Skip to main content

Micro SD Terbaik Untuk Android, Kamera, Drone, dan Konsol Game

Micro SD Terbaik Untuk Android, Kamera, Drone, dan Konsol Game - Perangkat modern mulai dari kamera digital hingga ke ponsel cerdas, tablet, pemutar musik, laptop, dan bahkan Nintendo Switch yang Anda miliki tentu memerlukan sebuah ruang penyimpanan.

Jika penyimpanan terintegrasi perangkat yang Anda punya tidak memadai untuk menyimpan semua file media seperti foto, video, game, musik, dan lainnya, Anda mungkin perlu untuk memperluas penyimpanan slot micro SD yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk alasan ini, produsen sekarang memproduksi kartu micro SD dengan kapasitas penyimpanan lebih besar dan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Jika Anda berada di toko untuk membeli sebuah kartu micro SD terbaik untuk perangkat Anda, Anda akan menemukan banyak sekali type micro sd yang tersedia, mulai dari segi ukuran, kapasitas, kelas kecepatan, dan bahkan merek yang perlu Anda dipertimbangkan.

Dalam panduan ini, Montirbox akan membagikan semua yang perlu Anda ingat saat memilih kartu microSD yang tepat untuk perangkat Anda, beberapa kesalahan umum yang harus dihindari, dan beberapa pilihan untuk kartu micro SD terbaik.

Fitur Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kartu Micro SD


Kartu micro SD yang berbeda memiliki jumlah penyimpanan yang berbeda pula, tetapi kapasitas kartu micro SD akan tergantung pada seberapa banyak yang Anda butuhkan dan untuk apa Anda memerlukannya berdasarkan perangkat Anda. Kartu berkapasitas lebih kecil cenderung terisi dengan cepat dibandingkan dengan kartu berkapasitas lebih besar, tetapi Anda perlu memeriksa ukuran maksimum yang dapat didukung perangkat Anda sebelum kehabisan dan membeli yang berkapasitas lebih tinggi.

Kecepatan

Selain penyimpanan, Anda menginginkan kartu micro SD yang akan membaca dan menulis data dengan cepat, terutama jika Anda menonton film, menyalin data, memuat level permainan, atau merekam video. Memeriksa kecepatan kerja micro SD akan memberi tahu Anda seberapa cepat volume besar data dapat dibaca dari kartu jika Anda merekam video dan foto resolusi tinggi, atau menyalin file media ke dalamnya.

Kartu micro SD juga diharapkan harus cepat membaca dan menulis data yang berada di lokasi acak, itulah sebabnya kecepatan acak sangat penting, terutama jika Anda menggunakannya untuk menjalankan sistem operasi, aplikasi atau program, dan memuat game.

Baca Juga : 19 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja hp Lelet Menjadi Ngebut

Speed Rating/Class

Sistem peringkat kecepatan kartu juga penting untuk dipertimbangkan ketika memilih kartu micro SD terbaik, karena berkaitan dengan kinerja kecepatan transfernya. Kecuali jika perangkat Anda hanya memiliki kelas kecepatan rendah (diukur dalam MB per detik) seperti kelas 2, 4 atau 6. Cari kartu micro SD yang memiliki peringkat paling tidak Kelas 10, U1 atau U3, karena dapat menulis setidaknya 10MB per detik dan lebih tinggi secara berurutan data.

Ada kartu micro SD yang lebih cepat dengan nilai V60 atau V90 (kelas kecepatan video), tetapi ini lebih mahal dan membutuhkan standar kecepatan bus UHS yang lebih tinggi, dan lebih jarang yang dapat mengirim ulang data di kedua arah dengan kecepatan yang lebih cepat.

UHS Bus Speed (Kecepatan Bus UHS)

Kecepatan Bus ultra-tinggi (UHS) adalah ukuran bagaimana data ditransfer antara pin pada kartu microSD dan konektor perangkat Anda. Ada tiga versi: UHS I, yang memindahkan data hingga 104 MB per detik, sementara UHS II dan UHS III masing-masing memindahkan data hingga 312 MB per detik dan 624 MB per detik.

SDHC Dan SDXC

Kartu MicroSD dapat berupa Secure Digital High Capacity (SDHC) atau Secure Digital Extended Capacity (SDXC), yang berbeda dalam kapasitas penyimpanan. SDHC adalah kartu microSD berkapasitas rendah yang memiliki 4 GB hingga 32 GB, sementara SDXC menawarkan kapasitas yang lebih tinggi dari 64 GB hingga 2 TB. Banyak perangkat terutama ponsel bekerja dengan kartu microSD SDXC, tetapi lebih sedikit perangkat seperti konsol seluler yang dapat menerima kartu micro SD SDHC saja.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan termasuk garansi kartu. Beberapa produsen menawarkan garansi lebih pendek, sementara yang lain menawarkan garansi terbatas 10 tahun atau seumur hidup. Selain itu, periksa apakah kartu micro SD yang Anda pertimbangkan berasal dari merek atau penjual terkemuka seperti Sandisk, Samsung, Kingston, Lexar, Transcend, dan sebagainya, untuk menghindari pembelian kartu micro SD yang palsu.

Ada juga produsen kartu micro SD mengklaim kartu mereka tahan air, tahan goncangan, tahan sinar-x, dan bekerja pada suhu ekstrem. Beberapa pabrikan mencantumkan peringkat kecepatan dan kecepatan bus UHS pada kartu mereka, itulah sebabnya Montirbox telah memisahkan kedua kategori sehingga Anda tahu apa yang harus dicari ketika memilih kartu microSD terbaik untuk kasus Anda.

