Skip to main content

11 Cara Cek iPhone Bekas Sebelum Membelinya

11 Cara terbaik untuk cek iPhone bekas sebelum membelinya yang harus kamu ketahui

iPhone bekas adalah perangkat yang menarik perhatian banyak pengguna saat ini karena produknya murah dan terintegrasi dengan teknologi canggih. Namun, tidak semua orang tahu cara cek iPhone bekas sebelum seseorang itu membelinya. Ikuti bersama dengan 10 tips hebat dan tepat di bawah ini tentang cara cek iPhone bekas sebelum kamu beli.

Baca Juga: Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone (Cara Ampuh!)

Cara Cek iPhone Bekas

Cara Cek iPhone Bekas

Seperti yang kita semua tahu, iPhone adalah saluran telepon paling high-end yang diproduksi oleh raksasa teknologi Amerika bernama Apple. Ini adalah smartphone yang disukai dan dipilih pengguna untuk dibeli di sampai hari ini karena mereka memiliki desain mewah, keamanan yang baik, kinerja pemrosesan terbaik dan yang terpenting, cocok untuk berbagai pelanggan.

Namun dengan keunggulan di atas, iPhone terbaru juga hadir dengan harga yang tidak murah. Oleh karena itu, kebutuhan pengguna untuk memilih membeli iPhone lama tidak kalah dengan model baru, atau bahkan lebih. Meski iPhone 14 series baru saja dirilis, namun daya tarik produk lama dari perusahaan yang sama tidak berkurang.

Namun, memilih untuk membeli iPhone Likenew bagi banyak orang yang tidak paham teknologi seperti bermain kartu karena kamu dapat membeli smartphone yang salah, barang telah diganti dengan komponen dan barang dibuat. Yuk simak sekarang 11 cara cek iphone bekas kamu tepat di bawah ini untuk bisa memiliki sendiri hp kesayangan kamu.

1. Cek IMEI iPhone Bekas Terlebih Dulu

Cara pertama untuk memeriksa iPhone bekas adalah dengan memeriksa IMEI perangkat. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa ponsel yang akan kamu beli tidak pernah di modifikasi, dan ini juga cara untuk memeriksa apakah iPhone asli stkamur Apple atau tidak. Ada 2 cara untuk cek IMEI iPhone, yaitu:

Cara 1: Buka aplikasi Telepon perangkat kamu lalu masukkan baris karakter *#06# untuk bisa mendapatkan IMEI iPhone kamu.

Cara 2: kamu mengakses Pengaturan di iPhone > Pilih Umum > Klik About. Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian IMEI untuk memeriksa ulang parameter ini.

Setelah menyelesaikan salah satu dari dua metode di atas, kamu akan menggunakan nomor IMEI yang baru saja kamu dapatkan untuk membandingkan dengan nomor IMEI yang terletak di kotak perangkat untuk melihat apakah cocok. Selain itu, kamu juga dapat memeriksa IMEI di bagian atas baki kartu SIM ponsel iPhone.

Catatan: Jika kamu memilih untuk membeli iPhone lama tanpa kotak, kamu masih dapat memeriksa melalui Nomor seri (juga dikenal sebagai Serial Number). kamu dapat menemukan parameter ini dengan membuka Pengaturan > Pilih Umum > Tentang > Lihat Nomor Seri.

Selanjutnya, masukkan kode imei tadi di situs web resmi pabrikan Apple di sini. Atau kamu bisa kemari.

2. Periksa tampilan luar iPhone lama

Cara cek iPhone bekas berikutnya, Montirbox akan memandu kamu untuk memeriksa iPhone bekas kamu untuk tampilan luarnya. Setelah menyelesaikan langkah di atas, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah melihat sekilas tampilan perangkat. Kondisi iPhone bekas yang beredar di pasaran saat ini juga sangat beragam. Sebagian besar produk tersebut akan diklasifikasikan sebagai: 99%, 97% atau 95%, dll, tergantung pada kebaruannya. Jika pemilik sebelumnya adalah orang yang berhati-hati dan jarang menggunakan perangkat, tentu smartphone akan tetap seperti baru dan sebaliknya.

kamu perlu memeriksa untuk melihat apakah ada goresan di tepi layar, layar depan, dan belakang smartphone. Saat memutuskan untuk membeli lini iPhone bekas, kamu harus menerima bahwa semua perangkat pasti akan memiliki kondisi tergores dengan beberapa titik kecil.

