Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Derajat Luka Bakar Serta Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Derajat Luka Bakar Serta Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar - Kalau kita bicara tentang luka bakar, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Paling ringan luka bakar karena terkena air panas, kecipratan minyak, atau terkena SunBurn, misalnya anda berjemur di pantai, kemudian besok kulitnya gosong. Jadi kalau kita bicara tentang luka bakar, luka bakar ini merupakan kerusakan pada lapisan kulit. Selain pada kulit, lebih parah bisa juga masuk ke dalam lapisan di bawah kulit.

Derajat Luka Bakar


Luka bakar ini sendiri dibagi menjadi 3 derajat luka bakar. Untuk derajat luka bakar pertama luka bakarnya di area kulit, itu masih mengenai lapisan yang paling atas saja, atau kita sebut dengan Epidermis. Gejalanya yang bisa anda perhatikan adalah warnanya agak kemerahan, ini bisa sembuh sendiri dalam waktu 3 hari sampai 2 minggu. Derajat luka bakar pertama ini tidak perlu anda bawa ke dokter.

Lalu derajat luka bakar yang ke 2, tingkat yang sedang. Apakah anda pernah mengalami luka bakar yang disebabkan karena tersentuh knalpot sepeda motor? Nah itu sudah termasuk derajat luka bakar yang ke 2. Biasanya jika kena tempel kemudian muncul gelembung yang berisi air di kulit anda.

Lalu apakah harus di bawa ke rumah sakit untuk derajat luka bakar kedua ini? Tergantung luas area nya. Jika luas area nya hanya kecil, sebaiknya anda rawat sendiri saja dirumah, tidak perlu dibawa ke rumah sakit. Kalau luas area nya besar, sebaiknya anda bawa kerumah sakit agar di tangani dengan baik.

Derajat Luka Bakar Serta Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar


Kemudian kita masuk ke derajat luka bakar yang ke 3. Kalau sudah masuk ke derajat luka bakar yang ke 3, biasanya ini sudah tidak di sertai atau nyerinya sisa sedikit, kadang sudah tidak ada rasa nyeri lagi. Ini sudah masuk sampai ke lapisan otot, bahkan ada yang sudah sampai ke tulang. Kalau sudah seperti ini, wajib ke rumah sakit dan tidak boleh di tunda lagi, agar mendapatkan perawatan segera.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar


Jadi, apa yang bisa kita lakukan saat terkena luka bakar? Sebelumnya kita akan bahas dulu kebiasaan-kebiasaan yang biasa kita lakukan ketika mengalami luka bakar, sebenarnya kebiasaan ini bisa dibilang salah untuk kita terapkan.

- Yang pertama adalah mengambil es lalu di kompres. Sebenarnya ini tidak baik untuk kulit anda, karena terjadi perubahan suhu yang tiba-tiba pada luka bakar anda yang kena luka bakar panas, tiba-tiba langsung menjadi dingin.

- Lalu kebiasaan yang ke 2 adalah mengoleskan luka bakar dengan pasta gigi agar tidak bertambah nyeri. Sebenarnya hal ini kurang tepat, karena akibatnya akan sama dengan kebiasaan yang pertama.

- Kemudian yang ke 3 mengoleskan luka bakar dengan minyak goreng atau mentega. Hal ini juga sebaiknya tidak anda lakukan, karena akan semakin sulit untuk membersihkan luka bakar anda nanti nya.

- Dan yang ke 4 yang biasa dilakukan adalah mengoleskannya dengan tepung. Jika anda mengolesnya dengan tepung, ini nanti justru panasnya yang di dalam tidak bisa keluar.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk pertolongan pertama pada luka bakar? Anda bisa aliri luka bakar dengan air yang mengalir, ini akan menurunkan suhunya secara perlahan. Jadi jika anda menggunakan es batu tadi, suhunya akan turun dengan drastis. Jadi sebaiknya gunakan air kran, air bersih, air yang mengalir. Jangan direndam begitu saja, gunakan air yang mengalir akan jauh lebih baik. Jadi untuk yang pertama ini adalah tahap menurunkan suhunya.

Kemudian tahap yang kedua mengurangi terjadinya infeksi. Untuk tahap ini anda bisa memberikan salep pada luka bakar anda, biasanya diberikan salep antibiotik atau anda bisa berikan salep aloevera. Hal ini dapat mengurangi peradangan pada kulit anda yang terbakar atau yang terkena luka bakar tadi.

Nah, itu tadi bisa anda lakukan dirumah kalau luka bakar anda masih derajat luka bakar pertama atau derajat luka bakar kedua. Bagaimana dengan luas area yang besar atau sudah masuk ke derajat luka bakar ketiga? Ini wajib anda bawa ke rumah sakit agar di berikan penanganan segera.

Komplikasi Akibat Luka Bakar


Kemudian kita masuk ke komplikasi. Jika luka bakar ini tidak segera di obati dengan baik, tidak mendapatkan penanganan yang baik, yang di takutkan adalah komplikasinya. Komplikasi pertama bisa terjadi bekas luka atau yang biasa kita sebut dengan "SCAR". Tapi ini tergantung lagi berapa derajat luka bakar anda.

Kalau masih derajat luka bakar pertama atau kedua ditangani dengan baik, biasanya akan sembuh dengan baik, tanpa meninggalkan bekas luka. Kalau sudah masuk ke lapisan Dermis atau lebih dalam lagi, biasanya akan ada bekas luka. Tapi kalau di tangani dengan baik, bekas luka ini akan minimal.

Lalu kompilikasi luka bakar yang kedua adalah hipotermi dan terjadi gangguan gerak. Jika luka bakarnya terjadi dibagian lengan dan tidak di tangani dengan baik, ini bisa terjadi ke kakuan pada area tersebut.

Baca Juga : 5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Komplikasi luka bakar berikutnya adalah terjadinya infeksi. Infeksi juga bisa terjadi karena sekali lagi kulit adalah lapisan paling luar dari tubuh kita, yang melindungi tubuh kita dari infeksi. Jadi kalau kulit sudah terbakar dan rusak, akan mudah sekali terjadi nya infeksi.

Kemudian gangguan pernafasan, terutama daerah luka bakar yang terjadi pada daerah dada keatas. Kemudian adalah dehidrasi yang bisa menyebabkan gagal ginjal, apalagi luas permukaan yang terbakar itu besar dan akan terjadi penguapan yang cukup banyak. Ini harus dipantau dan kalau bisa anda dirawat di rumah sakit jika kondisi anda seperti ini.

Oke sobat Montirbox, demikian artikel tentang derajat luka bakar serta pertolongan pertama pada luka bakar dan bagaimana cara penanganan luka bakar jika hal tersebut terjadi pada diri anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Derajat Luka Bakar Serta Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar"