Skip to main content

Ciri ciri Hp Disadap dan Cara Mencegahnya

Ciri ciri Hp Disadap dan Cara Mencegahnya - Apakah kamu merasa bahwa hp kamu telah di sadap? bagaimana cara mengetahuinya? Ponsel membuat hidup kita lebih mudah, terhubung, dan menarik, tapi juga datang dengan banyak masalah dan di antara masalah utama adalah gangguan pada kehidupan pribadi kita, dalam hal ini adalah penyadapan ponsel. Bagaimana mereka melakukannya? dan yang paling penting apa yang harus kamu lakukan untuk melindungi ponselmu?

Pada era digital saat ini bukanlah perkara sulit untuk melakukan penyadapan handphone, berbagai cara mudah dan bisa dilakukan oleh orang-orang awam sekalipun, hanya dengan modal software penyadap yang beredar dan mudah digunakan tanpa diketahui oleh korban penyadapan.

Baca Juga : Fitur-fitur Tersembunyi di Ponsel Android

Ada 2 jenis penyadapan yang biasa dilakukan seeorang atau sebuah institusi pemerintahan, yang pertama adalah penyadapan yang dilakukan menggunakan alat khusus berteknologi canggih, dan biasanya cara ini hanya dilakukan oleh pemerintah atau aparat berwenang.

Kemudian jenis yang kedua adalah penyadapan yang dilakukan dengan menanamkan sebuah aplikasi ke HP si korban. Penyadapan yang kedua ini mungkin digolongkan termasuk dalam penyadapan kelas teri.

Yang harus kita waspadai dan harus dilakukan pemeriksaan di HP adalah jenis penyadapan kedua yaitu penyadapan yang dilakukan dengan menanamkan aplikasi tanpa sepengetahuan kita.

Ciri ciri Hp Disadap

Jadi sobat Montirbox, penting bagi sobat agar tidak menjadi korban penyadapan dengan cara mengikuti tutorial pada artikel ini. Kita akan melakukan cara pengecekan apakah handphone sobat sudah menjadi korban penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Berikut ini adalah bagaimana cara mengetahui handphone yang sudah disadap.

Ciri ciri Hp Disadap


1. Hp Panas Saat Tidak Dipakai

Jika HP sedang tidak digunakan atau dalam keadaan standby tiba-tiba terasa panas ini perlu dicurigai, karena cara kerja dari sistem penyadapan dengan menggunakan aplikasi ini adalah mengirimkan semua informasi dan data dari HP korban dengan menggunakan koneksi internet, walaupun HP yang disadap tersebut sedang tidak digunakan namun aplikasi tersebut akan tetap bekerja selama HP kita terkoneksi ke internet.

2. Adanya Notifikasi Mencurigakan

Buka aplikasi panggilan telepon di hp android kamu, lalu ketikan kode *#21#, kode ini bisa memberitahukan apakah hp kita aman atau sudah disadap. Permintaan kita untuk pengecekan sudah ditampilkan di layar, disitu kamu bisa melihat data-data tentang 'Pemindahan Panggilan Tanpa Syarat'.

Sebagai contoh adalah suara, bagian atas pada gambar dibagian suara 'tidak diteruskan', maksudnya adalah panggilan telepon 'tidak diteruskan' yang artinya di sini tidak ada penyadapan. Jika di telepon kamu tulisannya berubah menjadi 'diteruskan', itu artinya handphone kemungkinan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tanpa diketahui.

Ciri ciri Hp Disadap

Apabila handphone kamu terindikasi telah disadap dengan indikator ada kata-kata 'diteruskan' pada pemeriksaan diatas, maka kamu wajib menghentikannya. Bagaimana cara menghentikannya?

Ketikkan kode berikut pada panggilan telepon kamu, ##002#. Cara ini adalah untuk menghentikan atau memutuskan sambungan dari pihak ketiga yang ingin menyadap hp kamu. Selah menekan kode diatas, akan muncul notifikasi penghapusan semua pemindahan panggilan. Jadi semua perubahan yang tidak kita ketahui seperti SMS, telepon, sinkronisasi, email, dan lain sebagainya akan dihapus dan akan diputuskan sinkronisasinya dari perangkat manapun.