Kesalahan Ketika Membeli Kartu MicroSD

Dengan mengetahui apa yang harus dicari ketika akan membeli kartu microSD, dapat membantu Anda menghindari beberapa kesalahan umum yang bisa menghabiskan uang Anda. Alih-alih mendapatkan kartu micro SD terbaik, Anda juga mungkin mendapat micro SD dengan kinerja yang buruk pada kartu micro SD yang Anda beli, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat membeli kartu micro SD adalah:

1. Membeli dari penjual pihak ketiga di situs marketplace besar

Penjual ini mungkin tidak memiliki reputasi baik (meski tidak semua), meskipun mereka menjual melalui pengecer besar, beli langsung dari penjual yang memiliki reputasi baik, seperti produsen merek jika memungkinkan. Jika Anda membeli di Amazon, cari "Ships from and sold by Amazon.com" dan pilih kemasan yang asli.

Selalu gunakan kartu micro SD merek besar karena lebih dapat diandalkan, dan menawarkan kinerja, garansi, perlindungan yang lebih baik terhadap air, goncangan, suhu ekstrem, dan sinar-x. Beberapa juga menawarkan akses ke perangkat lunak pemulihan gambar sebagai fitur standar.

2. Tidak memeriksa kompatibilitas perangkat

Kartu MicroSD tidak semuanya dibuat sama, ada beberapa yang kompatibel dan cocok untuk perangkat tertentu, sementara yang lain tidak. Kompatibilitas perangkat akan memastikan Anda mendapatkan kartu yang cocok dan akan berfungsi dengan perangkat Anda. Misalnya, beberapa dirancang untuk Raspberry sementara yang lain cocok untuk gadget berbasis Android, Nintendo Switch, dan sebagainya. Periksa slot kartu microSD sebelum Anda membeli, atau beli kartu microSD dengan adaptor jika perangkat Anda memiliki slot kartu SD ukuran penuh.

3. Memilih kartu yang salah untuk kebutuhan Anda.

Kartu MicroSD dirancang secara berbeda sehingga Anda harus memilih yang cocok dengan tujuan penggunaannya. Periksa kapasitas dan peringkat kecepatan (speed class) sehingga Anda mendapatkan penyimpanan yang memadai dan kecepatan cepat tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, merekam video menggunakan kamera digital atau menyimpan aplikasi dan file media pada ponsel memerlukan kartu microSD yang berbeda.

Merk Micro SD Terbaik di tahun 2020


1. Micro SD merk Samsung EVO Plus

Micro SD Terbaik Samsung

Kartu microSDXC Samsung Evo Plus menawarkan kapasitas penyimpanan 128 GB, yang mendukung kecepatan baca dan tulis masing-masing hingga 100 MB per detik dan 90 MB per detik. Anda dapat menyimpan video 4K dan FHD, ribuan foto atau file musik dan audio, dan menggunakannya di beberapa perangkat.

Micro SD berperingkat 10 dengan kompatibilitas UHS 3 ini juga tahan air, suhu, x-ray, dan magnet, serta dilengkapi dengan garansi terbatas 10 tahun dan adaptor kartu SD. Evo Plus juga menawarkan salah satu kartu micro SD kapasitas terbesar di pasaran dengan 512 GB besar, yang dapat menampung hingga 78 jam video, lebih dari 75.000 MP3 atau lebih dari 150.000 foto.

2. Micro SD merk SanDisk 64GB Ultra MicroSDXC

Micro SD Terbaik SanDisk

SanDisk adalah merek terkenal dan populer lainnya yang menawarkan kartu micro SD dalam kapasitas hemat biaya, dengan kecepatan dan kinerja yang baik. Kartu micro SD ini diberi peringkat UHS I. Anda dapat mengambil, menyimpan, dan mentransfer data dengan cepat berkat kecepatan baca dan tulisnya yang cepat hingga 100 MB per detik (masing-masing mentransfer hingga 1200 foto dalam satu menit) dan 60 MB per detik.

Selain itu, Anda dapat menghemat pengeluaran uang jika Anda tidak memerlukan kartu microSD 128 GB yang lebih besar, dan tetap menikmati menggunakannya pada ponsel cerdas, tablet, atau kamera MIL Anda. Micro SD merk ini memiliki peringkat kecepatan class 10, ideal untuk perekaman dan pemutaran video Full HD, aplikasi zona memori untuk manajemen file yang mudah, dan dapat beroperasi dalam suhu hingga 85 derajat Celcius. SanDisk 64GB Ultra MicroSDXC dinilai A1 untuk kinerja aplikasi yang lebih cepat, dan dilengkapi dengan adaptor dan garansi pabrik terbatas 10 tahun.

3. Micro SD merk Lexar Professional 1800x

Micro SD Terbaik Lexar

Ini adalah salah satu kartu micro SD tercepat di pasaran. Micro SD ini dirancang untuk fotografi dan video digital karena pengambilan gambar berkualitas tinggi berkecepatan tinggi dan panjang video 4K, 3D, dan FHD yang panjang.

Memiliki performa berkecepatan tinggi dan memanfaatkan teknologi UHS III untuk kecepatan baca dan tulis masing-masing hingga 270 MB per detik (1800x) dan 250 MB per detik. Micro SD merk Lexar Professional 1800x ini bekerja dengan baik untuk fotografer atau videografer yang menggunakan alat perekam pribadi atau profesional.

Micro SD ini dilengkapi dengan adaptor SD untuk transfer yang mudah antar perangkat, sehingga Anda dapat menghemat waktu tanpa bantuan dari perangkat lain, seperti komputer atau laptop.

Bagaimana sobat Montirbox, mudah-mudahan Anda sekarang tahu apa yang harus dicari ketika membeli kartu micro SD terbaik yang sesuai dengan Anda, dan beberapa perangkap umum yang harus dihindari sebelum melakukan pembelian. Apakah merk micro SD terbaik menurut Anda?.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close