Skip to main content


10 Aplikasi Jual Foto Terbaik di Android dan iOS

10 Aplikasi Jual Foto di Android dan iOS - Apakah anda ingin menjual koleksi foto simpanan Anda? Kalau benar maka anda beruntung sekali, karena saat ini Anda dapat dengan mudah menambah uang saku dengan menjual foto-foto tersebut langsung di internet, khususnya di aplikasi android yang dapat menghasilkan uang dari menjual foto.

Untuk menghasilkan uang dengan menjual foto di aplikasi android, Anda tidak perlu menjadi seorang fotografer profesional dan membeli kamera yang mahal, yang anda butuhkan cuma hp dan sedikit selera estetika yang bagus, karena seperti kita ketahui smartphone sekarang tidak kalah canggihnya dengan kamera profesional, dan setiap orang bisa mengambil foto yang bagus hanya dengan sedikit usaha.

Oleh karena itu, daripada Anda hanya mengambil gambar sendiri dan menghabiskan memori, Anda bisa mulai menjualnya dan menambah uang jajan Anda. Mari kita lihat 10 aplikasi smartphone yang bisa menghasilkan uang dari berjualan foto berikut ini:

10 Aplikasi Jual Foto di Android dan iOS


1. Agora Image

Aplikasi Jual Foto di Android

Agora merupakan sebuah aplikasi terbaik yang Montirbox rekomendasikan. Di aplikasi Agora sendiri apabila foto Anda terjual maka semua keuntungan ada ditangan anda, karena Agora tidak mengenakan charge untuk setiap foto yang terjual. Selain itu Anda bisa menjual foto tersebut ke pelanggan yang berbeda tanpa batasan waktu.

Anda cukup mengupload foto sekali dan foto tersebut bisa terjual hingga berkali-kali, tetapi jika Anda benar-benar ingin mendapatkan uang di aplikasi ini, Anda harus mengunggah banyak foto dengan kualitas yang bagus ke dalam galeri foto anda. Anda bisa mengikuti berbagai kompetisi serta berinteraksi dengan pengguna lain dari negara lain, dan bisa belajar dari fotografer profesional yang tergabung di aplikasi ini.

Ada dua cara utama untuk menghasilkan uang aplikasi Agora Image ini, Anda bisa mengupload dan menjual foto terbaik Anda pada profil anda sendiri, atau Anda bisa ikut dalam kompetisi dalam memperoleh hadiah yang lebih besar dan mendapatkan jalan-jalan gratis.

2. Foap

Aplikasi Jual Foto di Android

Foap adalah aplikasi jual foto di Android berikutnya untuk menghasilkan uang dengan menjual foto dari hp. Untuk mulai menjual foto di aplikasi ini, Anda hanya perlu download aplikasi dan mendaftarkan akun Anda secara gratis. Harga jual untuk setiap foto berkisar 10 US dolar atau sekitar 140 ribu Rupiah, dan anda akan memperoleh bagi hasil sebanyak 50% dari Foap, jadi untuk setiap foto yang Anda jual, Anda akan mendapatkan sekitar 5 US dolar atau sekitar 70 ribu Rupiah.

Tidak berbeda dengan Agora, Anda dapat menjual foto yang sama dalam jumlah waktu yang tidak terbatas. Bisa dilihat dari website resminya, Foap memiliki kemitraan dengan merk-merk terkemuka kelas dunia seperti Nivea, Volvo, dan KraftHeinz. Jadi kemungkinan foto-foto yang laku dijual akan didistribusikan ke mitra Foap. Bukan hanya itu, Foap juga memasarkan foto-foto terbaik yang sudah di seleksi ke salah satu website data foto terbesar seperti GtImage.

3. Dreamstime

Aplikasi Jual Foto di Android

Dengan jutaan pemakai di seluruh dunia, Dreamstime merupakan salah satu aplikasi jual foto di Android penyedia stock photo terbesar yang tidak disangsikan lagi jika Anda ingin menjual foto Anda secara online. Ketika anda ingin menjual foto yang diambil melalui smartphone di aplikasi ini, Anda sebenarnya sedang meminjamkan foto anda untuk digunakan oleh orang lain atau pembeli. Namun tidak usah khawatir, Anda masih bisa memegang penuh lisensi pada semua foto Anda, selama Anda menjual foto pada aplikasi ini.

