Skip to main content


10 Open World Games PS4 Terbaik Sepanjang Masa

10 Open World Games PS4 Terbaik Sepanjang Masa - Apakah Sobat sedang mencari game PS4 terbaik untuk genre open world? Kemampuan untuk bisa pergi kemanapun dan melakukan apapun yang kita inginkan bisa terwujud dengan game game open world. Generasi gaming saat ini benar-benar bisa memberikan lebih banyak kebebasan dari sebelumnya, Kalau biasanya game adalah pelarian dari realita, game-game open world justru bisa memberikan pengalaman game play yang semakin realistis.

Dengan perkembangan hardware yang semakin memungkinkan untuk membuat game open world, kini game-game open world sudah menjadi lebih mainstream. Dengan Sony yang mendominasi market game saat ini, pastinya akan ada banyak game open world di library game PS4. Saking banyaknya akan sulit untuk memilih game-game yang layak untuk menghabiskan waktu kita.

Untuk itu kita sudah memilih 10 game Open World PS4 terbaik sepanjang masa, game-game yang kita pilih adalah game-game yang mampu memenuhi elemen-elemen dalam istilah open world. Game apa itu? 10 Open World games PS4 terbaik sepanjang masa.

Game PS4 Terbaik Open World


10. Final Fantasy XV

Game PS4 Terbaik Open World

Open World games PS4 terbaik yang pertama dinomor 10 ada Final Fantasy XV. Game ini rilis di PS4 pada 29 November 2016, Princess Final Fantasy selalu menjadikan story sebagai fokus utamanya, story tetap menjadi perhatian besar. Yang membedakan adalah kita tidak benar-benar terikat oleh progresif story kita, bisa bebas untuk roaming map di game ini karena game ini untuk pertama kalinya dalam Princess Final Fantasy yang merupakan game open world.

Final Fantasy XV bersetting di dunia fictional bernama EOS yang berhasil memadukan fantasi dengan reality, yaitu dengan memadukan setting berbagai kota modern dipenuhi jalan raya, dengan setting alam liar berbahaya penuh monster. Setting seperti ini tentunya sangatlah unik dan wajib untuk kita eksplorasi.

Akan ada banyak side quest yang bisa kita lakukan di game ini, walaupun dengan hanya mengeksplor game ini saja kita akan sudah merasa puas. Kita bisa mengeksplore tempat-tempat di game ini dengan berjalan kaki atau dengan regalia, yaitu mobil kerajaan yang juga bisa kita terbangkan. Adanya mobil di game ini adalah untuk memberikan konsep prototype disetiap perjalanan, yang pastinya akan membentuk momen-momen tak terlupakan di setiap tempat yang kita lalui.

9. Metal Gear Solid 5 Phantom Pain

Game PS4 Terbaik Open World

Selanjutnya Open World games PS4 terbaik yang ada di nomor 9 adalah Metal Gear Solid 5 Phantom Pain. Game rilis pada 1 September 2015 untuk PC, PS4, PS3, Xbox One, dan Xbox 360. Walaupun ada berbagai argumen yang mengatakan kalau Kojima tidak perlu membawa Snake ke dunia open world, Phantom Pain justru memiliki game play paling fun dari seluruh franchise dengan memberikan berbagai mekanik yang tidak masuk akal.

Sebagai after match event yang terjadi di Metal Gear Solid Ground Zeroes, Panthom Pain akan membawa kita ke daerah padang Afghanistan pada masa perang Soviet-Afganistan. Berada di daerah Padang membuat world di game ini relatif miskin, tapi dibandingkan dengan game-game sebelumnya berkat mekanik open world di game ini kita bisa mengintai musuh dari kejauhan dan dari berbagai sudut sebelum menyelinap karya musik

Atau kita juga bisa menggunakan cara yang lebih tradisional yaitu perang telur, berbagai cara bisa bekerja untuk menyelesaikan sebuah misi di game ini. Sistem cuaca yang dinamis terkadang juga menguntungkan kita untuk menyelesaikan misi, karena membuat kita lebih sulit terlihat dan terdengar oleh musuh.

