Skip to main content

10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu (KW)

Bagaimana cara cek iPhone asli dan iPhone palsu atau KW?, yup! pertanyaan itu pasti muncul bagi para pengguna produk iPhone. iPhone selalu menjadi produk yang menarik bagi penjual dan pembeli, sehingga keberadaan iPhone palsu menjadi sangat populer, bagaimana membedakan iPhone palsu dan asli? Artikel berikut akan menunjukkan kepada Anda cara cek iphone asli atau memeriksa apakah iPhone Anda asli atau palsu.

Baca Juga: Cara Merekam Layar iPhone dan iPad

Cara Cek iPhone asli

Cara Cek iPhone Asli

Untuk cara mengetahui iPhone asli atau abal-abal, Montirbox telah merangkumnya menjadi 10 bagian yang mungkin perlu Anda simak, berikut adalah penjelasannya:

1. Periksa Kotak dan Kemasan iPhone

Kotak iPhone sangat cantik, luar rapi, segel utuh, dan setiap kotak memiliki tepi yang sangat teliti, tidak penyok seperti kotak iPhone palsu, karena barang palsu akan sering dipasok dalam jumlah banyak dan dikemas tanpa hati-hati, proses pengirimannya tidak hati-hati karena harganya sangat murah.

Kotak-kotak iPhone palsu sering memiliki teks dan gambar yang kasar, tulisan tangan kabur, ketika melihat lebih dekat, Anda akan menemukan hasil yang cukup ceroboh. Kotak dan panduan pengguna dari iPhone asli itu indah dan halus, tulisan dan gambarnya jelas.

Saat membuka kotak iPhone asli, pembeli dapat melihat di dalam kotak produk diatur dengan jelas, dan setiap aksesori dicap dan dibungkus dengan hati-hati.

Secara khusus, Apple tidak membungkus produknya dengan kantong plastik, tetapi membungkusnya dengan lem dan lapisan plastik tipis yang dapat dengan mudah dilepas tetapi sangat kokoh.

Selain itu, kualitas wadahnya juga berbeda. Saat memeriksa, jika Anda melihat informasi pada kotak iPhone dengan cetakan yang sangat halus, itu adalah produk Apple, jika teksnya tidak menonjol, tidak beraturan dan terkadang warna tinta kabur, itu iPhone palsu.

2. Cek IMEI iPhone

Cara cek iPhone asli yang kedua perlu Anda ketahui, setiap ponsel, bukan hanya iPhone, memiliki nomor imei sendiri. Untuk cara cek IMEI iPhone atau melihat nomor IMEI, Anda dapat pergi ke pengenalan perangkat, kemudian membandingkan nomor IMEI dengan nomor imei yang tercetak di bagian belakang perangkat dan nomor imei yang tercetak di kotak.

Untuk cara cek IMEI iPhone asli, ada website khusus untuk melakukan hal itu. Jika ketiga nomor imei di atas sama semua, maka Anda lanjutkan ke situs resmi Apple di SINI, atau untuk lebih lengkapnya KESINI, lalu masukkan nomor imei perangkat dan bandingkan informasi yang diberikan Apple tentang nomor imei yang Anda masukkan dan informasi perangkat yang Anda gunakan.

3. Coba sambungkan dengan iTunes

iPhone palsu tidak akan menjalankan sistem operasi iOS (walaupun interface atau antarmukanya agak mirip dengan iOS), jadi sambungkan saja iPhone dengan iTunes di komputer untuk mengetahui apakah itu palsu atau tidak. Jika itu iPhone asli, pojok kanan iTunes akan melihat ikon koneksi ponsel.

4. Periksa Aktivasi

iPhone perlu diaktifkan sebelum dapat digunakan secara normal. Oleh karena itu, untuk memeriksa apakah iPhone asli atau tidak, coba kembalikan ke pengaturan pabrik (jika iPhone benar-benar baru, dengan segel asli, buka saja perangkat), lihat apakah antarmuka aktivasi ditampilkan atau tidak. Jika tidak perlu aktivasi, itu iPhone palsu.

5. Uji Touch ID

Amati dari luar, jika warna tombol Home dan warna bagian depan berbeda, maka warna tersebut asli. Selain itu, Anda dapat mencoba menggunakan Touch ID untuk membukanya, jika itu iPhone palsu, itu tidak akan dapat dilakukan.

Catatan:  Touch ID hanya tersedia di iPhone 5S dan yang lebih baru, tidak tersedia di versi sebelumnya.

6. Amati Kluster Sensor

Cara cek iPhone asli yang keenam, pada layar iPhone asli, hanya ada 2 lubang bundar kecil, tetapi banyak tiruannya masih dirancang dengan gaya smartphone Android dengan sensor persegi panjang atau dengan lebih dari 2 sensor ditempatkan di bagian depan. Dengan ini, Anda dapat dengan mudah membedakan iPhone palsu.

7. Uji tekan tombol

Tombol-tombol pada iPhone asli dirancang dengan sangat teliti, setiap barisnya jelas. Ketika Anda mengkliknya, Anda dapat mendengar suara "ketukan" yang jelas, yang berarti bahwa tombol-tombol ini dirancang dengan kuat, tidak longgar seperti produk palsu dan berkualitas buruk.

8. Periksa Kamera

Dapat dengan mudah dikenali bahwa iPhone asli akan memiliki kamera yang sama dengan bodinya, dan di sekitar tepi kamera terpasang cincin logam, terlihat sangat mewah.

Sebaliknya, kamera iPhone palsu tampaknya sepenuhnya terbuat dari plastik, diselipkan, kaca kamera tidak transparan.

9. Harga tidak akan bohong

Saat menanyakan harga, jika dirasa harganya terlalu murah, Anda harus waspada. Saat membeli ponsel, yang terbaik adalah memeriksa harganya dengan cermat, jangan biarkan harga murah menipu Anda karena kemungkinan besar itu jebakan!

10. Periksa iPhone asli atau  palsu dengan perangkat lunak khusus

Selain cara intuitif di atas, Anda juga dapat memeriksa iPhone asli palsu dengan perangkat lunak khusus yang bernama 3uTools, metode ini merupakan cara cek iPhone asli atau palsu yang cukup ampuh untuk dilakukan.

Bagaimana sobat Montirbox, Anda sudah tahu cara cek iPhone asli dan mana yang palsu atau KW? semoga artikel ini bisa membantu Anda.  



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close