Skip to main content

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

TV tidak ada suara? Bagaimana cara mengembalikan suara tv yang hilang? Jika Anda dapat melihat gambar tetapi tidak mendengar suara di TV, Anda dapat memperbaiki sendiri masalahnya jika bukan karena kerusakan perangkat keras. Sebagian besar tidak membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah suara TV yang hilang, bahkan dalam hitungan menit! tidak peduli TV Anda bermerk Samsung, Sony, LG, Sharp, Polytron, atau TV merek lainnya.

Saat TV menyala, Anda hanya melihat gambar tetapi TV tidak ada suara. Alasannya mungkin tidak terkait dengan mute, tetapi beberapa pengaturan atau fungsionalitas perangkat keras lainnya yang tidak sesuai.

Masalah TV Tidak ada suara tetapi ada gambar terjadi hampir di semua TV, dan sebagian besar bisa diperbaiki. Sebelum Anda mencari layanan profesional, pastikan untuk memecahkan masalah dengan beberapa langkah. Tidak disarankan untuk membuka atau memanipulasi TV Anda kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, karena dapat merusak produk lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Alasan kenapa TV tidak ada suaranya

Ada beberapa alasan ketika Anda tidak mendengar suara tetapi melihat gambar di TV Anda, sebagian besar ada perubahan dalam pengaturan TV, ada kabel yang terputus atau lepas yang menyebabkan hilangnya suara secara tiba-tiba tetapi gambar tetap dapat dilihat di TV. Jika Anda ingin mencoba menyelesaikan masalah TV tidak ada suara namun ada gambar, Anda bisa membaca paparan dibawah ini. 

Berikut adalah beberapa penyebab TV tidak ada suara

  • TV belum menyala
  • Volume TV dikecilkan
  • Reboot mungkin tidak sempurna
  • TV Anda disetel ke Protokol Audio Sekunder
  • Input Audio TV diubah, seperti AUX
  • Saluran yang sedang diputar mungkin tidak memiliki audio
  • Mungkin ada headphone yang terhubung ke TV Anda
  • Kabel koneksi mungkin longgar atau terputus
  • Speaker TV internal telah rusak
  • Elemen pada mainboard mungkin telah rusak
  • Sumber Sinyal mungkin rusak
  • Perangkat Lunak TV sudah kadaluarsa, mungkin perlu di update
  • Pengaturan TV Anda telah kacau

Itu tadi adalah beberapa penyebab masalah TV tidak ada suara. Setelah Anda menemukan penyebabnya, segalanya akan menjadi lebih mudah untuk ditangani. Sekarang kita beralih ke solusi untuk semua masalah ini.

Cara mengembalikan suara TV yang hilang

Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang dapat membantu Anda memecahkan masalah dan mendapatkan kembali suara TV Anda.

1. Periksa pengaturan mute

Mute dapat sepenuhnya menonaktifkan suara di TV Anda. Jadi, sangat penting untuk memeriksa ulang pengaturan ini. Anda dapat mencoba menekan tombol mute di remot TV, terkadang siapa pun selain Anda dapat membisukan suara dan Anda mungkin tidak mengetahuinya. 

2. Naikkan Volume

Jika volume disetel ke nol atau sangat rendah, Anda tidak akan mendapatkan suara apa pun dari TV. Coba naikkan volume pada tombol remot atau pada tombol volume di TV.

3. Nyalakan Ulang TV

TV terkadang perlu di-boot ulang dari waktu ke waktu agar tetap berjalan dengan benar. Untuk setiap peralatan listrik, reboot selalu berfungsi sebagai reset kecil dan menyelesaikan banyak masalah. Anda juga harus mencoba mematikan TV dan perangkat lain yang terhubung dengannya. Jika ada masalah sementara, itu bisa diselesaikan hanya dengan reboot.

4. Periksa Protokol Audio Sekunder

Anda tidak akan mendapatkan suara apa pun dari speaker TV jika TV Anda disetel ke Protokol Audio Sekunder (SAP). Jadi pastikan untuk memeriksa pengaturan ini juga.

6. Pengaturan Masukan Audio TV (Audio Input)

Terkadang input audio diubah secara tidak sengaja oleh Anda atau orang lain yang memiliki remote TV dan Anda tidak menyadarinya. Misalnya jika seseorang dengan remote TV menekan tombol "AUX", input audio akan diatur ke AUX tetapi tidak akan ada perangkat yang terhubung. Dalam hal ini audio akan diputar melalui perangkat yang sebenarnya tidak terhubung ke TV. Jadi periksa kembali apakah Anda menggunakan opsi input yang benar.

7. Ganti Saluran TV

Terkadang terjadi masalah transmisi dan TV Anda gagal mendapatkan suara dari saluran tertentu. Masalahnya mungkin bukan di TV, Anda harus mengubah saluran yang berbeda dan melihat apakah Anda mendapatkan suaranya. Masalahnya mungkin ada di TV jika Anda tidak mendengar suara di saluran mana pun.