Dan jika produk iPhone lama yang kamu pilih sudah lama dirilis namun kondisi masih mulus seperti baru, tidak ada cacat sedikitpun, bisa jadi smartphone tersebut sudah pernah diganti, baik fisik luar atau didalamnya.

Singkatnya, harap kembalikan ponsel ke toko jika ada banyak penyok, kaca retak di kedua sisi, atau tergores terlalu parah. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas tampilan layar OLED di iPhone.

3. Periksa Layar iPhone

Selanjutnya Montirbox akan menunjukkan kepada kamu cara memeriksa layar iPhone bekas. Pertama, kamu harus mengatur wallpaper perangkat menjadi hitam untuk memeriksa apakah ada kebocoran cahaya di pada layar iPhone.

Kemudian, pengguna harus mengubah gambar latar belakang menjadi putih untuk memeriksa apakah ada noda atau fenomena "negatif". Ini adalah kondisi di mana layar iPhone akan menyimpan gambar yang sedang kita manipulasi, terutama sering terjadi jika perangkat digunakan terlalu lama terus menerus dan memanas.

Selain itu, kamu bisa mengambil selembar pita perekat (tape) untuk ditempelkan di layar untuk melihat apakah layar iPhone lama sudah diganti atau belum. Jika kamu dengan mudah melepas pita perekat, kemungkinan besar itu adalah layar asli. Sebaliknya, jika kamu kesulitan melepasnya, mungkin layarnya sudah pernah diganti sebelumnya.

4. Lihat kamera depan dan belakang

Cara cek iPhone bekas selanjutnya ada di bagian kamera di kedua sisi. Kita harus memeriksa setiap sensor satu per satu yang dimiliki produk. Misalnya, jika kamu memilih untuk membeli iPhone Xs, itu terintegrasi dengan cluster kamera gkamu dengan kamera utama dan kamera kedua memiliki resolusi 12 MP yang sama.

Pertama, kita akan menguji kemampuan pemfokusan pada kamera utama dan kamera telefoto untuk melihat apakah keduanya berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, beberapa model iPhone juga memiliki sensor sudut lebar (ultra wide). Karena itu, kamu juga harus menguji bagian kamera ini jika kamu memilikinya.

Hal-hal yang perlu kamu periksa tentang kamera depan pada iPhone lama adalah: eksposur dekat, fokus, perekaman video, atau bahkan perekaman dengan mikrofon untuk melihat apakah terjadi sesuatu yang tidak biasa.

5. Periksa kapasitas baterai iPhone

Selanjutnya, Montirbox akan menunjukkan cara memeriksa baterai iPhone saat membeli iPhone bekas. Jika kapasitas baterai maksimal perangkat sudah mencapai 100% untuk iPhone yang sudah habis masa garansinya, maka ponsel tersebut sudah dipastikan tidak menggunakan baterai asli (zin) lagi. Padahal iPhone baru dipakai 6 bulan, kapasitas baterai paling tinggi hanya bisa 99% dan tentunya tidak bisa mencapai 100%.

6. Periksa sentuhan apakah ada masalah?

Setelah itu, kita akan beralih ke cara cek iPhone bekas untuk sentuhan. kamu dapat memeriksa kemampuan sentuh di ponsel kamu dengan menahan ikon aplikasi di layar, lalu menyeretnya melintasi area tampilan. Jika ikon berhenti atau terputus pada posisi mana pun pada perangkat, sentuhan perangkat mungkin tidak normal.

