Skip to main content

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone (Semua Metode Berfungsi)

Pengen tahu cara mengeluarkan air dari iPhone? terapkan langkah jitunya, baca caranya divawah ini dan iPhone anda akan selamat dari kerusakan!

Mendapatkan air di iPhone sebenarnya adalah skenario mimpi buruk, Meskipun iPhone yang lebih baru (iPhone 7 dan yang lebih baru, termasuk seri iPhone 12, iPhone 13, maupun iPhone 14) memiliki peringkat IP sampai batas tertentu, namun tidak tahan air. Plus, jika Anda menggunakan iPhone yang lebih lama, masuknya air ke dalam atau ke dalam bisa sangat serius. Jadi, jika Anda tidak sengaja menenggelamkan iPhone ke dalam air, atau terkena air di kamera, speaker, atau port Lightning iPhone, berikut cara mengeluarkan air dari iPhone. Anda dapat menggunakan daftar isi di bawah ini untuk menavigasi ke bagian mana pun dari artikel ini.

Baca Juga : 10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu (KW)

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Terlepas dari apakah iPhone Anda memiliki IP Rating resmi atau tidak, Anda tidak boleh merendamnya dalam air. Itu karena Apple tidak menanggung kerusakan air, bahkan pada iPhone berperingkat IP. Jadi jika ada yang tidak beres pada masalah ini, Apple tidak akan memberikan garansi pada produknya dengan kerusakan terkena air.

Biasanya air masuk ke port Lightning atau speaker iPhone dan menyebabkan suara teredam. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga menemukan air atau kelembaban di dalam lensa kamera dan lebih sulit untuk dikeringkan. Jadi, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengeluarkan air dari iPhone, termasuk port Lightning iPhone, lensa kamera, dan lainnya. Plus, kita akan melihat cara mengeringkan iPhone Anda dengan dan tanpa menggunakan beras (seperti umum dilakukan). 

Cara menguras air dari speaker dan port pengisian daya iPhone

Karena ini adalah masalah paling umum yang dihadapi orang dengan iPhone, cara mengeluarkan air dari iPhone inilah yang akan kita bahas terlebih dahulu. Jika Anda ingin mengeluarkan air dari iPhone tanpa beras, berikut ada banyak metode, termasuk aplikasi, shortcut Siri, dll. Anda dapat menggunakannya untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone dan port pengisian daya. Mari kita lihat mereka satu per satu.

Hal pertama yang harus Anda coba adalah menggunakan gravitasi untuk menyelamatkan iPhone Anda yang tergenang air. Cukup arahkan speaker iPhone Anda ke lantai dan ketuk perlahan bagian atas iPhone Anda. Anda juga dapat mencoba mengetuk di sekitar bingkai iPhone untuk mengalirkan air keluar dari perangkat.

Trik sederhana cara mengeluarkan air dari iPhone ini juga dapat mengeluarkan tetesan air yang tersangkut di dalam speaker iPhone Anda dan membiarkannya mengalir keluar dari cangkang speaker dan jatuh ke tanah.

Keluarkan air dari speaker iPhone dengan shortcut Siri

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Apple Watch hadir dengan cara praktis untuk mengeluarkan air dari kisi-kisi speaker. Ini memungkinkan Anda memutar suara untuk mengeluarkan air dari speaker dan sangat efektif. Anehnya, iPhone tidak memiliki metode bawaan seperti itu. Tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat membuat salah satu dari Anda sendiri atau menggunakan shortcut Siri yang dibuat oleh pengguna iPhone lain untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Pertama, Anda harus mengaktifkan pengaturan shortcut tidak tepercaya di iPhone Anda. Buka Settings -> Shortcuts dan aktifkan opsi "Allow untrusted shortcuts". Anda harus memasukkan kode sandi untuk mengonfirmasi tindakan.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

2. Selanjutnya, unduh shortcut "Water Eject" dari tautan ini dan tambahkan ke iPhone Anda. Anda perlu menggulir ke bagian bawah halaman "Add Shortcut" yang terbuka dan ketuk tombol "Add Untrusted Shortcut". Ini adalah shortcut keyboard yang bagus yang dibuat oleh pengguna Josh0678 dan Anda dapat menelusuri lebih banyak shortcut seperti itu menggunakan tautan ini jika Anda tertarik dengan itu.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

3. Sekarang buka aplikasi Shortcut dan buka tab "My Shortcuts". Di sini, ketuk shortcut "Water Eject”". Pilih "Begin" dari menu pop-up dan shortcut akan mulai melakukan tugasnya. Anda akan mendengar banyak suara saat shortcut berjalan dan air akan mulai keluar dari speaker iPhone Anda.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Catatan : Untuk hasil yang lebih baik, arahkan speaker iPhone ke lantai untuk memungkinkan gravitasi bekerja. Selain itu, jangan gunakan Shortcut keyboard saat menggunakan AirPods atau headphone.

