--> Skip to main content

19 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja hp Lelet Menjadi Ngebut

Cara Mempercepat Kinerja hp - Apakah kamu pernah mengalami kinerja hp menjadi semakin menurun? ingin membuka aplikasi atau game respon ponsel sangat lambat dan perlu mikir dulu? tentu saja ini merupakan suatu pertanda ada yang tidak beres dengan ponsel kamu, kamu tersadar ponselmu tak secepat biasanya. Tapi sebelum buru-buru mau beli ponsel baru, cobalah tips cara mempercepat kinerja hp dibawah ini untuk membuat sahabat digitalmu kembali mengebut:

Cara Mempercepat Kinerja hp


1. Gunakan versi aplikasi lebih ringan 

Aplikasi populer seperti Facebook dan YouTube punya versi Lite yang kelengkapan fiturnya sama dengan aplikasi reguler, versi ini dirancang untuk ponsel jadul dan pengguna yang ingin serba simple. Beralih ke versi ini akan memperbaiki kinerja ponsel, bonusnya kuotamu menjadi lebih irit.

2. Hapus aplikasi bawaan 

Aplikasi yang sudah terinstal sejak awal di ponsel baru dan memakan memori disebut aplikasi bawaan, aplikasi ini bisa memperlambat ponselmu, jika tidak dipakai sebaiknya kamu matikan atau hapus saja. Namun sayangnya tidak semua aplikasi pabrikan bisa dihapus.

3. Coba Launcher berbeda 

Launcher memudahkanmu mengatur antarmuka ponselmu sesuai selera, tapi beberapa ponsel Android punya Launcher bawaan yang ribet dan akhirnya membuat antarmuka menjadi rumit. Kalau begini kamu bisa menginstal launcher non bawaan, cara ini bisa mempercepat kinerja hp, namun untuk menemukan yang pas akan memakan waktu lama, tapi kalau sudah ketemu manfaat Launcher yang ringan itu akan sangat terasa.

Cara Mempercepat Kinerja hp

4. Gunakan memori internal untuk aplikasi 

Kamu mungkin berpikir menyimpan mayoritas aplikasi di kartu SD adalah ide yang bagus karena memori internal menjadi kosong, tapi nyatanya kecepatan memori internal jauh melebihi kartu SD, meski ruang penyimpanan ponsel menjadi terbatas. Jika memori internal mu tak cukup lagi, pindahkan aplikasi yang jarang kamu pakai ke kartu SD.

5. Tidak memasang efek visual berlebih 

cara mempercepat kinerja hp berikutnya adalah dengan tidak memasang efek visual yang berlebihan. Wallpaper bergerak dan mencolok memang keren dan banyak widget di halaman muka memang terasa memudahkan, tapi ponselmu justru mendapat beban ekstra dan performanya terhambat, gantilah dengan gambar simple dan hapus widget yang terupdate otomatis.

Baca Juga : 16 Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

6. Simpan semua data di Cloud 

Kamu ingat bahwa memori internal cuma untuk aplikasi bukan? data lain seperti foto selfie, foto kucingmu yang sedang rebahan, dokumen penting dan musik unduhan, sebaiknya disimpan saja di Cloud. Ponselmu bukan cuma akan lebih ringan tapi data mu juga menjadi bisa diakses dari berbagai perangkat, dan ruang penyimpanan internal menjadi lebih lega.

7. Perbarui aplikasi hanya lewat wi-fi 

Banyak aplikasi harus memperbarui data di latar belakang agar selalu menampilkan informasi baru, atau melakukan hal lain seperti mengunggah file, foto, video dan lainnya. Mematikan data latar bisa mempercepat ponsel mu, selain itu memblokir akses aplikasi ke jaringan seluler untuk memperbarui akan menghemat banyak kuotamu. Jadi masuk ke Aplikasi, Setelan, kemudian pembaruan otomatis, dan pilih pembaruan otomatis hanya lewat wi-fi.

8. Format kartu SD 

Cara mempercepat kinerja hp selanjutnya dengan memformat SD Card. Jika aplikasi ponselmu sering mati pasti menyebalkan sekali kalau ini terjadi saat sedang main game, terkadang penyebabnya adalah kartu SD yang rusak. Itu sebabnya memformat kartu SD bisa mendorong performa ponsel, memformat juga akan menghapus file sampah dari sistem Android dan aplikasi lain.

9. Menghapus cache 

Aplikasi yang jarang dipakai tapi tersimpan di ponsel, seperti aplikasi untuk memesan tiket pesawat atau makanan tetap memakan banyak ruang saat dipakai. Sering-seringlah menghapus data cache nya agar ponsel dan aplikasinya bekerja mulus, data lama bisa membuat kinerja keduanya melambat dan mati mendadak. Tapi ingat, menghapus cache aplikasi artinya menghapus setelan yang disimpan aplikasi.

