Skip to main content


Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word - Meskipun Microsoft Word bukan aplikasi untuk membuat gambar di komputer, Anda dapat membuat gambar dasar atau coretan di Word secara langsung. Kita mengetahui bahwa Microsoft Word bukan perangkat lunak penting untuk desainer grafis, Microsoft Word tidak cocok untuk menggambar, tapi Microsoft Word memiliki beberapa alat menggambar bawaan yang dapat Anda gunakan jika Anda butuhkan.

Lalu bagaimana cara membuat gambar di Microsoft Word? Untuk sebuah gambar sederhana, Anda bisa menggambar di Microsoft Word secara langsung menggunakan bentuk, garis, atau alat pena. Jika Anda ingin menggambar di Microsoft Word, inilah yang perlu Anda lakukan.

Instruksi ini telah dirancang dengan mempertimbangkan Microsoft Office 2019. Meskipun langkah-langkah tersebut dapat berfungsi untuk versi Word yang lebih lama, mungkin ada beberapa variasi atau fitur yang hilang.

Menggunakan Microsoft Word Drawing Tools


Ada dua set alat menggambar yang tersedia untuk pengguna Microsoft Word. Jika Anda ingin menggambar gambar dasar seperti blok, Anda bisa menyisipkan bentuk atau garis ke dalam dokumen Word Anda dan mengelompokkannya menjadi satu. Anda mungkin ingin melakukan ini jika Anda membuat diagram atau diagram alir, misalnya.

Atau, Anda dapat mengubah Word menjadi kanvas pribadi Anda menggunakan alat menggambar pena. Jika Anda memiliki perangkat layar sentuh atau tablet grafis, ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar dengan tangan bebas.

Untuk menyisipkan bentuk, Anda harus menekan tab Insert pada ribbon bar. Untuk menggambar dengan bebas layaknya sebuah pensil diatas kertas, tekan tab Draw.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Memasukkan Bentuk ke Microsoft Word


Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan menggambar sendiri, atau ingin membuat diagram di Word, Anda bisa menyisipkan bentuk atau shapes.

Ada ratusan pra-set shapes (bentuk) yang tersedia. Anda dapat menggambar bentuk-bentuk khas seperti kotak atau lingkaran, atau menyisipkan panah, bintang, gelembung ucapan, dan banyak lagi. Untuk menyisipkan bentuk, tekan tab Insert pada bilah pita Ribbon Bar), lalu tekan menu Shapes.

Ini akan mencantumkan berbagai opsi bentuk di menu drop-down untuk Anda pilih.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Tekan salah satu opsi shapes (bentuk) atau garis yang telah ditentukan sebelumnya untuk memilihnya, kursor Anda akan berubah pada titik ini.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Setelah hal tersebut dilakukan, gambar akan langsung ke dokumen Word Anda untuk memasukkan bentuk atau garis yang Anda pilih. Ini memungkinkan Anda memilih ukuran yang sesuai untuk bentuk/shape Anda.

Dengan bentuk/shape yang dimasukkan dan dipilih, Word akan beralih ke tab Format pada ribbon bar. Dari sini, Anda dapat memformat bentuk/shape Anda.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Untuk menambahkan teks ke bentuk/shape Anda, misalnya, mulai mengetik dengan bentuk/shape yang dipilih, teks akan dimasukkan ke dalam bentuk/shape.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Anda juga dapat mengubah warna dan gaya shape/bentuk Anda, serta posisi dan perataan teks yang disisipkan, menggunakan opsi yang tercantum dalam Tab Format.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Membuat Gambar Gambar Tangan Bebas di Word


Jika Anda ingin membuat lebih banyak gambar Word yang asli, Anda dapat menggunakan berbagai alat menggambar pena untuk menggambar ke Word document. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan mouse atau trackpad, atau lebih tepatnya menggunakan perangkat layar sentuh atau tablet grafis.

Untuk memulai, tekan tab Draw pada bilah pita atau ribbon bar. Ini akan menampilkan opsi alat menggambar pena untuk Anda gunakan.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Tiga opsi gambar tersedia di bagian Tools. Tekan Draw with Touch untuk mulai menggambar dengan salah satu alat pena, Eraser untuk beralih ke alat penghapus atau Select untuk memilih gambar Anda sebagai objek untuk memindahkan, menyalin, atau menghapusnya.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Daftar pena yang tersedia untuk menggambar ditunjukkan di bawah kategori Pens. Ada tiga pena menggambar tersedia, yaitu Pencil, Pen serta Highlighter.

Seperti yang Anda ketahui, menggunakan tool Pencil untuk menyisipkan garis gambar yang lebih halus kurang tepat ke dokumen Anda. Tool Pen adalah sebaliknya, garis lebih bersih, lebih tebal, dan lebih jelas. Tool Highlighter dapat digunakan untuk penekanan, menambah warna pada gambar Anda.

Beberapa warna dan desain yang telah tersedia sebelumnya sudah ada dalam kategori Pens, pilih salah satu dari ini untuk mulai menggambar. Atau, Anda dapat membuatnya sendiri dengan menekan tombol Add Pen dan memilih salah satu alat yang tercantum dalam menu drop-down.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Ini akan menambahkan desain pena baru ke kategori Pens, dengan menu pengaturan drop-down. Dari sini, Anda dapat mengatur ketebalan dan warna alat pena, dengan pratinjau desain pena di bagian atas.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Anda dapat mengedit ini di masa mendatang dengan mengarahkan kursor ke desain pena dan tekan ikon Arrow disudut kiri bawah.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Dengan alat pena gambar yang dipilih dan dikonfigurasi, Anda kemudian dapat mulai menggambar ke dokumen Word Anda secara langsung.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Membuat Kanvas Gambar di Word


Word memungkinkan Anda untuk menggambar ke dokumen Word tanpa kendala. Namun, jika Anda lebih suka menggambar ke area yang jauh lebih kecil dari dokumen Word Anda, Anda bisa menyisipkan kanvas gambar.

Kanvas menggambar mengelompokkan gambar Anda menjadi satu objek yang kemudian dapat dipindahkan, diubah ukurannya, atau disalin di tempat lain. Untuk melakukan ini, tekan tombol Drawing Canvas dibagian Insert dari tab Draw.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word

Ini akan memasukkan kanvas ke dalam Word document Anda. Anda hanya dapat menggambar di dalam batas objek kanvas, apa pun yang digambar di luar ini akan diabaikan.

Cara Membuat Gambar di Microsoft Word
Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word

Merancang Dokumen Microsoft Word


Meskipun belum dirancang dengan menggambar dalam pikiran, Anda masih dapat menggunakan bentuk, garis, dan gambar pena bebas untuk membuat gambar sederhana di Microsoft Word. Anda dapat menggunakan bentuk atau shape untuk membuat diagram alur atau diagram atau menggunakan gambar "tangan-bebas" untuk memamerkan keterampilan menggambar artistik Anda.

Anda dapat menyisipkan dan mengedit gambar dalam Microsoft Word juga, tetapi jangan lupa tujuan utama Word. Jika Anda merancang dokumen baru, Anda mungkin lebih suka menggunakan building blocks untuk membantu Anda membuatnya lebih cepat.

Oke sobat Montirbox, itu tadi artikel tentang bagaimana cara membuat gambar di Microsoft Word. Semoga postingan ini berguna bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkan tutorial ini. Selamat mencoba.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close