Aplikasi untuk mengeluarkan air dari hp iPhone

Jika Anda tidak ingin menggunakan Shortcut Siri, atau Anda tidak mempercayai Shortcut yang dibuat oleh pengguna anonim di internet, Anda dapat mencoba aplikasi yang menawarkan fungsi serupa. Aplikasi yang direkomendasikan kebanyakan orang untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone disebut Sonic, ini merupakan cara mengeluarkan air dari iPhone yang cukup ampuh untuk dilakukan.

1. Unduh Sonic dari App Store (Gratis).

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

2. Luncurkan aplikasi setelah diinstal. Sonic menggunakan gelombang suara untuk membantu Anda mengeluarkan air dari speaker iPhone Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memilih frekuensi suara yang akan diputar melalui speaker, yang berarti Anda dapat bereksperimen dengan suara bernada tinggi dan rendah untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

3. Setelah Anda memilih frekuensi yang ingin Anda gunakan, ketuk "Play". Setelah pengeringan selesai, ketuk "Stop" untuk menghentikan suara. Aplikasi ini akan menghilangkan air dari speaker iPhone untuk Anda, plus gratis untuk digunakan, sungguh aplikasi yang luar biasa.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Catatan : Saat memutar suara, geser jari Anda ke atas dan ke bawah pada layar untuk menyesuaikan frekuensi secara real time. Ini dapat membantu menghilangkan air dengan lebih efisien.

Jika aplikasi atau Shortcut bukan ide yang bagus untuk Anda, ada juga situs web yang memungkinkan Anda memutar suara untuk menghilangkan air dari speaker iPhone. Berikut cara kerjanya:

1. Kunjungi situs web ini di iPhone Anda.

2. Di sini, sentuh nilai frekuensi (ini akan menampilkan 440Hz secara default) dan masukkan 165Hz.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

3. Klik tombol "Mainkan" untuk mulai memutar suara. Ini akan membantu menghilangkan air yang tersangkut di speaker iPhone Anda dengan mudah.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi

1. Gunakan Beras untuk Memperbaiki iPhone yang Rusak Karena Air

Cara mengeluarkan air dari iPhone berikutnya adalah dengan menggunakan beras. Menggunakan beras untuk memperbaiki kerusakan karena air pada perangkat elektronik adalah sesuatu yang di percayai oleh banyak orang. Montirbox tidak pernah menggunakan metode ini dan tidak dapat menjamin keefektifannya. Namun, beras adalah penyerap air yang cukup baik, yang berarti dapat membantu iPhone Anda basah sampai batas tertentu.

Proses ini sangat sederhana. Matikan iPhone Anda dan celupkan ke dalam beras. Pastikan iPhone benar-benar terendam didalam beras selama beberapa hari. Beras dapat menyerap setidaknya sebagian kelembapan dari iPhone Anda. Trik ini dapat membantu untuk memecahkan masalah seperti kelembaban di dalam lensa kamera iPhone, port pengisian daya, dll.

2. Gunakan Silica Gel untuk memperbaiki iPhone yang rusak karena air

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Meskipun beras diketahui bekerja, ada satu hal lagi yang bisa menyerap banyak kelembaban, dan itu disebut silika gel. Anda mungkin pernah melihat paket-paket ini di dalam kotak atau tas sepatu yang Anda beli. Bungkus kecil berisi silika gel ini akan menyerap semua kelembapan dan memastikan pakaian, tas, sepatu, dll. tidak rusak oleh kelembapan.

Jadi, jika Anda memiliki gel silika, Anda harus mencoba menggunakannya untuk membantu Anda memperbaiki iPhone yang rusak karena air. Tutupi iPhone Anda dengan paket silika gel dan biarkan selama satu atau dua hari. Itu akan membantu menyerap semua kelembapan dari iPhone Anda.

