Skip to main content

Waspada Jenis Makanan Penyebab Sembelit

Makanan Penyebab Sembelit - Adakah dari anda yang sering mengalami sembelit? Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi dimana seseorang sangat sulit dan jarang untuk buang air besar, biasanya orang sembelit buang air besar tidak lebih dari 3 kali saja dalam seminggu. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami sembelit ini, salah satunya akibat makanan yang dikonsumsi.

Dalam memilih makanan tentu kita harus waspada dan teliti, sehingga masalah kesehatan seperti sembelit dapat terhindarkan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sembelit jika dikonsumsi secara berlebihan, apa saja makanan penyebab sembelit tersebut? Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sembelit:

Makanan yang dapat menyebabkan sembelit yang pertama adalah daging merah. Ada beberapa alasan yang membuat daging merah menyebabkan sembelit, diantaranya daging merah ini memiliki jumlah serat yang sangat sedikit. Ketika seseorang mengkonsumsi daging merah, secara otomatis seseorang akan kekurangan asupan serat harian, seperti sayur atau kacang-kacangan.

Makanan Penyebab Sembelit


Baca Juga : Bahaya Makan Nasi dan Mie Secara Bersamaan

Selanjutnya daging merah juga mengandung lemak yang cukup tinggi, makanan berlemak tinggi cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna didalam tubuh. Bagi anda yang terlalu sering mengkonsumsi daging merah dan sering mengalami sembelit ini, cobalah untuk mengurangi konsumsi daging, sebagai ganti asupan protein dari daging anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis kacang.

Makanan penyebab sembelit berikutnya adalah olahan yang mengandung gluten. Gluten merupakan protein yang terkandung dalam biji gandum atau lebih sering terkandung juga dalam tepung dan makanan hasil olahan, beberapa orang akan mengalami sembelit ketika mengkonsumsi tepung.

Makanan penyebab sembelit selanjutnya, biji atau beras olahan. Biji atau beras olahan seperti roti dan nasi juga bisa menyebabkan sembelit. Jika anda mengkonsumsinya terlalu banyak, hal ini terjadi karena beras melewati proses yang cukup panjang hingga akhirnya mengurangi kandungan serat dan nutrisi dari beras itu sendiri, untuk itu jika anda sering mengalami sembelit akibat mengkonsumsi begitu banyak nasi atau biji-bijian olahan, anda bisa mencoba untuk menambah jenis serat yang lebih alami.

Yang keempat, makanan yang digoreng dan cepat saji. Pasti banyak orang yang lebih suka mengkonsumsi makanan yang digoreng daripada makanan rebusan, begitu juga dengan makanan cepat saji. Rasa yang gurih dan enak membuat orang sangat suka mengkonsumsinya, namun makanan yang digoreng dan cepat saji bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Baca Juga : Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Terlalu Banyak

Jika dikonsumsi secara sering salah satunya yaitu sembelit. Untuk itu cobalah kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan makanan cepat saji. Jika anda sering mengalami sembelit dan sudah mencoba untuk mengurangi beberapa jenis makanan tersebut namun pencernaan masih bermasalah, pastikan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga penyebab anda sembelit dapat diketahui dan diatasi dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai makanan penyebab sembelit yang mungkin wajib untuk anda ketahui, terima kasih telah membaca artikel kali ini, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close