Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Badan

Penyebab Bau Badan Serta Cara Mencegah dan Menanganinya - Apakah Anda ingin mengetahui cara menghilangkan bau badan? Silahkan dibaca artikel ini sampai habis ya.  Oh ya sobat, pasti anda tidak asing lagi mengenai masalah bau badan atau bau ketiak, karena hal ini merupakan masalah yang cukup banyak dialami oleh hampir semua golongan masyarakat, bau badan ini tentu dapat mengganggu orang yang berada di sekitar, hingga menggangu diri sendiri. Bagi yang memiliki bau badan ini, tentu akan mengganggu rasa percaya diri untuk melakukan aktivitas bersama orang lain.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengetahui apa penyebab dari bau badan ini muncul serta cara menghilangkan bau badan dan juga bagaimana untuk mencegah dan menanganinya. Bau badan merupakan bau yang tidak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh ketika bakteri di kulit memecah keringat menjadi asam, dalam kata lain bakteri memecah protein menjadi asam tertentu.

Bau badan ini juga dikenal dengan istilah bromhidrosis atau asmidrosis. Jadi, apa saja penyebab bau badan? Bau badan ini mulai ketika seseorang memasuki masa pubertas, namun ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami bau badan, diantaranya orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, orang yang sering mengkonsumsi makanan pedas, serta orang yang memiliki penyakit tertentu seperti diabetes.

Munculnya bau tidak sedap ini kemungkinan terjadi pada bagian tubuh berikut, seperti keringat di daerah ketiak, kaki, alat kelamin, pusar, hingga dubur. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa keringat itu hampir tidak berbau, berkeringat adalah cara tubuh untuk mengatur suhu.

cara menghilangkan bau badan

Ketika keringat bertemu dengan bakeri di permukaan kulit, itu dapat menghasilkan bau. Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau pada tubuh. Perawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan yaitu pada tingkat keparahan bau badannya.

Bau tersebut muncul akibat dari kebersihan bau badan yang buruk serta tidak menggunakan produk yang tepat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mencegah bau badan timbul kembali yaitu :

Pertama, menggunakan deodorant. Deodoran memang tidak berfungsi untuk mengurangi jumlah keringat yang keluar, namun deodoran dapat menghilangkan bau yang muncul. Deodoran juga menghambat bakteri dari pembentukan yang menyebabkan bau keringat.

Cara mengatasi bau badan berikutnya yaitu menjaga ketiak agar tetap kering. Bakteri akan kesulitan untuk berkembangbiak di daerah bagian tubuh yang kering, sehingga menjaga agar tidak banyak mengeluarkan keringat dan ini juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau badan yang ketiga, menjaga asupan makanan. Makanan berlemak, berminyak, hingga makanan berbau tajam seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay dapat menyerap ke pori-pori tubuh, dan menyebabkan bau badan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Cara keempat adalah menjaga ketiak kita untuk tetap bersih. Bersihkan atau cuci ketiak secara teratur, anda juga sebaiknya menggunakan sabun anti bakteri ketika mencuci atau mandi. Mandilah setiap hari serta mandi setelah melakukan olahraga hal ini akan menjaga jumlah bakteri untuk tetap sedikit, sehingga bau badan dapat diminimalisir.

Tips menghilangkan bau badan yang keempat, mencukur bula ketiak secara teratur. Ketika ketiak memiliki rambut, ini akan memperlambat keringat menguap dan memberi banyak waktu bagi bakteri untuk memecah zat bau, dengan begitu pastikan anda secara rutin mencukur bulu atau rambut ketiak, jangan sampai membiarkan rambut terlalu banyak tumbuh.

Lalu perlukah kita untuk berkonsultasi dengan dokter akibat bau badan ini? meskipun bau badan ini bukan suatu hal yang sangat mengkhawatirkan, namun perlu diingat bahwa bau badan ini juga akibat dari adanya suatu penyakit dalam tubuh. Anda sebaiknya mengunjungi dokter jika keringat anda berbeda dari biasanya, karena keringat juga jadi pertanda seseorang menderita diabetes hingga ginjal atau hati.

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bau badan serta berbagai macam penyebab bau badan yang sering kita lakukan tanpa disadari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close