8. Periksa Port Headphone

Headphone mungkin tersambung ke TV yang jauh dari mata Anda. Sebagian besar jack headphone ada di depan TV. Jadi periksa apakah jack headphone kosong dan tidak ada yang terpasang di sana.

9. Periksa Kabel Koneksi

Terkadang mencolokkan atau mencabut kabel dapat membuat kabel penghubung sedikit longgar atau terputus. Mungkin juga Anda memindahkan TV yang mengendurkan kabel. Hal ini dapat mengakibatkan tidak ada suara dan Anda hanya akan melihat gambar. Lebih baik pasang kembali semua kabel penghubung untuk memastikan semuanya terhubung dengan benar. Jika Anda melihat ada kerusakan pada kabel, coba ganti kabel itu karena mungkin rusak.

10. Setel Ulang TV

Perubahan pengaturan dapat menyebabkan banyak masalah. terutama ketika Anda mengubah pengaturan yang tidak Anda ketahui, hal tersebut dapat mengganggu fungsionalitas perangkat.

Seperti halnya TV, kita sering mengubah banyak hal meskipun kita tidak memiliki informasi lengkap tentangnya. Untuk mendapatkan pengaturan pabrik TV Anda, solusi terbaik adalah mengembalikan TV ke pengaturan default. Ini dapat menghapus semua data Anda, tetapi ini adalah satu-satunya langkah untuk memastikan bahwa semua pengaturan baik-baik saja.

Ini terkadang memecahkan masalah. Jika masalah berlanjut, kami akan yakin setidaknya bahwa pengaturannya baik-baik saja dan akan dapat melanjutkan lebih jauh ke langkah berikutnya.

Untuk memulihkan TV Anda, tekan dan tahan tombol menu selama 10 detik dan tab pemulihan akan terbuka. Kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan ulang. Metode pemulihan akan bervariasi sesuai dengan model dan merek TV Anda.

11. Periksa Perangkat Lunak TV Untuk Pembaruan

Perangkat lunak atau driver yang kedaluwarsa dapat memengaruhi suara TV di beberapa atau semua saluran. Anda harus memeriksa versi perangkat lunak mana yang sedang digunakan TV Anda. Panduan TV dapat banyak membantu Anda dalam hal ini.

Periksa juga apakah ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat lunak. Jika pembaruan tersedia, Anda harus memperbaruinya ulang. Perangkat lunak TV dapat diperbarui secara otomatis jika terhubung ke internet. Anda juga dapat memperbaruinya secara manual MELALUI drive USB.

12. Periksa Dengan Speaker Eksternal

Untuk memeriksa apakah TV mengeluarkan suara, Anda harus menghubungkan perangkat audio eksternal, seperti receiver, surround sound, atau perangkat lain untuk memutar audio. Uji apakah Anda dapat mendengar audio dari speaker eksternal.

13. Speaker TV Internal Rusak

Jika Anda mendapatkan suara dari speaker eksternal meskipun bukan dari speaker TV internal tetapi ada gambar, speaker TV Anda mungkin rusak.

14. Ada beberapa kemungkinan bahwa sirkuit di TV rusak.

15. Sumber Sinyal Rusak

Penyebab utama lainnya yang juga dapat menyebabkan masalah TV tidak ada suara adalah kekuatan sinyal yang lemah. Kekuatan sinyal harus lebih besar dari 20db. Anda dapat melakukan pemeriksaan sinyal dengan masuk ke pengaturan TV Anda. Buka dukungan, diagnosis diri, dan informasi sinyal.

16. Elemen Mainboard yang Rusak

Mainboard juga disebut sebagai motherboard adalah bagian utama dari TV. Kerusakan pada elemen apa pun dari papan ini dapat menonaktifkan fungsi TV Anda dan Anda mungkin mengalami masalah seperti TV tidak ada suara namun ada gambar.

Tidak mungkin bagi orang biasa untuk menangani masalah yang berkaitan dengan mainboard karena kesalahan dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Anda dapat mengatasi masalah jika Anda tahu persis apa yang Anda lakukan. Jika tidak, Anda harus mendapatkan dukungan profesional untuk memecahkan masalah tersebut.

Oke sobat Montirbox, mungkin salah satu dari solusi cara mengembalikan suara tv yang hilang diatas akan bekerja dengan baik untuk Anda, dan Anda akan mendapatkan kembali suara TV sesegera mungkin. Namun jika setelah mengikuti semua langkah, TV Anda masih menampilkan gambar tetapi tidak ada suara yang keluar, Anda harus mencari seorang profesional untuk memecahkan masalah tersebut.

Baiklah sobat, itu tadi beberapa tips dan cara mengembalikan suara tv yang hilang, semoga ada jalan keluar bagi Anda dengan masalah kenapa TV tidak ada suaranya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close