8. Watch Dog 2

Game PS4 Terbaik Open World

Kemudian Open World games PS4 terbaik yang ada di nomor 8 yaitu Watch Dog 2. Game ini rilis pada 15 November 2016 untuk PC, PS4, dan Xbox One. Watch Dog 2 seakan-akan dirilis sebagai permintaan maaf untuk game pertamanya yang kurang bisa memberikan game play open world bertema hackers seperti ekspektasi para gamers.

Untuk itu Ubisoft membuat game yang lebih berwarna dan memutuskan untuk membuat game yang lebih menyenangkan dengan Watch Dog 2. Game ini bersetting di versi fiksi dari kota San Fransisco yang tempatnya sangatlah menarik, kita akan jadi lebih termotivasi untuk menjelajahi seluruh kota ini.

Di game ini kita akan bermain sebagai Marcus Holloway yang merupakan anggota dari kelompok hacker. Berbagai hal yang kita lakukan juga akan terasa lebih berarti karena kita tidak hanya berjuang untuk diri kita sendiri tapi juga untuk kelompok ini. Kita akan tetap memiliki kemampuan untuk hacking dengan smartphone kita.

Kota penuh teknologi ini adalah taman bermain bagi hacker. Kita akan selalu menemukan sesuatu untuk kita hack di setiap jalan yang kita lalui, yang dengan sedikit kreatifitas bisa berubah menjadi hal-hal untuk bersenang-senang.

7. Marvel's Spiderman

Game PS4 Terbaik Open World

Open World games PS4 terbaik nomor 7 ada Marvel spiderman. Game superhero yang bebas dari franshise terkenal biasanya akan sulit untuk diadaptasi menjadi sebuah game, terutama di era modern gaming. Setelah sekian lama akhirnya ada game spiderman yang bisa menyaingi bahkan melebihi game-game Superhero di PS2.

Marvel's Spiderman rilis pada 7 September 2018 eksklusif untuk PS4. Sebagai spider-man yang hidup di New York, pastinya game ini akan bersetting di New York yang didesain seperti dunia komik versi realistis. Insomnia game tidaknya berhasil membuat kota New York versi Universe Spiderman yang menarik, tapi juga membuatnya menarik untuk dijelajahi.

Mekanik world swing di game ini bekerja dengan sangat baik, beralih dari satu bangunan kebangunan lain tidak akan pernah membosankan. Banyaknya side mission dan minigames dengan total game play berjam-jam yang tersebar di seluruh map juga sudah siap untuk menguras waktu kita.

6. Assassin's Creed Odyssey

Game PS4 Terbaik Open World

Open World games PS4 terbaik yang selanjutnya yaitu Assassin's Creed Odissey. Game ini rilis pada 5 Oktober 2018 lalu untuk PC, PS4, Xbox One, dan switch. Ubisoft selalu konsisten untuk selalu berusaha membuatmap open world yang terasa hidup dan unik. Di Assassin's Creed Odyssey dengan membawa game play nya ke next level.

Game ini bersetting pada tahun 431 sebelum masehi di daerah Yunani kuno pada era perang peloponnesian, yang bisa kita jelajahi bagian darat dan laut nya. Berbagai event dinamis, collectables, submission, juga akan mengisi seluruh map di game ini, yang juga dilengkapi dengan sistem siang malam dan cuaca.

Disain tempat ini dibuat menggunakan inspirasi dari arsitektur Yunani kuno, dan pastinya akan ada berbagai karakter sejarah asli yang akan kita temui di sepanjang gameplay. Game ini akan tetap memiliki game traditional adventure ala Assassin's Creed, dengan tambahan elemen RPG dilihat dari adanya skill untuk meng upgrade karakter kita, dan juga berbagai pilihan dialog yang bisa memberikan alternatif cerita. Selain semua hal tersebut, kita juga bisa memilih salah satu dari dua karakter dengan gender berbeda di awal game.

