Skip to main content

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah - Mendapatkan tiket pesawat murah? Semua orang pasti suka hal ini. Saya punya teman yang sepertinya selalu bepergian. Saya bertanya apa dia punya tambang emas atau tahu rahasia tertentu untuk mendapatkan tiket penerbangan murah? Ternyata dia punya rahasia bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah, inilah yang dilakukan:

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

1. Bermain dengan negara dan mata uang
Sebelum memesan tiketmu, cek apakah harganya lebih murah di situs maskapai versi negara lain. Seringnya kamu akan mendapat tiket kelas dan penerbangan yang sama dengan harga lebih murah jika mengecek harga itu di negara yang mata uang nasionalnya lebih rendah, dibanding misalnya dolar atau Euro. VPN dapat membantu menyembunyikan lokasimu yang sebenarnya atau merelokasikanmu ke negara lain.

2. Pilih cara pembayaran yang paling murah
Saat sampai pada tahap pembayaran, banyak orang hanya mengklik opsi pertama yang tersedia tanpa melihat berapa biaya prosesnya. Seringnya transfer uang online lebih murah daripada membayar dengan kartu kredit, tapi jika kamu bepergian internasional dan ingin mendapatkan poin dan jarak terbang, lebih baik kamu tetap memakai kartu kredit.

3. Pesan tiket pada waktu yang tepat
Tak ada hari yang sempurna untuk memesan tiket perjalanan, itu hanya mitos. Tapi ada interval waktu sempurna, dan itu adalah 6 sampai 8 minggu sebelum tanggal keberangkatanmu. Membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya, seperti 5 bulan sebelum penerbangan akan lebih mahal. Membeli pada menit-menit terakhir terkadang adalah penawaran bagus, tapi seringnya pada saat itu maskapai akan menaikkan harga, mereka tahu kamu harus pergi segera, maka akan membayar berapapun harganya.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


4. Bersikap fleksibel dengan tanggal penerbanganmu
Kamu tidak bisa mengganti jadwal perjalanan pulang dari berlibur atau acara olahraga besar, tapi harganya selalu lebih mahal dibanding terbang di luar musim ramai. Jika kamu bisa fleksibel dengan tanggalmu, cukup buka kalender di agregator perjalanan favoritmu, dan lihat apa kamu bisa menggeser tanggal guna menghemat dana. Secara umum di pertengahan minggu lebih murah daripada di akhir pekan.

5. Waktu juga menentukan
Biasanya terbang pagi-pagi buta atau larut malam akan lebih murah, tak seorangpun suka bangun jam 3 dini hari dalam keadaan mengantuk bukan?.

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

6. Bereksperimenlah dengan destinasimu
Katakanlah kamu hendak pergi ke Amsterdam, tapi tiketnya mahal sekali. Buka peta rute penerbangan dan lihat apakah kamu bisa mendapat harga yang lebih murah menuju bandara lain dalam jarak 3 jam berkendara. Kamu tinggal naik bus atau kereta, tiba di Amsterdam beberapa jam kemudian dan melihat lebih banyak negara dalam perjalanan kesana.

7. Pilih bandara yang tepat
Kota-kota besar biasanya punya lebih dari satu bandara, jangan terpukau oleh nama besar yang menjadi tujuan semua orang. Alih-alih rajinlah mencari dan melihat apakah ada tawaran tiket yang lebih bagus. Misalnya dari bandara Luton London bukannya bandara Heathrow.

8. Campur dan padukan maskapai
Jika agregator perjalanan dan kamu berpikir penerbangan dengan transit akan lebih murah daripada penerbangan langsung, pesanlah. Memesan langsung dari situs web maskapai selalu lebih aman. Jadi kamu mungkin harus mengetik semua informasimu dua kali, tapi itu sepadan. Maskapai murah misalnya biasanya tidak menyediakan penerbangan jarak jauh, tapi kamu bisa memesan tiket setengah jalan dengan maskapai reguler, kemudian membeli tiket berikutnya dari maskapai murah itu.

9. Cobalah trik kota tersembunyi
Karena alasan tertentu penerbangan langsung dari titik A ke titik B bisa lebih mahal dibandingkan perjalanan dari titik A ke titik c, dengan titik B sebagai tempat transit. Jika begitu pesanlah dan turun saja dititik B atau kota tersembunyi itu.

10. Periksa rute penerbangan sebelum memesan tiket
Lama waktu yang dibutuhkan dan jumlah uang yang akan kamu bayarkan tidak bergantung pada jarak, melainkan rute yang akan diambil oleh pesawat. Terbang melewati negara atau ruang udara tertentu bisa jadi lebih mahal bahkan kadang terlarang bagi maskapai negara tertentu. Jika penerbangan harus mengambil jalan memutar itu akan lebih mahal lagi, kamu bahkan mungkin harus membayar lebih untuk pemeriksaan bagasi.

