewan. Hewan-hewan tersebut masih hidup dan ada juga beberapa hewan liar yang dijual disana, dan tentu saja hewan ini untuk dikonsumsi. Ada berbagai macam hewan yang dijual, seperti ayam, bebek, ular, babi, dan sebagainya.

Nah diduga penyebaran virus ini dimulai dari sana atau pin pointnya berasal dari hewan-hewan tersebut, disana mereka saling kontak dengan hewannya, kemudian kontak satu sama lain. Jadi apa sebenarnya Virus Corona itu? Jika kita lihat gambar dari Virus Corona tersebut bentuknya bulat, terus ada seperti mahkotanya, itu sebabnya dinamakan dengan Corona.

Virus Corona ini merupakan family dari Coronaviridae atau keluarga dari Coronaviridae, dan biasanya kita bisa temukan di hewan tapi dapat juga menginfeksi manusia yaitu menyerang saluran pernapasan. Jadi pada mereka yang terserang virus ini, ada yang menyebutnya dengan Common Cold. Jadi mengalami gejala-gejala seperti hidung berair, kemudian gangguan pada pernapasan seperti sesak napas lalu terjadi demam, dan kalau parah bisa menyebabkan pneumonia dan bahkan sampai meninggal dunia.

Virus Corona

Nah, Yang menjadi pertanyaan adalah Apakah Corona Virus atau Virus Corona ini adalah virus baru? Jadi sebenarnya Virus Corona ini sudah lama kita ketahui, dan sudah menyebabkan beberapa kali kasus. Yang pertama ditahun 2002 sewaktu kasus SARS, waktu itu pertama kali ditemukan di provinsi Guangdong, Tiongkok. Dan ini disebabkan oleh Virus SARS, Virus Corona. Kemudian serangan virus yang berikutnya adalah MERS pada tahun 2012.

Lalu yang sobat perlu ketahui adalah masa inkubasinya. Jadi untuk Virus Corona ini mulai masuk ke tubuh manusia dan sampai menimbulkan gejala itu sekitar 2 minggu atau 14 hari. Nah dari manusia apakah bisa menularkan ke manusia yang lainnya? misalnya Anda terinfeksi apakah bisa menularkan ke orang lain? Jawabannya bisa.

Bagaimana cara pencegahan penyebaran Virus Corona ini? Jadi virus ini termasuk airborne disease atau dapat tertular, dapat menularkan melalui udara. Nah untuk itu diperlukan masker agar mencegah penularan virus tersebut. Kemudian jaga kebersihan tangan atau higienitas, Anda bisa sering-sering cuci tangan atau gunakan disinfektan yang berbahan dari alkohol.

Kemudian jaga daya tahan tubuh Anda, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, karena perlu Anda ketahui bahwa virus ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Jadi hanya daya tahan tubuh dan antibody kita yang bisa melawan virus ini, untuk itu diperlukan istirahat yang cukup, tidur malam jangan terlalu larut, kemudian makan makanan yang bergizi, olahraga, kalau perlu tambahkan suplemen terutama untuk yang Immune Booster seperti Vitamin C dan sebagainya.

Oke sobat Montirbox, demikan informasi singkat tentang Virus Corona ini, tetap jaga kesehatan dan terapkan perilaku hidup sehat agar bisa terhindar dari penyakit atau virus apapaun.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close