Skip to main content

Cara Mengatasi Cegukan Dalam Sekejap

Cara Mengatasi Cegukan Dalam Sekejap - Mengatasi cegukan memang susah-susah gampang, situasi ini sangat mengganggu dan yang paling menjengkelkan saat percakapanmu terus-menerus terhenti karena cegukanmu. Cegukan juga sulit disembunyikan dan tidak mau berhenti, sangat memalukan dan membuat kita kurang nyaman di berbagai situasi sosial. Apakah yang bisa kita lakukan selain menunggu sampai cegukannya reda? Apa penyebab kondisi tubuh yang menjengkelkan ini? bagaimana cara mengatasi cegukan dengan ampuh?

Cegukan dimulai dari diafragma. Otot di antara paru-paru dan perut yang membuat kita menghirup dan menghembuskan nafas. Jika terjadi iritasi, diafragma akan mengalami kejang, akibatnya kita menghirup nafas secara tiba-tiba. Udara yang mengalir keluar bersinggungan dengan pita suara dan terdengarlah bunyi khas cegukan itu.

Kita perlu mengalihkan otak sehingga kejang pada diafragma berhenti. Dalam hal ini makan terlalu banyak dan terburu-buru, minuman soda, merasa gugup, atau sangat riang, dan bahkan stres dapat memicu terjadinya cegukan. Syukurlah ada obat alami yang dapat mengatasi cegukan dan sebagian bahkan bisa meredakan dalam sekejap.

Dibawah ini Montirbox telah himpun beberapa cara mengatasi cegukan yang cukup ampuh yang bisa dilakukan dengan mudah, bagaimana caranya? mari kita simak bersama:

Air es. Teguk segelas air secepatnya, air dingin akan mengejutkan sistem dan mengalihkannya dari cegukan, kamu bahkan bisa mengemut es batu, efek yang dihasilkan akan sama. Kamu juga bisa menambahkan madu ke dalam air dan biasanya cara ini akan segera menghentikan cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan


Tahan nafas. Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama mungkin, keluarkan secara perlahan, ulangi lagi sampai cegukanmu berhenti. Gunakan tips bermanfaat ini saat kamu sedang berkumpul bersama teman atau kencan makan malam. Cukup minta izin ke toilet, saat kembali kamu akan bebas dari cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Dalam Sekejap

Gula. Ambil satu sendok teh gula putih atau coklat, lalu kulum di mulut selama sekitar 5 detik, biarkan gula larut tanpa mengunyahnya, minum seteguk air dan lihat hasilnya. Obat ini cocok untuk anak-anak, kemungkinan mereka belum bisa menahan napas atau meneguk air es, dan anak-anak pasti suka gula.

Cuka. Rasanya memang tidak seenak gula, tapi khasiatnya juga manjur. Tuang setengah sendok teh cuka putih atau cuka apel, lalu segera minum segelas air. Kamu juga bisa mencampur satu sendok teh cuka dengan sedikit air agar lebih mudah menelannya.

Selai kacang. Obat yang enak ini sungguh manjur untuk mengatasi cegukan. Masukkan se-sendok selai kacang ke mulut lalu kulum dan jangan dikunyah, setelah beberapa detik telanlah. Kalau kamu alergi kacang, selai almond bisa menjadi alternatif.

Lemon. Inilah obat praktis yang sangat cocok untuk kamu yang tinggal di perkotaan. Ambil lemon lalu peras airnya, dan minum setidaknya setengah sendok teh. Rasa asam akan segera membuatmu menelannya, dengan begini cegukan akan terhenti. Kamu juga bisa menambahkan air perasan lemon ke dalam setengah gelas air putih. minum lah cepat-cepat, pilih salah satu cara diatas.

Chamomile. Karena dapat merelaksasi otot, herba ini juga dapat merelaksasi diafragma dan menghentikan kejang yang menyebabkan cegukan. Chamomile punya efek relaksasi yang luar biasa, sehingga sangat populer digunakan dalam produk teh dan minyak esensial, rasanya juga nikmat. Coba buat secangkir teh chamomile hangat, rendam kantong teh dalam gelas setidaknya selama 5 menit, minumlah sedikit demi sedikit, cegukanmu akan sirna dan nikmati juga efek relaksasinya.

Pencet hidungmu dan lakukan gerakan menelan. Cara ini mungkin tidak segera mengatasi cegukan, tapi akan berhasil juga. Katupkan mulut dan pencet hidungmu, lakukan gerakan menelan biasa. Tahan selama mungkin sampai kamu merasa perlu menghirup napas, mungkin telingamu terasa meletup-letup. Cara ini dapat menginterupsi pola naafasmu dan juga cegukanmu.

