Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa perbedaan antara Proxy dan VPN?

Apa perbedaan antara Proxy dan VPN? - Virtual Private Network (VPN) adalah jaringan yang melindungi identifikasi pengguna dengan mengubah rute lalu lintas dan membantu Anda terhubung ke komputer jarak jauh. Jika kita berbicara tentang Proxy, ia juga melakukan pekerjaan yang sama seperti VPN. Tetapi ada perbedaan antara keduanya. Panduan ini membantu Anda menemukan perbedaan antara proxy dan VPN. Juga, ini menjelaskan mengapa VPN adalah layanan yang lebih andal dan lebih kuat daripada Proxy, jadi baca terus artikel ini agar anda tahu perbedaan antara Proxy dan VPN.

Perbedaan antara Proxy dan VPN

Dengan teknologi canggih dan digitalisasi modern, internet kini telah menjadi salah satu layanan paling penting yang memainkan peran besar dalam setiap aspek kehidupan kita. Dan karena ini, kita melakukan hampir semua pekerjaan besar dan kecil melalui internet. Tetapi juga tidak dapat dipungkiri bahwa internet saat ini tampak seperti tempat yang menakutkan, di mana kita dikelilingi oleh banyak malware dan ransomware. Mereka selalu mencoba mengganggu pada perangkat saat browsing atau mengunduh file.

Untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa menggunakan perangkat lunak VPN atau layanan Proxy yang memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi. Kedua layanan tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses layanan internet secara anonim dengan menyembunyikan alamat Internet Protocol dengan berbagai cara.

Jadi, muncul pertanyaan bahwa jika server proxy dan koneksi VPN melakukan pekerjaan yang sama, maka mengapa mereka disebut berbeda? pada dasarnya, mereka memiliki fungsi yang berbeda. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Proxy dan VPN

Apa itu Server Proxy?

Perangkat lunak proxy memudahkan orang mengatasi sensor internet. Itu dapat membuat Anda anonim di internet, membuat koneksi lebih aman dan pribadi.

Server proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara komputer Anda dan server yang Anda coba akses. Dalam hal ini, situs web tidak dapat mendeteksi alamat IP asli Anda dan tampaknya berasal dari lokasi lain mana pun.

Misalnya, anggap Anda saat ini berada di kota Jakarta, dan Anda perlu mengakses situs web yang hanya terbatas pada orang-orang yang berlokasi di Amerika Serikat. Dalam hal ini, Anda harus terhubung ke server proxy yang berlokasi di Amerika Serikat. Setelah itu, hubungkan ke situs web itu. Dengan begitu, lalu lintas yang datang dari browser web Anda seperti berasal dari komputer jarak jauh.

Layanan proxy cukup membantu untuk situs web terbatas kawasan dan sangat dapat diandalkan untuk tugas yang terkait dengan low-stakes. Seperti yang Montirbox sebutkan sebelumnya, server proxy menggunakan ID jaringan anonim, sehingga memintas filter konten sederhana dan layanan yang didasarkan pada pembatasan IP.

Untuk membuatnya lebih jelas, mari kita ambil contoh. Asumsikan Anda adalah lima teman dan bermain game online di mana Anda menerima bonus insentif dalam game setiap hari ketika Anda memilih server game di situs peringkat server. Tetapi sesuai dengan kebijakan permainan, Anda hanya dapat memilih dengan alamat IP Anda terlepas dari apakah nama pemain lain digunakan. Untungnya, ada layanan proxy yang dapat digunakan oleh kelima teman untuk dengan mudah login suara mereka dan mendapatkan bonus insentif dalam game. Itu bisa terjadi karena peramban web dari setiap orang tampaknya berasal dari alamat IP lain.

Terlepas dari poin plus ini, ada juga beberapa kelemahan ke server proxy. Server proxy tidak dapat diandalkan untuk tugas-tugas tingkat tinggi. Meskipun, ia menyembunyikan alamat IP dan berfungsi sebagai orang bisu terletak di tengah lalu lintas Internet. Tapi, itu tidak mendukung perlindungan enkripsi untuk mengenkripsi data antara perangkat Anda dan server proxy. Oleh karena itu, seorang programmer yang mahir dan berpengalaman dapat dengan cepat memblokir data sensitif dalam perjalanan dan menyimpannya.

Layanan proxy pada dasarnya didasarkan pada aplikasi berdasarkan aplikasi. Ini berarti Anda tidak dapat mengonfigurasi seluruh PC saat tersambung ke proxy.

Ada dua jenis utama proxy yang biasa digunakan. Protokol-protokol server proxy adalah HTTP Serta SOCKS. HTTP Proxy adalah server proxy tertua dan paling luas. Ini pada dasarnya dirancang untuk lalu lintas berbasis web sehingga dapat mendeteksi konten yang mencurigakan dengan mudah. Yang paling menarik dari proxy HTTP adalah ia memungkinkan Anda perlindungan enkripsi menggunakan sertifikat SSL, sedangkan server SOCKS tidak mendukung keamanan enkripsi.

Apa itu server VPN?

VPN atau Virtual Private Network sangat penting untuk tetap tidak terlihat atau anonim di internet. Ini akan mengenkripsi semua data yang dikirim perangkat Anda sehingga tidak bisa diretas. Menyembunyikan dan melindungi identitas Anda secara online.

Virtual Private Networks agak mirip dengan server Proxy, dengan ini juga menawarkan lapisan privasi dan keamanan ekstra untuk aktivitas internet. VPN berfungsi pada level OS tempat ia menempati seluruh koneksi lalu lintas komputer yang dikonfigurasikan. Itu menunjukkan, VPN menangkap lalu lintas jaringan dari setiap aplikasi yang berjalan di komputer Anda yang jauh melampaui browser web tunggal.

Selain itu, server VPN mengenkripsi lalu lintas jaringan antara internet dan komputer yang dengannya seluruh proses melewati tunnel yang sangat terenkripsi. Ini memberikan jaminan 100% untuk perlindungan data dari Penyedia Layanan Internet dan mata pengintip dari aktivitas internet. Dan dengan cara itu, informasi pribadi dan sensitif dari setiap pengguna akan tetap dipertahankan.

Karena memiliki semua layanan yang menguntungkan ini, menjadikan VPN sebagai server paling ideal untuk segala jenis penggunaan jaringan tingkat tinggi. Meskipun VPN menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, namun, ia juga dilengkapi dengan beberapa jenis kelemahan. VPN adalah server yang lebih lambat dibandingkan dengan proxy dan itu karena status koneksi terenkripsi. Selain itu, untuk menggunakan perlindungan enkripsi penuh, VPN biasanya dilengkapi dengan versi berbayar sementara server proxy gratis.

Baca Juga : 3 Ekstensi VPN Chrome Terbaik Untuk Browsing Web Yang Aman

VPN vs Proxy

Jadi perbedaan sebenarnya antara proxy dan VPN adalah bahwa layanan Proxy memungkinkan Anda menyembunyikan alamat IP (Internet Protocol) Anda dan mengubah rute seluruh koneksi jaringan secara anonim. Padahal koneksi VPN memiliki manfaat besar dibanding proxy. Ini tidak hanya menyembunyikan IP Anda tetapi juga menyediakan enkripsi yang lebih baik ke jaringan antara komputer dan servernya sehingga tidak ada pengintai atau peretas yang dapat merusak perangkat Anda.

Posting Komentar untuk "Apa perbedaan antara Proxy dan VPN?"