Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word

Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word - Anda dapat mengatur data dalam dokumen Word dengan menggunakan tabel. Inilah cara menambahkan tabel di word dan menyesuaikan tabel di Microsoft Word yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengatur konten dalam dokumen Word, salah satu yang terbaik adalah menggunakan tabel. Hal Ini memungkinkan Anda untuk memisahkan konten Anda menjadi kolom dan baris, memungkinkan untuk presentasi yang lebih baik.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat tabel di Microsoft Word. Anda dapat menyisipkan, menggambar, atau menyalin tabel dari tempat lain, jika Anda mau. Berikut ini adalah cara membuat tabel di word dan menyesuaikan tabel di Microsoft Word, silahkan ikuti metode ini.

Cara Menyisipkan Tabel di Microsoft Word

Anda bisa menyisipkan tabel di Microsoft Word dalam beberapa cara, tetapi ada tiga cara yang layak disebutkan secara khusus. Anda dapat menambahkan tabel dengan memasukkannya secara otomatis dengan ukuran yang ditetapkan, atau Anda dapat menggambar tabel secara manual menggunakan mouse atau trackpad.

Alternatif lain cara membuat daftar tabel di word, Anda juga dapat menyalin dan menempelkan sebuah pengelompokan sel dari Microsoft Excel. Setelah disisipkan, Word akan mengkonversi sel-sel ini ke dalam format tabel. Petunjuk di bawah ini akan berfungsi untuk semua versi Word terbaru. Namun, mungkin ada sedikit perbedaan dalam versi Office yang lebih lama.

Untuk menambahkan tabel di Word, Anda harus terlebih dahulu membuka dokumen Word kosong atau yang ada, dan tekan tab Insert pada ribbon bar. Dari sini, klik tombol Table.

Cara Membuat Tabel di Word

Ini akan menampilkan menu drop-down dengan berbagai opsi. Untuk menyisipkan tabel secara otomatis, pilih ukuran yang Anda inginkan dari kisi.

Setelah ditekan, tabel akan dimasukkan ke halaman menggunakan jumlah baris dan kolom yang Anda pilih.

Cara Membuat Tabel di Word

Atau, tekan opsi Insert Table, pilih jumlah baris dan kolom yang Anda butuhkan dari kotak pop-up Insert Table yang muncul sesudahnya.

Cara Membuat Tabel di Word

Anda juga bisa menggambar tabel sebagai gantinya. Dari menu drop-down Table, klik opsi Draw Table.

Cara Membuat Tabel di Word

Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word

Menggunakan mouse atau trackpad Anda, gambarkan sebuah tabel dengan ukuran yang Anda inginkan pada halaman yang Anda pilih.

Setelah membuat batas terluar untuk tabel Anda, Anda harus menggambar ke bawah di dalam tabel untuk menambahkan kolom, atau secara horizontal untuk menambahkan baris.

Cara Membuat Tabel di Word

Seperti yang disebutkan tadi, Anda juga dapat menempel di tabel menggunakan sel dari spreadsheet Microsoft Excel.

Untuk melakukan ini, buka Excel spreadsheet, pilih pengelompokan sel dan tekan Ctrl + C pada keyboard Anda (atau tekan Home> Copy).

Cara Membuat Tabel di Word

Kembali ke dokumen Word Anda, lalu tekan Ctrl + V pada keyboard Anda untuk menempelkan sel ke dalam dokumen Anda (atau tekan Home> Paste).

Cara Membuat Tabel di Word

Memformat Tabel Microsoft Word

Setelah tabel Anda dibuat di Word, Anda bisa mulai memformatnya. Anda dapat mengubah ukuran tabel setelah dibuat, serta mengubah batas, font style, dan lainnya.

Salah satu cara mudah untuk memformat tabel Anda adalah dengan menggunakan sebuah table style. Ini menerapkan opsi pemformatan prasetel ke tabel Anda. Untuk menambahkan ini, pilih tabel Anda, lalu tekan tab Design di bawah bagian Table Tools di ribbon bar.

Klik salah satu opsi dari bagian Table Styles untuk menerapkan gaya dari tabel Anda.

Cara Membuat Tabel di Word

Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word

Untuk menambahkan pemformatan Anda sendiri, pilih dan klik kanan tabel Anda, lalu tekan Table Properties.

Cara Membuat Tabel di Word

Anda dapat mengatur ukuran tabel Anda menggunakan opsi yang ditampilkan di berbagai menu tab di kotak Tabel Properties. Ini termasuk opsi untuk mengubah panjang, lebar, dan perataan kolom dan baris tabel Anda.

Untuk mengubah Borders and Shadings tabel Anda, tekan tombol Borders and Shadings di bagian bawah tab Tabel.

Cara Membuat Tabel di Word

Anda dapat dengan mudah mengubah opsi pemformatan tabel lainnya, termasuk font, warna, dan gaya teks lainnya menggunakan opsi pemformatan standar di Word.

Untuk melakukan ini, pilih teks di tabel Anda, lalu gunakan opsi pemformatan dari bagian Font dan Paragraph di tab Home pada ribbon bar untuk membuat perubahan.

Cara Membuat Tabel di Word

Membuat tabel dalam dokumen Word seperti yang Montirbox sebutkan tadi adalah salah satu cara untuk mengatur dan menyajikan data Anda. Namun, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan. Anda dapat menambahkan dan mengedit gambar dalam Microsoft Word untuk mendapatkan poin Anda secara visual, misalnya.

Baca Juga : Printer tidak terdeteksi? gunakan cara ini untuk mengatasi masalah

Jika Anda ingin tetap menggunakan tabel, jangan lupa bahwa itu mudah untuk menyalin data dari Microsoft Excel dan menempelkannya ke dokumen Word Anda nanti. Jika Anda baru mengenal Excel dan belum begitu mampu untuk meng-operasikannya, mudah-mudahan dengan tips cara membuat tabel di Word dan menyesuaikan tabel di Microsoft Word ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tabel di Word dan Menyesuaikan Tabel di Microsoft Word"