Ada beberapa jenis hak cipta yang tersedia untuk bisa anda pilih pada foto Anda, besarnya pendapatan yang di peroleh juga tergantung pada lisensi yang dipilih. Besarnya penghasilan antara 25% hingga 50% dari setiap foto yang terjual seharga 12 US Dolar atau sekitar 166 ribu Rupiah.

4. Snapwire

Aplikasi Jual Foto di Android

Aplikasi jual foto di Android berikutnya adalah Snapwire. Aplikasi Snapwire dibuat khusus untuk para pembuat konten atau creator, Snapwire menyediakan sebuah platform yang menghubungkan fotografer dengan beberapa perusahaan dan merk di penjuru dunia. Mirip dengan aplikasi Agora dan Foap, Anda bisa memperoleh uang dengan foto-foto menggunakan dua cara dibawah ini:

- Yang pertama adalah Request dan Challenges. Ini adalah bisnis dan beberapa Merk akan memposting request dengan penggambaran secara singkat apa yang mereka butuhkan, fotografer dari seluruh dunia dapat bersaing dengan mengambil foto terbaik mereka lalu mengirimkannya. Kemudian satu dari mereka akan dipilih dan akan memperoleh bayaran yang sangat besar, Anda akan mendapatkan 100 US Dollar, 250 US Dollar, bahkan 500 US Dollar hanya dengan satu jepretan foto.

- Cara yang kedua adalah dengan portofolio dan marketplace. Anda hanya cukup mengunggah foto dengan kualitas yang baik melalui hp smartphone, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu penjualan dan mendapatkan pembayaran dari bagi hasil tersebut.

Baca Juga : 11 Aplikasi Android Wajib Instal Saat Membeli Android Baru

5. Clashot (SmugMug)

Aplikasi Jual Foto di Android

Apakah Anda pernah mendengar tentang apa itu depositphotos .com? atau mungkin pernah mengunjungi situs tersebut secara tidak sengaja. Clashot merupakan sebuah marketplace global bagi fotografi, sudah sangat populer di kalangan blogger dan pebisnis untuk mendapatkan stok gambar dengan kualitas tinggi untuk postingan sebuah blog dan marketing social media dengan harga yang terjangkau.

Cara gampang dalam menjual foto Anda pada depositphotos adalah lewat aplikasi Clashot, hasil foto Anda bisa terjual dari 0,5 US Dollar sampai 80 US Dollar, dan akan mendapatkan 34% hingga 43% harga penjualan tergantung level yang Anda punya.

6. EyeEm

Aplikasi Jual Foto di Android

Aplikasi jual foto di Android selanjutnya yaitu EyeEm. Apabila Anda memiliki foto dengan kualitas tinggi pada smartphone, maka Anda bisa menjualnya dan memperoleh uang dari aplikasi EyeEm ini. Lebih dari 20 juta pengguna EyeEm menawarkan sebuah marketplace yang besar untuk para fotografer, mereka mempunyai banyak akses dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify, Apple, Canon dan lainnya.

Tidak seperti kebanyakan platform lainnya, EyeEm tidak selalu fokus di penjualan stock photography, tetapi juga bertujuan untuk membentuk komunitas global kreatif di mana anda bisa berbagi tips dan belajar dari fotografer lainnya. Pada aplikasi ini mereka juga memberikan tutorial dengan gratis dalam membantu mempertajam keahlian fotografi Anda.

Ditambah lagi Anda bisa memakai semua style yang cocok, filter, dan juga editing tool, semua itu tersedia hal gratis untuk Anda. Untuk setiap foto yang terjual sendiri Anda akan mendapatkan 50% dari harga penjualan, untuk mendapat lebih banyak penghasilan dan hadiah yang lebih baik lagi, anda dapat mengikuti turnamen atau tugas tertentu di sini, kalau Anda tertarik untuk mengasah kemampuan fotografi, berkoneksi dengan Top Talent, dan mengumpulkan dana tambahan, aplikasi EyeEm patut untuk Anda coba.

