Skip to main content

Faktor dan Penyebab Skizofrenia Paranoid

Faktor dan Penyebab Skizofrenia Paranoid - Beberapa waktu belakangan, kesehatan mental menjadi sorotan yang dijadikan bahan perbincangan, ada beberapa macam masalah kesehatan  mental, salah satunya adalah skizofrenia. Apa itu skizofrenia? Apakah jenis masalah kesehatan mental ini cukup berbahaya bagi kesehatan jangka panjang?

Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan yang bersifat kronis, ini mempengaruhi perilaku, pikiran, dan perasaan seseorang. Penyebab seseorang mengalami skizofrenia ini belum dapat diketahui secara pasti, namun ada beberapa hal yang menjadi kemungkinan dan faktor penyebab, ini penting untuk diketahui agar anda lebih waspada mencegah atau mengurangi kemungkinan skizofrenia.

Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab Skizofrenia :

Penyebab Skizofrenia yang pertama adalah karena komplikasi kehamilan dan kelahiran. Komplikasi yang sering terjadi pada saat masa kehamilan dan kelahiran bisa meningkatkan potensi skizofrenia atau kesehatan mental. Beberapa komplikasi kehamilan dan kelahiran yang menjadi pemicu, seperti kelahiran dengan berat badan rendah, infeksi kehamilan, prematur, obesitas ibu saat hamil, dan kekurangan oksigen saat kehamilan atau asfiksia.

Penyebab Skizofrenia


Baca Juga : Waspada Burnout, Stres dan Tertekan Akibat Pekerjaan!

Faktor dan penyebab skizofrenia paranoid yang kedua karena penggunaan obat terlarang. Jika sebelumnya seseorang pernah memakai obat-obatan terlarang, resiko untuk terkena Skizofrenia atau gangguan kejiwaan akan menjadi lebih besar, karena mengkonsumsi obat tersebut dapat memicu gejala skizofrenia.

Penyebab Skizofrenia yang ketiga yaitu karena perubahan kimia di otak. Neurottransmitter atau serangkaian bahan kimia yang saling berkaitan di otak yang bertanggung jawab untuk mengirim sinyal di antara sel-sel otak. Neurotransmitter yang rendah atau tidak seimbang bisa memicu skizofrenia pada seseorang.

Keempat, trauma masa kecil. Trauma masa kecil ini juga menjadi pemicu seseorang mengalami skizorfrenia lebih tinggi, seseorang bisa berhalusinasi tentang pelecehan atau kekerasan yang dialami ketika mereka masih kecil. Trauma ini juga dapat terjadi akibat masalah psikologis seperti perpisahan atau kematian orang tua saat anak-anak masih kecil.

Baca Juga : Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress

Penyebab Skizofrenia berikutnya disebabkan oleh genetika atau keturunan. Genetika menjadi faktor resiko paling signifikan untuk skizofrenia, ketika seseorang memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki gangguan skizofenia, ini juga bisa memicu mereka mengalami gangguan tersebut.

Lalu bisakah seseorang mencegah terjadinya skizofrenia? karena penyebab skizofrenia ini belum diketahui secara pasti, maka pencegahannya juga cukup sulit untuk dilakukan. Namun jika anda dekat dengan faktor dan gejala, pastikan anda menghindari pemicu serta hal-hal yang dapat menyebabkan skizofrenia itu muncul.

Itulah penjelasan mengenai penyebab skizofrenia yang penting untuk diketahui. Terima kasih telah membaca artikel Montirbox kali ini, semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close