--> Skip to main content

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah dan Cara Pengobatannya

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah dan Cara Pengobatannya - Apakah Anda pernah atau sering mengalami sakit punggung bagian bawah? Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang sakit punggung bagian bawah atau dikenal dengan sebutan low pain, atau kita sebut lagi dengan low back pain, dan mungkin orang awam menyebutnya dengan nyeri pinggang.

Jadi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan nyeri punggung bagian bawah ini?, kemudian siapa saja yang lebih rentan terkena sakit punggung bagian bawah? Nah disini Montirbox sudah membuat rangkumannya, namun sebelum lanjut, Montirbox akan jelaskan dulu apa sebenarnya definisi untuk nyeri punggung bawah, low back pain.

Nyeri punggung bagian bawah adalah rasa nyeri pinggang atau tulang punggung bagian bawah yang biasanya menjalar hingga ke bokong, bahkan sampai ke kaki. Punggung bagian bawah terdiri atas komponen-komponen penyusun, disitu bisa kita temukan ada tulang, bantalan, atau disebut juga dengan discus, dan kemudian ada saraf. Jika terjadi gangguan pada struktur atau komponen-komponen tersebut akan menimbulkan rasa sakit.

Kemudian kita masuk ke gejalanya. Apa gejala low back pain? atau gejala nyeri punggung bawah? Jadi setiap orang mempunyai ambang nyeri yang berbeda, kemudian tingkat keparahan yang berbeda, nyerinya akan berbeda, ada yang terasa ringan, sedang, sampai berat, bahkan ada yang kesulitan berjalan.

sakit punggung bagian bawah

Disini sudah kita rangkum beberapa gejalanya. Jadi yang pertama ada gejala nyeri punggung yang terasa seperti ditusuk-tusuk, ada yang terasa seperti kesetrum, kemudian ada juga yang merasakan hanya dipunggung saja, ada juga yang merasa sampai melebar/meluas menjalar hingga ke bokong, kemudian menjalar ke kaki,

Lalu ada juga nyeri yang dirasakan pada posisi tertentu misalnya pada saat duduk akan merasa nyeri, ada yang pada saat mengangkat beban berat akan terasa sakit dan membaik ketika misalnya berbaring. Misalnya berbaring dengan kaki diangkat, mungkin lebih enak, kemudian pada beberapa orang nyeri punggung ini terasa seperti punggungnya kaku, kemudian seperti kejang.

Jadi itu tadi beberapa gejala nyeri punggung yang dapat dirasakan, dan setiap orang gejalanya bervariasi. Nah untuk sobat Montirbox yang pernah merasakan gejala nyeri punggung, seperti apa dan bagaimana penanganannya? Lalu hal apa saja yang dapat menyebabkan nyeri pada punggung bagian bawah?

Baca Juga : Penyebab Badan Pegal dan Akibat yang Ditimbulkan

Penyebab sakit punggung bagian bawah yang pertama adalah akibat terjatuh atau terbentur benda yang keras, kemudian yang kedua karena pergerakan tubuh yang berlebihan, kemudian mengangkat beban berat, lalu kekakuan pada otot, radang pada sendi, kelainan bentuk tulang belakang, kemudian ada pengeroposan tulang atau Osteoporosis, dan gangguan saraf pada tulang belakang.

lalu ada kelemahan celah pada tulang belakang (ini juga banyak terjadi dan biasa kita sebut dengan saraf kejepit). Jadi pada mereka yang usianya sudah lanjut terjadi kelemahan, akhirnya bantalan atau discus-nya akan menonjol dan akan menekan saraf, nah ini disebut dengan saraf terjepit. Saraf terjepit Ini juga banyak kasusnya, tetapi bukan berarti semua nyeri pinggang atau semua nyeri punggung bagian bawah adalah disebabkan karena saraf terjepit.

Lalu penyebab sakit punggung bagian bawah yang terakhir bisa juga disebabkan karena penyakit pada organ tertentu. Misalnya pada organ ginjal, terjadi batu ginjal atau terjadi infeksi pada saluran kemih. Ini juga nyerinya dapat menjalar hingga ke bagian belakang, punggung bagian belakang.

Itu tadi adalah kurang lebih 10 hal yang dapat menyebabkan nyeri pada pinggang atau punggung bagian bawah. Kemudian kita lanjut ke faktor resikonya. Jadi beberapa orang yang memiliki faktor resiko lebih besar untuk mengalami nyeri pinggang adalah mereka-mereka yang berada di usia produktif, usia sekitar 30-55 tahun. Jadi mereka yang masih aktif bekerja, kebanyakan duduk atau harus mengangkat beban berat, mengangkat barang yang berat, dan mereka yang banyak melakukan pekerjaan yang harus jongkok.

Penyakit sakit punggung bagian bawah ini beresiko juga bagi mereka yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih, pada wanita hamil, dan yang terakhir adalah mereka yang jarang berolahraga.

Lalu nungkin ada yang bertanya "kalau saya sudah merasakan nyeri pinggang atau nyeri punggung bagian bawah, apa yang harus saya lakukan?" Nah kalau gejalanya masih ringan Anda bisa pilih olahraga renang. jadi Anda bisa belajar renang, kemudian Anda bisa melakukan olahraga yoga, lalu pilates.

Kemudian selain olahraga Anda bisa mengurangi tingkat stress, lalu yang bagi Anda yang kelebihan berat badan, kontrol berat badan Anda dan segera diturunkan secara bertahap, kemudian yang keempat adalah kurangi mengangkat beban yang berat. Jika Anda ingin mengangkat beban, jangan gunakan punggung untuk mengangkat, tapi gunakan kekuatan pada paha seperti orang squat (angkat besi).

Baca Juga : Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan

Selanjutnya berhenti merokok, karena merokok mengganggu aliran darah terutama ke punggung, lalu perbaiki posisi tidur Anda, kemudian posisi pada saat Anda duduk, saat Anda jalan. Dan yang terakhir, buat Anda yang sakitnya mungkin sudah lebih parah, Anda bisa kunjungi dokter atau Anda bisa coba dulu terapi dengan akupuntur.

Akupuntur ini juga sangat membantu untuk mengurangi kasus-kasus nyeri, salah satunya sakit punggung bagian bawah. Lalu kemudian Anda bisa tambahkan suplemen untuk membatu proses penyembuhan. Contohnya seperti vitamin B kompleks, ini sangat membantu dalam proses penyembuhan saraf. Kemudian kalsium, Omega 3 yang baik untuk sendi Anda.

Oke sobat Montirbox, demikian artikel tentang sakit punggung bagian bawah dan bagaimana cara pengobatannya. Semoga informasi ini berguna.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close