--> Skip to main content

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet - Menggunakan smartphone atau komputer yang kalian miliki tanpa menggunakan jaringan internet pasti akan terasa aneh, banyak dari kita memakai kedua device tersebut karena ingin berselancar di internet, sosial media, ataupun bermain game online yang tersedia.

Banyak orang yang suka jengkel juga apabila koneksi internet tersebut lemot banget, tapi tenang aja Sobat Montirbox, kali ini Montirbox akan memberikan tips bagaimana cara mempercepat koneksi internet yang kamu miliki baik di smartphone maupun PC yang kamu gunakan.

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet

1. Berpindah lokasi

Hal ini yang pertama yang bisa kalian coba, kekuatan sebuah sinyal dipengaruhi oleh banyak hal seperti letak geografis, cuaca, bangunan, dan juga pengguna dari sinyal jaringan tersebut. Kalian pasti pernah mengalami problem jaringan lemot, ketika berada di daerah terpencil, sedang hujan deras, atau daerah di kerumunan orang banyak, hal ini dikarenakan kekuatan sinyal yang kurang bagus, adanya gangguan sinyal, dan jumlah pengguna dari sinyal yang sangat banyak.

Oleh karena itu jika kalian ingin mempercepat koneksi yang kalian miliki coba kalian berpindah lokasi ke tempat-tempat yang sekiranya memiliki penerima sinyal internet yang cukup bagus, dengan begitu maka koneksi yang kalian miliki akan lebih baik dan juga stabil. Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi pengukur sinyal untuk mencari lokasi yang tepat untuk mempercepat koneksi yang kalian miliki.


2. Mode Airplane

Sudah pindah lokasi tapi masih tetap lemot? bisa jadi ada masalah di sistem jaringan kamu. Makanya coba kamu aktifkan airplane mode atau mode pesawat terbang di smartphone kamu, sebentar saja sekitar 15 detik sampai 1 menit, setelah itu matikan kembali. Cara ini terbukti mampu me-refresh jaringan, karena akan menonaktifkan semua fungsi jaringan yang ada di smartphone kamu untuk sementara. Jadi jika ada yang nyangkut di sistem jaringan, harusnya ini akan mampu untuk mengatasinya.

3. Restart Device

Tips yang satu ini bagi kalian tentu sudah tidak asing lagi, dengan mereset perangkat yang kalian gunakan untuk ber-internet, kalian bisa mempercepat koneksi yang kalian miliki, hal ini dikarenakan kalian belum membuka banyak aplikasi yang mungkin membutuhkan data ketika kalian membukanya.

Meski sudah ditutup, namun ada kemungkinan aplikasi tersebut tetap menggunakan data internet di background untuk mengaktifkan fitur push notifikasi. Jika kalian sudah membuka banyak sekali aplikasi, ada kemungkinan internet yang kamu miliki juga akan lemot. Selain itu perangkat yang kalian gunakan juga akan menjadi lambat karena banyaknya proses yang berjalan di background.

Untuk itu, merestart perangkat yang kalian gunakan adalah pilihan yang tepat untuk membuat semua hal yang ada pada perangkat menjadi netral kembali, dan kalian akan mendapatkan jaringan dan juga performa yang lebih baik dari sebelumnya,

Baca Juga : 19 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja hp Lelet Menjadi Ngebut

4. Matikan Penghemat Data

Semua perangkat yang menggunakan internet saat ini pasti memiliki fitur-fitur seperti data monitor. Selain untuk melihat penggunaan data, ada juga beberapa fitur untuk melihat kecepatan internet dan juga mode penghemat data, jika kalian menggunakan mode penghemat data ini tentu penggunaan data yang bisa digunakan akan terbatas juga.

Ketika kalian hampir menyentuh batas penggunaan data, maka koneksi yang kalian miliki akan menjadi lambat atau bahkan kalian tidak bisa menggunakannya. Kalian harus mematikan fitur ini jika ingin menggunakan koneksi internet kembali dengan kecepatan yang lebih baik. Jika kalian memiliki koneksi internet yang lemot, kalian bisa mengecek apakah fitur penghemat data ini aktif atau tidak pada perangkat kalian.

5. Matikan VPN

Cara mempercepat koneksi internet yang terakhir adalah dengan mematikan VPN. VPN banyak digunakan untuk bisa berselancar lebih bebas di internet, ataupun untuk bermain game online yang hanya dirilis di beberapa negara saja. Ternyata penggunaan VPN ini akan memperlambat koneksi internet yang yang kita miliki.

Hal ini dikarenakan data yang kalian gunakan harus di enkripsi agar menjadi lebih privat dan juga aman, semakin tinggi enkripsi maka akan semakin besar juga kecepatan yang akan menurun, untuk beberapa VPN yang menyediakan layanan gratis biasanya akan membatasi kecepatan dari koneksi dengan VPN tersebut.

Jika kalian ingin menikmati layanan VPN tanpa pembatasan kecepatan, kalian harus membayar biaya berlangganan, kalau tidak ingin dibatasi oleh VPN kalian harus memastikan VPN yang kalian miliki tidak aktif, dengan begitu koneksi internet yang kalian miliki akan lebih cepat dan tanpa gangguan.

Oke sobat Montirbox, itu dia tadi 5 cara mempercepat koneksi internet yang kamu miliki, kalian bisa langsung coba agar dapat meningkatkan kecepatan internet baik untuk smartphone maupun PC kamu.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close