Cara Mengatasi Cegukan Dalam Sekejap

Batuk atau bersendawa. Pilih strategi mu dengan bijak, coba hitung berapa detik jeda cegukanmu sebelum terjadi cegukan selanjutnya. Batuklah atau bersendawalah, dengan begini diafragma dan otot-otot disekitarnya mulai bekerja secara berlawanan, sehingga akan menginterupsi pola cegukanmu, ulangi sampai cegukanmu hilang.

Menelan dengan mulut terbuka. Pada awalnya memang terasa sensasi aneh, tapi kamu akan terbiasa. Duduk dalam posisi nyaman, jangan kenakan pakaian ketat yang bisa membatasi diafragma. Buka mulutmu lebar-lebar, saat kamu ingin menelan lakukanlah dengan mulut tetap terbuka, beberapa kali cegukan bisa saja masih terjadi. Ulangi gerakan ini setiap beberapa detik, cegukanpun akan segera hilang.

Takut-takuti cegukanmu. Kamu tidak bisa tahu kapan cegukan mu akan terjadi, saat kamu terkejut dan terlonjak adrenalin yang terlepas serta tubuh yang menjadi tegang mempengaruhi diafragma, sehingga juga mempengaruhi pola pernapasanmu. Saat terkesiap, kamu mengambil nafas secara tiba-tiba, pola pernapasanmu juga akan terganggu, akhirnya pola cegukanmu juga akan terganggu.

Menelan tiga kali. Coba perhatikan berapa lama jeda cegukanmu. Setelah kamu siap, cobalah menelan 3 kali saat jeda cegukan. Gerakan ini memerlukan berbagai kontrol otot di tenggorokan dan perut. Awalnya memang sulit dilakukan, tapi cara ini akan berhasil. Kontrol otot yang diperlukan dalam latihan kecil ini dapat mengembalikan fungsi diafragma.

Mandi air hangat. Cobalah mandi air hangat, panas dapat merelaksasi otot termasuk otot diafragma. Tambahkan garam mandi pada air mandi serta beberapa tetes minyak esensial untuk memicu pernapasan yang dalam dan melegakan.

Hirup minyak esensial. Masih terkait dengan minyak esensial, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau lavender ke difusermu kemudian tarik napas dalam-dalam. Bisa juga menggunakan kemenyan kalau kamu suka, aromanya akan memberikan efek menenangkan dan melemaskan otot diafragma serta membuat pola pernapasan normal kembali.

Cara Mengatasi Cegukan Dalam Sekejap

Susu hangat. Harus diakui susu hangat memiliki efek menenangkan yang sama hebatnya dengan minyak esensial, itulah sebabnya susu diasosiasikan dapat membuat anak-anak tidur nyenyak. Susu juga mengandung magnesium yang dikenal dapat melemaskan jaringan otot, minuman hangat ini akan melemaskan otot diafragma serta organ tubuh lain, sehingga cegukan pun akan reda.

Berdiri dengan kepala. Kalau kamu bisa dan hanya kalau kamu terlatih berdiri dengan kepala akan membalikkan diafragma sehingga mengusir kejang, gerakan ini juga merupakan pengalihan yang bagus karena akan mengubah pola napas yang juga baik untuk menginterupsi pola cegukan, tapi sebaiknya jangan lakukan ini di tempat umum,

Julurkan lidahmu kuat-kuat. Inilah metode non publik lainnya, menjulurkan lidah kuat-kuat akan mengaktifkan saraf yang terhubung ke diafragma. Stimulasi saraf ini akan mengendalikan kejang pada diafragma sehingga meredakan cegukan, kalau cukup beruntung kamu bisa mencari seseorang yang juga sedang cegukan, lalu kalian berdua bisa berkompetisi :D.

Baca Juga : Tips Tidur Cepat, Nyenyak, dan Berkualitas: Konsumsi 5 Minuman Ini

Alihkan perhatianmu. Mungkin cara ini bukan yang tercepat, tapi bisa berhasil juga. Semakin sering kamu memikirkannya akan semakin parah dan semakin lama cegukanmu. Cobalah membaca buku, menonton acara kesukaanmu, bermain video game, dan tahu-tahu beberapa jam telah berlalu. Kamupun tersadar cegukanmu telah lenyap. Cara-cara ini bertujuan untuk menenangkan dan menempatkanmu kedalam mode bahagia, saat kamu melakukan aktivitas yang kamu sukai, diafragma akan melemah sehingga menghentikan kejang.

Sambal pedas. Mengonsumsi banyak makanan pedas memang dapat menyebabkan cegukan, tapi menelan beberapa tetes sambal pedas akan mengalihkan tubuh dari cegukan. Meskipun menyebabkan sensasi yang kurang nyaman, rasa pedas akan mengubah pola bernafasmu. Tubuhmu akan melakukan pengendalian suhu secara aktif, cegukan lenyap seketika.

Demikian beberapa cara mengatasi cegukan dengan cepat, silahkan pilih cara mengatasi cegukan yang paling ampuh dan bisa menghilangkan cegukanmu dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close