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

11. Hapus cookies atau riwayat saat mencari penawaran terbaik
Pernahkah kamu perhatikan harga tiket tiba-tiba naik saat kamu kembali mengecek situsnya setelah ditinggal sebentar? ini karena situs web dapat menyimpan data pencarianmu dan menawarkan harga yang lebih mahal untuk destinasi yang kamu minati. Mereka melakukan ini untuk menekanmu agar membeli tiket lebih cepat sebelum harganya semakin mahal.

12. Gunakan berbagai mesin pencari (Search Engine)
Agregator perjalanan tertentu tidak mencantumkan penerbangan murah atau situs web yang tidak berbahasa Inggris, periksa beberapa opsi sebelum kamu melakukan pemesanan akhir untuk mendapatkan penawaran terbaik.

13. Jangan abaikan program poin dan jarak tempuh
Luangkan sedikit waktu dan mendaftarlah untuk mendapat kartu hadiah perjalanan. Pasti kamu sudah sering mendengarnya, tapi program ini memang membantu. Maskapai suka pelanggan setia dan menghadiahi mereka dengan hotel gratis, acara, keuntungan perjalanan lain, dan tentu saja diskon besar-besaran, atau bahkan penerbangan gratis.

14. Pasang pemberitahuan harga
Kebanyakan agregator perjalanan punya ikon lonceng. Nyalakanlah, beri mereka alamat surelmu dan kamu akan diberitahu secara pribadi saat biaya rencana perjalananmu turun. Ini sangat bermanfaat jika kamu punya banyak waktu sebelum perjalanan atau sering terbang ke tempat yang sama.

15. Ikuti maskapai di media sosial
Dengan begini kamu bisa mendapatkan kesepakatan atau tawaran rahasia. Kamu juga bisa mendaftar di milis mereka jika kamu tidak berkeberatan dengan tambahan notifikasi dalam kotak masukmu.

Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

16. Cari tahu apakah ada program terbang sepuasnya
Untuk pelanggan setia tercinta mereka, banyak maskapai menawarkan program terbang sepuasnya yang jauh lebih murah daripada tiket biasa. Kamu bisa mengecek beberapa maskapai besar di daerahmu atau pesawat internasional tertentu, apakah mereka punya penawaran semacam ini.

17. Gunakan diskon yang bisa kamu dapatkan
Ini berbeda dari satu negara ke negara lain dan dari satu maskapai ke maskapai lain, tapi kebanyakan menawarkan diskon untuk mahasiswa, dan usia dibawah 26 tahun, lansia, dan kategori lain. Periksa saja apakah kamu termasuk salah satunya.

18. Periksa semua syarat dan ketentuan saat terbang berbiaya rendah
Maskapai berbiaya rendah memang memberikan banyak penawaran, tapi lebih baik mengecek ulang apakah bagasi atau bahkan bagasi kabin sudah termasuk, check-in juga membutuhkan biaya jika dilakukan di bandara. Alih-alih secara online, kemungkinan ada biaya tambahan tersembunyi yang tidak kamu duga, ditambah maskapai murah biasanya terbang ke bandara sekunder. Jadi tambahkan biaya transportasi darat kepada harga tiket, dan lihatlah apakah masih lebih murah dibanding maskapai reguler.

19. Coba pesan 2 tiket sekali jalan daripada tiket pulang pergi
Biasanya memesan tiket pulang pergi akan lebih murah, tapi selalu ada kesempatan saat 2 tiket sekali jalan akan lebih murah. Jadi perhitungkan kedua opsi itu, atau bahkan periksa maskapai penerbangan yang berbeda sebelum memesan tiketnya.

20. Waspadalah dengan kesalahan harga
Tidak ada sistem yang bekerja sempurna sepanjang waktu, jadi terkadang satu angka nol bisa saja tidak sengaja hilang dari harga normal, atau semua tiket tujuan tertentu tiba-tiba berubah menjadi murah. Jika kalian melihat hal seperti itu, pesanlah. Tapi tunggu sampai ada referensi pemesanan resmi dari maskapai sebelum membayar kamar hotel atau tiket konser di tempat tujuan. Maskapai bisa jadi akan membatalkan pesananmu.

21. Menumpang Pesawat
Ini sudah terjadi sejak era 60-an, tentu saja kamu tidak bisa menumpang pesawat Boeing 737 tapi para pilot pesawat pribadi bisa jadi menaikkan penumpang demi ongkos bahan bakar yang lebih murah. Bahkan ada platform online berbagi penerbangan khusus, dimana kamu bisa menemukan pilot atau penumpang untuk terbang bersama kalian. Dan jika kamu orang yang spontan, cobalah berjalan-jalan di sekitar bandara kota kecil, kamu bisa mendapatkan tumpangan gratis ke tempat-tempat yang belum pernah didengar. - Strategi Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close