Baca Juga : Cara mengembalikan game PS4 HEN yang hilang setelah Rebuild Database

5. Fallout 4

Game PS4 Terbaik Open World

Lalu selanjutnya ada Fallout 4 sebagai Open World games PS4 terbaik di nomor 5. Pada 10 November 2015 lalu, dirilis Fallout 4 untuk PC, PS4, dan Xbox One. Bersetting di Boston pada tahun 2077, perselisihan antara Amerika dan China akhirnya berakhir dengan perang nuklir, yang mengharuskan player untuk berlindung di bunker bawah tanah sampai kita terbangun kembali pada tahun 2287.

Saat kita keluar dari bunker, Boston versi Post Apocalypse sudah menunggu untuk kita jelajahi. Dunia versi Fallout 4 digambarkan lebih cerah dan berwarna daripada yang biasa kita bayangkan. Efek dari radiasi nuklir juga menghasilkan berbagai monster hasil dari mutasi gen. Akan muncul juga semacam faction-faction yang saling berusaha untuk memperluas wilayah kekuasaan.

Fallout 4 juga memiliki fitur baru, yaitu kita bisa membuat bangunan untuk tempat tinggal, base atau apapun, dengan material yang bisa kita temukan di seluruh main. Banyaknya jenis material yang bisa temukan juga bisa kita gunakan untuk crating obat-obatan, bom, upgrade armor, senjata, dan lain-lain.

Dengan banyaknya hal yang terjadi di sini, ada banyak juga hal yang bisa kita lakukan di game ini. Berbagai quest, sub mission, NPC, plot, dan konten-konten lainnya akan bisa kita temukan sepanjang petualangan kita/

4. Horizon Zero Dawn

Game PS4 Terbaik Open World

Kemudian Open World games PS4 terbaik adalah Horizon Zero Down. Game ini release pada 17 Februari 2017 eksklusif untuk PS4. Sebagai game eksklusif, Guirella Games bisa lebih berfokus untuk memaksimalkan performa dari PS4 untuk menjalankan game Ini, hasilnya adalah sebuah game dengan grafis yang terlihat lebih realistis dibandingkan game lainnya yang rilis di tahun yang sama.

Guirella Games menggunakan engine baru mereka yaitu Desima engine yang juga mampu membuat sistem siang malam dan cuaca. Konsep dunia post-apocalypse yang dipenuhi robot mungkin sudah pernah dilakukan sebelumnya, tapi Horizon Zero Dawn menggambarkan situasi tersebut dengan berbeda.

Bersetting di far future, dunia justru kembali ke zaman batu penuh dinosaurus raksasa, tapi dinosaurus di game ini adalah berupa robot, jadi di game ini kita akan berada di dunia alam liar yang subur dibanding robot-robot pembunuh. Senjata yang akan kita gunakan juga bukan senjata modern, yang akan kita gunakan adalah panah dan tombak yang membuat setiap pertarungan melawan robot dinosaurus lebih tidak membosankan.

selain dibuat penasaran tentang misteri yang terjadi terhadap umat manusia sebelumnya, kita juga akan terus dibuat penasaran pemandanganseperti apa yang nantinya akan kita temui di sepanjang petualangan yang kita lewati.

3. The Witcher 3: Wild Hunt

Game PS4 Terbaik Open World

Selanjutnya Open World games PS4 terbaik di nomer 3 ada The Witcher 3 Wild Hunt. Series ke 3 dari game ini dirilis pada 19 Mei 2015 untuk PC, PS4, Xbox One, dan Switch. dari banyaknya hal menarik yang dimiliki game ini, kita tidak boleh melewatkan untuk membahas design world yang dramatis di game ini.

Design world di game ini banyak terinspirasi dari Eropa era medieval yang terdiri dari wilayah pedesaan, dataran luas, hutan, perkebunan, dan tempat-tempat lainnya, yang juga akan terdapat berbagai monster-monster berbahaya. Dengan tema Dark Medieval fantasy, game ini akan memberikan world yang tidak hanya luas tetapi juga dipenuhi dengan tempat-tempat dan hal-hal unik untuk ditemukan.