7. Periksa apakah perangkat macet atau terkunci iCloud

iCloud adalah platform cloud Apple, yang berperan menyinkronkan data pribadi pengguna seperti foto, pesan, antar perangkat dalam ekosistemnya. Selain itu adalah aplikasi Find My iPhone untuk membatasi situasi agar pelanggan tidak terjebak membeli iPhone curian.

Untuk dapat memeriksa iCloud, kamu akan melanjutkan untuk mengembalikan pengaturan pabrik iPhone dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Pilih Pengaturan > Klik Umum.

Langkah 2: Klik Atur Ulang > Pilih Hapus semua konten dan pengaturan > Pilih 1 dari 2 opsi Cadangkan lalu hapus sekarang, tergantung kebutuhan kamu.

8. Periksa Sensor Kedekatan (cahaya, wajah)

Cara cara cek iPhone bekas selanjutnya terletak di sensor proximity. kamu dapat mencoba menggunakan telepon untuk melakukan panggilan ke siapa saja. Jika sensor jarak iPhone lama masih bagus, saat kita menutupinya dengan tangan, layar perangkat akan mati secara otomatis.

Tidak berhenti sampai di situ, kamu juga harus memeriksa elemen penting lainnya pada perangkat seperti mic atau speakerphone untuk melihat apakah ada yang salah.

9. Periksa Berkamu iPhone dan Tombol Volume

Dalam proses penggunaan iPhone, tentunya tombol fisik seperti Home atau volume sering digunakan dengan frekuensi tinggi. Karena itu, kita tidak boleh mengabaikan detail kecil ini saat memilih untuk membeli iPhone lama. Secara khusus, kamu harus mengembalikan produk dengan tombol yang sulit ditekan, atau memiliki sensitivitas dan umpan balik yang buruk, dll. Cek kembali tombol fisik lainnya dari iPhone bekas yang akan kamu beli.

10. Periksa ID Wajah, ID Sentuh

Cara cek iPhone bekas berikutnya, kamu harus memeriksa kemampuan kerja Touch ID. Demikian pula, kamu juga harus memeriksa apakah ID Wajah pada perangkat yang menggunakan tampilan takik masih bisa digunakan.

kamu dapat mengakses bagian Pengaturan > Pilih ID Wajah dan Kode Sandi. Jika bagian Face ID atau Touch ID pada perangkat mengalami masalah, tentunya kita tidak akan bisa mengaturnya pada bagian perangkat tersebut.

11. Cobalah fitur dasar iPhone

Selain pemeriksaan penting utama di atas untuk cara cek iPhone bekas, jangan lupa untuk tidak mengabaikan detail kecil lainnya, seperti kamera, speaker, dan aksesori yang disertakan dengan iPhone bekas kamu. Berikut cara melakukannya secara khusus:

  • Masukkan kartu SIM yang sedang kamu gunakan ke dalam telepon dan coba lakukan atau terima panggilan untuk memeriksa apakah ada kesalahan pada speakerphone.
  • Periksa kualitas speakerphone perangkat dengan memutar musik atau video.
  • Gunakan aplikasi Kamera di perangkat kamu untuk memeriksa kamera depan dan belakang untuk fokus otomatis dan fungsi fotografi lainnya.
  • Colokkan aksesori yang disertakan seperti pengisi daya, kabel pengisi daya atau headphone, dll. ke iPhone bekas itu untuk melihat apakah aksesori tersebut kompatibel serta perangkat yang baru dibeli.

Ringkasan

Baca Juga : 10 Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu (KW)

Semoga artikel cara cek iPhone bekas sebelum membeli di atas dapat membantu kamu dalam memilih produk smartphone Apple bekas dengan harga yang murah, memuaskan, paling cocok dan terjangkau, apalagi saat membeli produk berkualitas buruk di pasaran.

Jangan lupa untuk terus mengikuti halaman Montirbox.com untuk dapat selalu update informasi tentang teknologi terkini saat ini. Terima kasih banyak telah membaca postingan cara cek iPhone bekas ini.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close