Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar iPhone dan iPad

Ingin tahu cara merekam layar iPhone? Ada cara sederhana (dan cepat!) untuk merekam layar di iPhone. Jika Anda ingin tahu cara screen recording iPhone atau iPad prosesnya sangat mudah, Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk mempelajari cara merekam layar di iPhone.

Apakah Anda mendekati akhir yang memuaskan untuk game Apple Arkade favorit Anda dan ingin mendokumentasikannya?, Anda dapat melakukan penelusuran cepat atau memamerkan keterampilan bermain game seluler dengan fitur screen recording atau merekam layar di iPhone. Anda juga bisa memandu orang yang dicintai memberitahukan caranya untuk men-setting smartphone baru mereka. 

Dengan fitur perekaman layar iPhone, Anda dapat menyimpan klip YouTube favorit, membuat tutorial untuk teman, atau bahkan merekam urutan permainan hanya dengan beberapa ketukan. Anda bisa mengambil tangkapan layar dan menggunakan alatnya untuk menggambar dan membubuhi keterangan sesuatu di layar.

Baja Juga: Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di iPhone

Cara Merekam Layar iPhone

Cara Mengaktifkan Perekam Layar iPhone

Sebelum melakukan screen recording atau merekan layar iPhone, Anda harus menginstal iOS 11 atau pembaruan yang lebih baru di iPhone, iPad, atau iPod Touch, namun biasanya semua iPhone dengan iOS 11 atau lebih baru memiliki fungsi perekaman layar bawaan. Tetapi sebelum mempelajari cara merekam layar iPhone, periksa untuk melihat apakah tombol rekam layar ada di Control Center (Pusat Kontrol), jika tidak, pastikan untuk menambahkannya. Melakukannya akan mempermudah dan mempercepat untuk mulai merekam di iphone.

Sebelum dapat mulai menggunakan alat perekam layar, Anda harus terlebih dahulu menambahkan tombol fitur tersebut ke Control Center. Di perangkat iOS, buka Settings > Control Center > Customize Controls, lalu ketuk tombol plus hijau di sebelah Perekaman Layar.

  • Buka menu Control Center dengan mengusap ke atas (iPhone 8 atau lebih lama), atau mengusap ke bawah dari sudut kanan atas (iPhone X atau lebih baru).
  • Cari tombol Screen Recording, biasanya terlihat seperti titik dengan dikelilingi lingkaran. Jika Anda melihatnya, Anda dapat melompat ke bagian berikutnya.
  • Apabila Anda tidak menemukannya, ketuk Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol.
  • Gulir ke bawah ke menu More Controls dan temukan opsi Screen Recording.
  • Ketuk tanda berwarna hijau "+" di sebelah kiri teks. Fitur akan melompat ke menu Kontrol yang Disertakan di atas.
  • Anda dapat menghapus tombol rekam layar dari Control Center kapan saja dengan kembali ke layar ini dan mengetuk simbol “-” merah.

Cara Merekam Layar iPhone

Setelah menambahkan tombol Screen Recording (rekam layar) ke menu Control Center di iPhone, Anda siap untuk mulai menggunakannya. Fitur perekaman layar akan memungkinkan Anda membuat video dari setiap gesekan, ketuk, dan suara di layar selama perekaman berjalan.

  • Usap keatas (iPhone 8 atau lebih lama) atau usap kebawah (iPhone X atau lebih baru) untuk membuka Pusat Kontrol (Control Center).
  • Pilih tombol Rekam (Record).
  • Hitung mundur (count down) 3 detik akan muncul, dan kemudian jam di sudut kiri atas layar akan berubah menjadi merah. Jika Anda memiliki iPhone lama, bilah merah akan muncul di bagian atas layar Anda.
  • Ketuk layar untuk menutup Pusat Kontrol. Sekarang Anda merekam video dan audio di layar ponsel Anda.
  • Jika ingin berhenti merekam layar iPhone, ketuk jam atau bilah merah di bagian atas layar, lalu ketuk Stop, atau geser untuk membuka Pusat Kontrol dan ketuk tombol Rekam lagi.

Cara Merekam Layar iPhone Dengan Suara

Cara Merekam Layar iPhone dengan Suara

Fungsi perekaman layar iPhone juga memungkinkan Anda merekam diri sendiri saat sedang merekam layar pada saat yang bersamaan. Untuk mengaktifkan mikrofon, ikuti langkah-langkah tambahan ini sebelum menekan tombol "Record"

  • Ketuk dan tahan tombol Rekam (Record).
  • Di layar pop-up, ketuk ikon mikrofon di bagian bawah, lalu ketuk Mulai Merekam (Start Recording). Anda akan melihat hitungan mundur dimulai.
  • Ketuk dua kali untuk keluar dari layar dan menutup Pusat Kontrol.
  • Sekarang mikrofon akan menyala setiap kali Anda mulai merekam. Jika Anda tidak ingin menggunakan mikrofon, Anda dapat mematikannya dengan kembali ke layar ini dan menekan dan menahan ikon mikrofon.

Cara Membuka dan Mengedit Hasil Rekaman Layar di iPhone

Ingin menonton dan mengedit video baru Anda? Anda dapat menemukannya di Camera Roll iPhone di aplikasi Foto. Dari sana Anda dapat menggunakan alat pengeditan iPhone untuk menambahkan filter, memangkas bagian awal atau akhir, dan menyimpan video sebagai klip baru.

  • Buka album Camera Roll di aplikasi Foto dan ketuk videonya.
  • Ketuk Edit di sudut kanan atas layar.
  • Di bagian bawah layar, Anda akan melihat garis waktu visual video. Untuk memangkas bagian awal video, ketuk dan seret panah di samping tombol Putar ke kanan. Itu harus berubah menjadi kuning. Pangkas ujungnya dengan mengetuk dan menyeret panah di sebelah kiri.
  • Tekan tombol Play untuk menonton yang terbaru.
  • Ubah filter dengan tombol yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengedit foto di aplikasi Foto.
  • Saat Anda siap untuk menyimpan video yang diedit, ketuk Selesai > Simpan sebagai Klip Baru.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara merekam layar iPhone dan selesai mempraktekkannya, Anda bisa menunjukkan hasil rekaman ke teman atau kerabat Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar iPhone dan iPad"