Skip to main content


Tips Membeli Laptop Gaming Dengan Budget Terbatas

Tips Membeli Laptop Gaming Dengan Budget Terbatas - Menjadi seorang gamer PC adalah merupakan soal pilihan, baik kita berbicara tentang resolusi, estetika, atau kinerja. Laptop gaming menjadi semakin populer di komunitas gaming PC, dan laptop gaming terbaik akan memiliki kinerja yang sebanding dengan sebuah perangkat desktop.

Mari kita bicara tentang apa yang harus dan yang tidak dilakukan saat Anda ingin memilih atau membeli sebuah laptop gaming, dan beberapa cara terbaik untuk memilih laptop gaming yang berkualitas dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Anti Virus Untuk Laptop dan Android

Tips Membeli Laptop Gaming

Tips Sebelum Membeli Laptop Gaming


Tetapkan Anggaran


Seperti halnya PC atau komputer gaming, laptop gaming hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sebelum memutuskan merk apa dan fitur apa yang ingin Anda pilih, Anda harus terlebih dahulu menetapkan anggaran. Itu akan memberi Anda gambaran bagus tentang fitur yang sesuai dengan budget yang Anda punya.

Setelah Anda menetapkan anggaran, cobalah untuk menekan pengeluaran dari fitur-fitur laptop gaming yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan, dan hindari fitur seperti keyboard mekanik atau RGB, kecuali uang tidak masalah bagi Anda. Jika Anda mencoba berbelanja dengan anggaran terbatas, maka cobalah untuk lebih memprioritaskan kualitas GPU.

Tentukan Merk


Laptop gaming berasal dari banyak produsen yang berbeda. Saat Anda berbelanja dan merencanakan untuk membeli prangkat laptop gaming, Anda harus memikirkan tentang fitur apa yang dimiliki dari sebuah merk laptop gaming. Alienware, ROG, Origin, Legion, ini semua adalah merk terkenal yang berorientasi game dari produsen perangkat keras PC terbesar.

MSI, misalnya, adalah salah satu produsen yang lebih besar, lebih berorientasi nilai dalam industri laptop gaming. Satu model produk laptop gaming mereka dihargai sekitar 1.000 dolar AS dan akan memberi Anda quad-core 9th gen i7, 8 RAM DDR4, dan GTX 1660 Ti.

Dengan spesifikasi seperti diatas, Anda tidak akan mengalami kendala dengan memainkan game seperti triple A 2020, Anda juga dapat memainkan game yang tidak terlalu menuntut seperti Fortnite, League Rocket, DOTA2, League of Legends, Overwatch, pada pengaturan tinggi, terus menerus  hngga mencapai 60 fps.

Untuk merk lain, laptop gaming tingkat menengah seperti ASUS ROG mungkin bisa menjadi pilihan Anda, yaitu sekitar 1.800 dolar AS dan akan hadir dengan prosesor hexacore, 16 RAM DDR4, dan GPU GTX 1070. ASUS ROG dapat menjalankan game AAA di pengaturan tinggi tanpa ada masalah. Anda juga akan mendapatkan barang-barang premium seperti layar 144 Hz, keyboard RGB, peningkatan kecil yang akan membuat pengalaman Anda jauh lebih menyenangkan.

Secara keseluruhan, selain merk dari sebuah merk laptop gaming yang mampu bermain game apapun tanpa ada kendala, Anda juga harus memperhatikan juga dari segi perangkat keras atau hardware, tweak CPU, pendinginan yang lebih baik, dan perangkat lunak dari laptop gaming yang akan anda beli.

Tentukan Ukuran Layar


Ukuran layar tentu juga akan mempengaruhi anggaran pengeluaran Anda. Laptop gaming kelas bawah biasanya hadir dengan layar 15,6 inci, ukuran layar yang cukup untuk bermain game, namun belum cukup besar bagi seorang gamer. Model yang lebih mahal hadir dengan layar 17 inci, yang memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Jika Anda memiliki budget yang terbatas dalam segi monitor, maka ukuran layar 14 inci bisa menjadi pilihan, walaupun untuk laptop gaming idealnya diatas 14 inchi. Terakhir, jika 17 inchi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gaming Anda, maka ada beberapa laptop kelas atas dengan tampilan layar monitor yang sangat lega, tetapi harganya tentu sangat mahal.

Beli beberapa bulan kemudian setelah tanggal rilis


Pasar laptop gaming sangat kompetitif dan bersaing, Anda akan segera menyadari bahwa rilis laptop gaming datang setiap bulan atau lebih. Ini berarti bahwa harga turun dengan cepat, dan Anda akan dapat menghemat banyak uang jika Anda menunggu beberapa bulan setelah rilis model untuk harga yang lebih rendah.

Jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, maka model generasi sebelumnya sebenarnya adalah tawaran yang bagus. Perangkat kerasnya masih sangat bagus, dan Anda dapat menjalankan game apa pun pada GPU seri GTX 1000. Seri 1070, 1080, dan 1080 Ti dapat menjadi pilihan buat Anda. Jadi mengambil model yang lebih lama jelas merupakan cara untuk menghemat uang dan mendapatkan lebih banyak nilai dalam prosesnya.

Baca Juga : Baterai Laptop cepat habis? ini dia sebabnya

Kesimpulan


Laptop gaming adalah cara yang bagus untuk menikmati game sambil tetap bepergian. Saat memilih laptop gaming, penting untuk menentukan anggaran, kemudian mencoba untuk mendapatkan perangkat keras sesuai dengan anggaran/budget yang Anda persiapkan.

Dan saran Montirbox, cara terbaik untuk mendapatkan nilai lebih adalah membeli laptop gaming dengan membeli laptop gaming yang "ketinggalan jaman", ketinggalan jaman bukan berarti jadul, tapi laptop gaming dibawah dari generasi terbaru.

Demikian tadi tips membeli laptop gaming dengan budget terbatas, Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi Anda yang mungkin sedang berencana untuk membeli sebuah laptop gaming.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close