7. Stockimo

Aplikasi Jual Foto di Android

Stockimo merupakan perusahaan yang menjadi perwakilan penyedia foto terbesar di dunia, banyak dari pembelinya adalah perusahaan besar seperti majalah dan koran. Aplikasi ini juga disebut Stockimo, dan hanya tersedia pada iOS pada saat ini. Hasil foto yang menggunakan smartphone nantinya diserahkan melalui Stockimo.

Anda bisa memperoleh hadiah yang sangat besar pada aplikasi ini, besarnya bisa mencapai 500 US Dollar atau sama dengan 7 juta Rupiah untuk beberapa foto yang berhasil terjual. Berdasarkan alami, rata-rata harga penjualan untuk setiap foto yaitu 90 US Dollar, fotografer akan mendapatkan bagi hasil sekitar 20% untuk setiap foto yang terjual dan kebanyakan foto tersebut akan terjual hingga berulang kali.

8. Twenty20

Aplikasi Jual Foto di Android

Berdiri sejak tahun 2012, Twenty20 merupakan rebranding dari aplikasi Instacanv.as. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat koleksi foto sendiri dan akan dibayar 20% dari setiap penjualan. Harga jual ditetapkan oleh Twenty20 dan mereka menentukan biaya menurut ukuran foto dengan harga paling rendah sekitar 10 US Dollar.

Namun disayangkan. untuk sementara aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS, Twenty20 sendiri lalu bekerja sama dengan Envanto Element yang memiliki basis pelanggan yang cukup besar sehingga memungkinkan penjualan Anda bisa lebih banyak lagi.

9. Fotolia Instant (Adobe Stock)

Aplikasi Jual Foto di Android

Hampir mirip dengan aplikasi Alamy, Fotolia Instant merupakan perusahaan penyedia stock photo. Untuk dapat mengunggah foto ke situs Fotolia Instant tersebut, mereka telah membuat aplikasi yang memudahkan user nya dalam mendownload dan menguunggah foto yang bernama Fotolia Instant ini. Aplikasi ini memberikan proses penguupload an foto yang cepat serta antar muka yang mudah di pahami. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android.

Pola pembayaran pada aplikasi Fotolia Instant ini agak sedikit rumit, Anda dapat memperoleh penghasilan berkisar 20% hingga 60%, hal tersebut tergantung dari rangking dan kesepakatan eksklusif foto Anda.

10. MiPic

Aplikasi Jual Foto di Android 

MiPic pada dasarnya adalah sebuah platform percetakan yang memungkinkan fotografer dalam menjadikan foto mereka menjadi uang dengan mencetaknya di produk, Anda tidak perlu khawatir mengenai pengiriman dan pembuatan, sebab semua akan ditangani oleh mereka. Anda dapat memilih produk apa saja yang ingin Anda jual dan mempromosikannya ke teman dan followers Anda di Medsos.

Anda bisa mendapatkan hingga 20% komisi di setiap produk yang Anda jual. Namun perlu diingat, sebuah foto dapat dicetak pada berbagai produk dengan harga yang berbeda-beda, sehingga agak sulit untuk memperhitungkan berapa banyak uang yang anda dapatkan dari setiap penjualan, tetapi semakin banyak foto yang ada jual makin banyak pula pendapatan yang bisa Anda hasilkan.

Itulah 10 aplikasi jual foto di Android menghasilkan uang bermodalkan kamera smartphone, artikel ini mungkin bisa menjadi inspirasi dan awal buat Anda yang mungkin ingin terjun di dunia fotografi tetapi belum memiliki kamera yang profesional. Diperkirakan penggunaan smartphone di dunia fotografi akan meningkat di masa yang akan datang, terlebih lagi semakin meningkatnya kualitas kamera smartphone yang semakin hari semakin canggih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close