Catatan : Metode atau cara mengeluarkan air dari iPhone ini bekerja paling baik jika Anda merobek paket gel silika dan mengubur iPhone Anda di partikel gel silika kecil di dalam paket. Namun, itu juga bisa sedikit berisiko karena Anda bisa memacahkan butiran silika gel ini.

Cara mengeluarkan air dari kamera iPhone

Jika uap air terperangkap di dalam kaca kamera iPhone Anda, itu dapat membuat foto Anda buram dan berbintik-bintik. Plus, itu juga bukan kabar baik untuk kehidupan iPhone Anda.

Metode paling sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mencoba menghilangkan air dari kamera iPhone Anda adalah dengan mengubur perangkat di dalam beras atau di antara paket gel silika. Mereka akan mengeluarkan kelembapan dari kamera iPhone, layar, port pengisian daya, dll.

Anda dapat membaca bagian di atas untuk detail lebih lanjut tentang cara menggunakan beras dan silika gel untuk menghilangkan air dari lensa kamera iPhone. Di sisi lain, jika kamera iPhone Anda membeku atau Anda melihat layar hitam, kami sarankan Anda memeriksa panduan pemecahan masalah tertaut kami.

Bawa iPhone Anda ke Apple untuk diservis

Jika tidak ada yang berhasil atau jika Anda hanya ingin ahli melihat iPhone Anda, Anda dapat membawanya ke Apple Store terdekat atau pusat layanan bersertifikat.

Apple Genius atau ahli perbaikan seharusnya dapat membantu Anda menghilangkan kelembapan atau air dari iPhone Anda. Mereka bahkan dapat memperbaiki iPhone Anda jika terjadi kesalahan. Namun, ketahuilah bahwa iPhone memiliki lampu indikator kerusakan air, sehingga operator perbaikan Anda akan mengetahui kerusakan air. Tidak ada gunanya mencoba menyembunyikan fakta itu dari mereka.

Solusi do-it-yourself untuk memperbaiki iPhone basah

Catatan : Montirbox menyarankan Anda untuk tidak membuka iPhone sendiri. Jadi coba ini dengan risiko Anda sendiri.

Bagi Anda yang menyukai untuk mengerjakan sendiri, sebagai penggila DIY Anda dapat mencoba membuka iPhone dan mengeringkannya sendiri. Membuka iPhone sendiri akan memudahkan Anda mengeringkan air yang dapat meresap ke bagian dalam bodi iPhone, bukan hanya port pengisian daya atau speaker. Selain itu, Anda bisa membersihkannya dengan baik, lebih baik menggunakan beras atau silika gel. Harap dicatat bahwa gel silika akan bekerja lebih baik jika Anda membuka iPhone dan kemudian menguburnya di bawah paket gel silika.

Juga, Montirbox ingin mengingatkan Anda bahwa membuka iPhone Anda akan membatalkan garansi iPhone. Jadi, pastikan Anda hanya melakukan ini jika masa garansi iPhone habis atau yakin dengan kemampuan Anda untuk membuka dan memperbaiki iPhone.

Selamatkan iPhone Anda dari kematian dini karena kerusakan air

Kehilangan iPhone Anda karena kerusakan air bisa membuat frustrasi karena Anda bisa merasa hampir tidak berdaya. Plus, bahkan dengan iPhone yang lebih baru yang diberi peringkat IP, tidak ada jaminan bahwa iPhone akan bertahan dari paparan air dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun. 

Jika Anda menggunakan iPhone saat hujan atau secara tidak sengaja menjatuhkannya ke kolam, Anda harus memeriksa untuk memastikan tidak ada air yang terperangkap di port Lightning atau speaker. Jika demikian, gunakan metode cara mengeluarkan air dari iPhone yang dibahas dalam artikel ini untuk mengalirkan air dari iPhone Anda dan menyelamatkannya dari hubungan arus pendek.

Itu tadi tips dan trik cara mengeluarkan air dari iPhone. Jadi metode apa yang Anda gunakan untuk menghilangkan air dari speaker, port pengisian daya, atau kamera iPhone? Sudahkah Anda menggunakan trik atau aplikasi suara untuk memperbaiki iPhone yang rusak karena air? Atau apakah gel silika bekerja lebih baik untuk Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah bagaimana cara mengeluarkan air dari iPhone Anda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close