10. Hapus aplikasi pemakan daya 

Terkadang satu aplikasi berkualitas buruk saja bisa menjadi masalah, karena terus menguras daya ponsel dan bahkan menjadi penyebab ponsel mati tiba-tiba. Memeriksa pemakaian baterai ponsel bisa membantu mencari aplikasi yang berkualitas buruk itu, carilah alternatif aplikasi yang lebih baik demi kesehatan ponselmu.

Baca Juga : 16 Cara Agar Baterai Hp Awet Sepanjang Hari

11. Matikan fitur layar ambient 

Layar ambient adalah fitur bagus jika kamu ingin melihat sekilas isi notifikasi tanpa membuka ponsel. Tapi mungkin kamu sadar fitur ini menguras baterai lebih cepat, apapun yang menguras baterai pada akhirnya akan mempengaruhi daya prosesor ponsel. Jadi matikan fitur layar ambient agar sahabat digitalmu bisa bertahan lama.

12. Matikan fitur animasi 

Saat ponselmu masih baru fitur animasi membuat transisi dan interaksi dengan sistem operasi ponsel mudah dan mulus, namun setelah beberapa lama animasi pun tidak maksimal lagi. Jika animasi makin melambat matikan saja agar dapat menghemat daya processor dan membuat ponsel lebih cepat, ini merupakan salah satu cara mempercepat kinerja hp kamu.

13. Optimalkan Chrome

Banyak pengguna ponsel menjelajah internet menggunakan browser ini, tapi tidak tahu cara mengoptimalkan nya. Caranya buka laman utama Chrome, ketuk tombol di pojok kanan atas untuk melihat daftar menu, dan masuk ke setelan. Lalu pilih penyimpanan data dan nyalakan tombolnya, sekarang kamu bisa menjelajah lebih cepat dan menghemat kuota.

14. Matikan fitur notifikasi 

Mungkin notifikasi dari beberapa aplikasi sangat penting, tapi notifikasi untuk memberi penilaian restoran yang kemarin dikunjungi tidak terlalu penting bukan? sayangnya banyak aplikasi yang baru diunduh berpikir itu penting. Atur setelan dan matikan notifikasi tidak penting, kalau tidak aplikasi akan terus mengecek apakah ada hal baru untuk ditampilkan di layar dan memakan daya baterai.

15. Matikan aplikasi yang tidak perlu 

Cara mempercepat kinerja hp lainnya yaitu dengan mematikan aplikasi yang tidak perlu. Maksudnya aplikasi yang tidak perlu mencari lokasi mu tapi tetap melakukannya. Bluetooth yang selalu menyala pada kebanyakan ponsel dan wi-fi yang menyala saat tidak digunakan, semua fitur ini membuat ponsel bekerja lebih keras karena selalu mencari koneksi baru saat bluetooth atau WiFi menyala, dan terhubung dengan satelit untuk memastikan lokasimu. kamu bisa mengendalikan fitur seperti ini di menu pengaturan cepat.

16. Hindari suhu ekstrim 

Sama seperti kamu ponsel pun tidak menyukai suhu ekstrim, ponsel bekerja dengan baik karena berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam baterai nya. Suhu yang sangat rendah akan mengganggu proses ini, karena ponsel menghasilkan panas juga maka pada suhu panas ekstrim performa ponsel akan melambat untuk menghindari panas berlebih. Itulah sebabnya kamu tidak boleh meletakkan ponsel di bawah bantal semalaman terutama saat sedang di-charge.

17. Pastikan sistem dan aplikasi diperbarui 

Biasanya pembaruan sistem operasi mencakup perbaikan bug dan pengoptimalan yang meningkatkan stabilitas keseluruhan, hal itu membuat performa ponsel lebih baik, ini berlaku juga pada berbagai aplikasi, pembaruan melancarkan kerja aplikasi.

18. Hapus aplikasi yang tidak digunakan 

Ini merupakan salah satu cara mempercepat kinerja hp mu. Kamu pasti sudah sering mendengar ini, tapi Montirbox yakin masih ada satu atau dua aplikasi yang sudah lama tidak kamu buka. Aplikasi didalam ponselmu selalu bekerja dan terhubung dengan internet, ini membebani kerja perangkat kerasnya.

19. Atur ulang ponselmu 

Kalau yang Montirbox tuliskan tadi tidak bisa membantu, sementara ponselmu melambat sehingga tidak mampu mengoperasikan fungsi dasar, maka tidak ada pilihan lain, saatnya melakukan upaya terakhir, factory reset. Ini akan mengatur ulang setelan perangkat dan menghapus semua data seperti foto, video, aplikasi, Cache dan sebagainya. Jadi jangan lupa membuat backup semua data sebelum mulai mengatur ulang.

Semoga artikel tentang cara mempercepat kinerja hp diatas tadi bisa membantumu dalam mengatasi kinerja ponsel kamu yang melambat. Selamat mencoba.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close