Ciri ciri Hp Disadap

Jadi untuk lebih mengetahui cara melindungi ponselmu dari penyadapan, kamu bisa mencari tahu bagaimana mereka melakukannya, dan siapa pelakunya.

Cara Kerja Penyadapan


1. Koneksi Nirkabel 

Peretas dapat memasang Malware tanpa sepengetahuanmu, itu dapat dengan mudah memasuki ponselmu melalui pesan MMS, internet seluler, bluetooth, atau WiFi. Menemukan wi-fi gratis yang tak dikenal? menerima file via bluetooth? atau membuka tautan dalam pesan dari pengirim asing? tidak membersihkan komputer dari virus dan menghubungkan ponselmu? atau kamu mengunduh aplikasi luar biasa dan tentunya gratis? selamat, kamu berisiko disadap.

2. Peralatan Khusus 

Ada perangkat mahal khusus untuk menyadap telepon, biasanya sistem itu terdiri dari komputer dan beberapa telepon dengan modifikasi khusus. Melalui server seluler, peretas profesional dapat terhubung ke ponselmu, peralatan seperti itu mahal dan sulit didapat tapi itu lebih sering digunakan daripada yang kamu pikirkan.

Ini cara kerjanya, misalnya seseorang menelepon ibunya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, seorang peretas di luar sana menghalangi sinyal panggilannya dan meneruskannya ke peralatannya. Peretas kini terhubung dan tahu bahwa ibu seseorang tersebut akan merayakannya di restoran.

3. Peralatan Super Mahal 

Ada stasiun penyadap khusus yang dapat dikendalikan oleh operator profesional dengan pendidikan khusus dan pengalaman tinggi. Stasiun semacam itu bisa berbiaya ratusan juta rupiah dan tidak semuanya legal, Anda ingat adegan film saat tokoh utama duduk di dalam mobil es krim dan menyadap obrolan langsung? ya, itu terjadi di kehidupan nyata juga.

4. Pengirim Pesan Instan 

Agar tidak ada yang bisa membaca dan mendengarkan pesanmu, pengirim pesan instan mengenkripsi percakapanmu. Untuk memecahkannya kamu butuh kode deskripsi khusus, namun di beberapa negara ada pengirim pesan instan yang tidak menggunakan enkripsi dan pesanmu tidak terlindung.

5. Kecerobohan 

Hal umum dan termudah yang membuat ponselmu berisiko adalah meninggalkannya begitu saja tanpa kata sandi atau membiarkan seseorang memainkannya. Ada aplikasi khusus yang memungkinkan untuk menyadap ponsel apapun, kamu hanya harus memasang program itu di ponsel yang ingin kamu sadap.

Ada banyak bahaya terhadap gawai, sehingga tidak mungkin melindungi dirimu dari penyadapan sepenuhnya, disini Montirbox akan memberi tahu beberapa cara efektif dan mudah yang bisa melindungi ponselmu dari penyadapan.

Cara Mencegah Hp Disadap


1. Ubah Kata Sandi 

Cara termudah dan umum untuk melindungi hp mu dari penyadapan adalah ubah kata sandi gawaimu secara rutin. Siapapun bisa melihat kata sandimu atau mungkin kamu memasukkannya ke situs yang tidak aman, jadi cobalah untuk mengubahnya setidaknya sebulan sekali. Jangan gunakan kata sandi mudah, khususnya jangan pakai tanggal lahirmu.

Banyak situs dan aplikasi mengirimkan peringatan ke surel mu jika seseorang mencoba masuk ke akunmu, dalam hal ini kata sandi harus segera diubah.

2. Kode SMS 

Saat memasukkan data pribadi ke situs web, jangan hanya gunakan kata sandi tapi gunakan juga kode SMS. Peretas tidak akan bisa masuk ke profilmu jika mereka tahu kata sandi dan tidak memiliki kode SMS.

3. Bluetooth 

Jangan biarkan bluetooth menyala jika kamu tidak menggunakannya, peretas dapat terhubung tanpa sepengetahuanmu. Terlebih lagi janga pernah menerima file aneh yang masuk.

4. Wi-Fi

Jangan terhubung ke jaringan yang tidak dikenal, yang paling aman adalah menggunakan modem wi-fi pribadi.

