--> Skip to main content

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone - Apakah Anda sering menghadapi masalah internet dan panggilan drop yang lambat di ponsel Anda meskipun memiliki jangkauan penuh? Nah, indikator sinyal bar bukan representasi paling akurat dari kekuatan jaringan Anda. Pada kenyataannya, setiap perusahaan ponsel pintar menggunakan skala yang berbeda untuk bar, itulah alasan mengapa Anda melihat variasi dalam jumlah bar di ponsel teman Anda yang menggunakan operator yang sama dengan Anda. Jadi, bagaimana cara memeriksa kualitas sinyal jaringan yang sebenarnya?

Nah, sinyal diukur dalam desibel, dan kekuatan yang tepat dapat dilihat tepat di pengaturan ponsel Anda. Pada artikel ini, mari kita melihat sekilas cara mudah dan otentik untuk periksa kualitas sinyal jaringan di Android atau iPhone Anda.

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan Telepon


Di Android


Untuk memeriksa kualitas sinyal jaringan di Android, Anda hanya perlu beberapa ketukan di pengaturan ponsel Anda, yaitu sebagai berikut.

1. Di perangkat Android Anda, buka pengaturan dan gulir ke bagian bawah.

2. Klik pada About Phone dan pilih Status.

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

3. Di layar berikut, ketuk Network, dan Anda akan dapat melihat kekuatan sinyal (Signal Strength) untuk operator kartu SIM di perangkat Anda. Itu akan terdiri dari dua angka, dBm dan ASU.

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

Sebagai permulaan, dBm (desibel per miliwatt) menunjukkan kekuatan sinyal ponsel Anda, dan nilainya biasanya berkisar antara -50 hingga -110 dBm. Semakin tinggi angka negatif absolut, semakin rendah akan menjadi sinyal. Dengan kata lain, semakin dekat angka itu ke 0, semakin kuat sinyalnya. Misalnya, -70 dBm lebih kuat dari -90 dBm.

Secara umum, sinyal yang lebih besar dari -60 dBm dianggap sangat baik untuk panggilan yang jelas dan koneksi internet yang cepat. Ini diikuti oleh skala -60 hingga -75 dBm, yang menunjukkan level sinyal yang baik. Kisaran -76 hingga -90 dBm dianggap cocok untuk kualitas panggilan masuk dan kecepatan data. Sedangkan, apapun yang berada pada kisaran -90 hingga -100 dBm termasuk di dalam kekuatan sinyal lemah.

ASU adalah Unit Kekuatan yang menunjukkan tingkat di mana ponsel Anda memperbarui lokasinya dari sinyal menara. Itu juga dapat digunakan untuk menghitung kekuatan sinyal nyata yang diukur dalam dBm. Untuk informasi lebih rinci tentang koneksi jaringan Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Open Signal, LTE Discovery, dan Network Signal Info di Android Anda.

Baca Juga : 19 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja hp Lelet Menjadi Ngebut

Di iOS


Pada iPhone, Anda dapat menggunakan menu Hidden Field Test iOS untuk memeriksa kekuatan sinyal jaringan ponsel Anda, menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

1. Di iPhone Anda, buka Nomor Hp / Telephone aplikasi dan panggilan * 3001 # 12345 # *. Pastikan WiFi dimatikan.

2. Setelah Anda menekan kode di atas, tombol Field Test menu akan muncul di layar.

3. Sekarang, pilih LTE dan ketuk 'Serving Cell Meas'

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

4. Di sini, rsrp0 menunjukkan kekuatan sinyal dari menara utama Anda, yaitu yang terdekat dengan lokasi Anda. Sedangkan, rsrp1 menunjukkan kekuatan sinyal dari unit terdekat berikutnya.

RSRP menunjukkan daya rata-rata yang diterima dari sinyal referensi. Sekali lagi, semakin dekat angkanya ke nol, semakin kuat sinyalnya. Seperti disebutkan sebelumnya, sinyal lebih besar dari -60 dBm sangat baik, sedangkan kisaran sekitar -80 dBm dianggap cukup baik. Nilai yang lebih rendah dari -100 dBm menggambarkan sinyal lemah.

Cara Memeriksa Kualitas Sinyal Jaringan di Hp Android dan iPhone

Di menu yang sama, Anda juga akan menemukan RSRQ, yang mencerminkan kualitas sinyal yang diterima. Biasanya berkisar antara 19.5 dB hingga -3 dB dengan angka yang lebih kecil menunjukkan kualitas yang lebih baik.

Ini adalah panduan kecil tentang bagaimana Anda dapat memeriksa kualitas sinyal jaringan telepon di Android dan iOS. Jadi, bagaimana kekuatan sinyal di lokasi Anda? Apakah sangat baik, sedang, atau sinyalnya sangat buruk?

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close