Selain itu akan ada banyak hal ynag dilakukan di game ini, pembuat game ini sepertinya ingin map game ini sepenuh mungkin, dengan berbagai objectives dan collectable. Itulah yang membuat The Witcher 3 Wild Hunt lebih stand out dari berbagai game open world yang lain. Setiap quest yang kita lakukan akan sangat memanfaatkan desain open worl dari game ini, yang pastinya akan lebih memberikan kita motivasi untuk melakukannya.

2. Grand Theft Auto V

Game PS4 Terbaik Open World

Kemudian Open World games PS4 terbaik berikutnya ada Grand Theft Auto V di nomor 2. Kalian pasti sudah tahu kalau GTA 5 akan masuk di list ini, GTA V pertama kali dirilis pada 17 september 2013 untuk PS3 dan Xbox 360. Yang kemudian juga dirilis untuk PC, PS4, dan Xbox.

Game ini bersetting diversi fiksi dari kota Los Angeles yaitu Los Santos dengan terdapat daerah pinggiran dari negara bagian fiksi san andreas. Kalau kita bicara soal kerealistisan design suatu kota, GTA V adalah rajanya. Variasi berbagai tempatnya dari daerah urban sampai daerah penuh apartemen yang juga diisi dengan banyak kehidupan.

Kalian tidak akan menemukan kota yang sehidup ini di game-game lain, kalian bisa mencoba untuk diam dan melihat betapa dinamisnya npc di game ini, yang terasa seperti mereka punya urusannya masing-masing. Map GTA 5 sebenarnya sangat besar, tapi setiap eksplorasi yang kita lakukan akan membuat kota ini terkesan kecil karena begitu banyaknya hal untuk dilihat di kanan kiri kita, jadi tidak akan terasa kalau kita sudah banyak menghabskan waktu untuk menjelajahi game ini.

Dan untuk masalah konten, mungkin pertanyaannya bukan apa saja yang bisa kita lakukan di game ini, melainkan apa saya yang bisa lakukan di game ini.

1. Red Dead Redemption 2

Game PS4 Terbaik Open World

Akhirnya kita sampai di Open World games PS4 terbaik pada list ini, Red Dead Redemption 2. Dengan suksesnya Red Dead Redemption pertama yang dirilis tahun 2010 lalu, Red Dead Redemption 2 menjadi game paling ditunggu oleh para gamers. Akhirnya pada 26 oktober 2018, Red Dead Redemption 2 dirilis untuk PS4 dan Xbox One.

Rockstar menaruh perhatian besar terhadap detail di game ini dari segala aspek. Seperti presentasi sinematik, grafis realistis, variasi aktivitas, desain misi, dan berbagai detail lainnya yang membuat standard baru bagi game open world. Standar baru yang dimaksud disini terlihat jelas terutama dari seberapa lambat berjalannya berbagai hal di game ini.

Kita akan dihadapkan dengan apapun dalam waktu singkat, semuanya butuh proses panjang. Seperti perjalanan, action yang panjang, dan lain-lain. Jadi menurut Montirbox.com, game ini tidak cocok bagi kalian yang tidak punya waktu banyak untuk bermain game.

Berbeda dengan game-game Rockstar lainnya, Red Dead Redemption 2 tidak memiliki banyak tanda objektif dan lokasi di map nya, karena Rockstar tidak ingin kita melewatkan satu hal pun yang ada di seluruh map, yang terdiri dari lima region Amerika yang tidak hanya terasa luas, tapi memang benar-benar luas. Selain improve dari game sebelumnya, Red Dead Redemption 2 juga membuka jalan baru untuk tema Western dalam video game.

Baca Juga : Cara menambah HDD External PS4 di PS4 HEN

Oke sobat Montirbox, itulah tadi 10 Open World games PS4 terbaik sepanjang masa yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk dimainkan pada konsol PS4 sobat. Selamat Bermain.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close