5. Aplikasi Palsu 

Aplikasi keren ini tahu siapa yang mengunjungi profil mu, dengan program ini kamu bisa membaca percakapan orang lain, apakah kamu pernah melihatnya di internet? jangan unduh!. Kenapa? pertama karena membaca pesan orang lain tidak sopan, dan kedua saat kamu mengunduh program seperti ini kamu berisiko disadap.

Seberapa sering kamu mengklik 'terima persyaratan', atau 'izinkan akses di ponselmu'. Penyerang berharap orang tidak memperhatikan hal-hal seperti itu, lebih baik tidak mengunduh program dari pengembang yang tidak terpercaya. Untungnya ada program khusus yang menunjukkan aplikasi mana di ponselmu yang menggunakan akses ke kamera, perekam suara, GPS, pesan, dan data lainnya.

Segera hapus aplikasi semacam itu jika kamu tidak mempercayainya, juga dalam pengaturan ponsel kamu dapat membatasi program apapun untuk mengakses data mu.

Baca Juga : Antivirus Terbaik Untuk Laptop dan Android

6. Pengunci Aplikasi 

Seperti yang Montirbox paparkan diatas, jangan berikan ponsel ke tangan yang salah. Misalkan kamu meminjam ponsel kepada teman untuk bermain game, kamu tidak ingin terlihat paranoid tapi kamu juga tidak ingin memberikan ponselnya. Untuk kasus ini ada program yang mengunci dan menetapkan kata sandi khusus untuk file yang ingin kamu sembunyikan.

7. Aplikasi Full Protect

Ada juga aplikasi yang sepenuhnya melindungi ponselmu, aplikasi semacam itu memblokir koneksi ke jaringan dan saluran komunikasi yang mencurigakan, memberitahumu jika ada aktivitas aneh di ponselmu dan mengenkripsi percakapanmu.

8. Jenis Koneksi Lain 

Sebagian besar ponsel menggunakan protokol komunikasi GSM untuk menelpon, sayangnya standar ini dapat diretas oleh seseorang yang memiliki keterampilan itu, kamu dapat mengubahnya terkoneksi yang lebih aman, misalnya ke CDMA. Ada ponsel khusus yang mendukung metode komunikasi ini, memang itu tidak sekeren gawai modern dan jauh lebih mahal. Tapi banyak orang penting, tokoh terkenal, dan pelaku bisnis menggunakan telepon yang memiliki layanan komunikasi terenkripsi sendiri.

9. Komputer 

Jangan hubungkan ponsel ke komputer jika kamu tidak yakin komputermu bersih dari virus, ini tidak hanya berlaku untuk milik orang lain tapi juga milikmu. Bersihkan dan perbarui perangkat lunak pengaman secara teratur, dan agar tidak ada yang mendapatkan akses ke riwayat peramban mu gunakan proxy. Internet penuh dengan program murah, dengan server semacam itu percayalah mode penyamaran tidak melindungimu.

10. Perbaharui Perangkat Lunak 

Begitu banyak orang tidak suka memperbarui perangkat lunak pada ponsel mereka karena berbagai alasan, peretas terus berusaha mencari celah untuk meretas ponselmu, tapi untungnya pengembang segera merespon hal ini dengan merilis pembaruan berisi perlindungan yang ditingkatkan.

Untungnya seringkali prestasi yang baik membantu pengembang mencari celah peretas itu, merekaks sengaja meretas sistem dan bukan untuk tujuan yang buruk, tapi melaporkan kelemahannya kepada pengembang, mereka dibayar mahal untuk itu.

11. Jangan Bicarakan Hal-hal Penting 

Sayangnya ada penyadapan yang tidak bisa dihindari, bahkan jika kamu membuang kartu SIM atau mengganti ponsel. Jika kamu mencurigai ponselmu sedang disadap, cobalah untuk tidak membahas informasi penting melalui ponsel, lebih baik langsung bertemu.

Baiklah sobat Montirbox, demikian tadi artikel tentang ciri ciri hp disadap dan bagaimana cara kita untuk menangkal serta mencegahnya. Semoga informasi ini bisa berguna.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close