Skip to main content

Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Jitu

Strategi pemasaran produk makanan - Peluang usaha kuliner atau makanan adalah peluang usaha yang menjanjikan. Kenapa menjanjikan? Karena sudah banyak pengusaha makanan atau kuliner yang bisa dibilang sukses karena usahanya melesat bahkan bisa membuka cabang dimana-mana. Tapi tidak sedikit juga yang baru memulai usaha di bidang kuliner namun harus gulung tikar karena sepinya pembeli. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya usaha seseorang di bidang makanan/kuliner. Salah satu faktornya akan kita bahas di artikel kita kali ini yaitu tentang Strategi Pemasaran Produk Makanan atau Kuliner atau Cara Memasarkan Produk Makanan atau Kuliner. Pada postingan ini kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Makanan atau Kuliner baik itu makanan ringan ataupun makanan berat. Apa saja strategi pemasaran produk makanan yang bisa kita jalankan?

Strategi Pemasaran Produk

1. Sediakan versi kecil dari produk makanan anda. 
Untuk apa? Untuk dibagikan secara gratis kepada orang-orang yang lewat. Biarkan orang-orang yang lewat mencicipi lezatnya produk makanan anda. Tapi dalam porsi kecil. Kalau satu porsi anda bagikan ke setiap orang yang lewat, rugi bandar dong yah? Nanti pas ada yang mau beli, eh udah habis dibagi-bagiin. 

Oleh karena itu, buatlah versi kecil atau versi mini atau satu porsi tapi dipotong kecil-kecil. Kira-kira bisa dipahami gak? Saya yakin anda yang membaca artikel ini bukan orang sembarangan, Anda-anda ini pasti orang-orang yang mau berpikir, mau belajar dan mau berusaha, itulah kenapa Anda itu bukan orang sembarangan. 

Setelah dibuat versi kecilnya, bungkus dengan plastik kecil bila produk makanan anda berkuah atau tusuk dengan tusuk gigi diatasnya bila produk makanan anda makanan tidak berkuah. Bagikan kepada orang-orang yang lewat di sekitar lokasi usaha Anda. Banyak orang yang hanya lewat saja di depan lokasi usaha Anda karena mereka belum tahu seberapa greget atau seberapa lezat produk makanan Anda, untuk itulah strategi pemasaran produk makanan yang bisa dijalankan.

2. Biarkan Aroma yang Berbicara
Jika produk makanan Anda mempunyai aroma yang kuat, maka pergunakan aroma produk makanan Anda tersebut supaya dapat memikat hati orang-orang yang lewat. Pernah gak Anda mencium aroma mie ayam, misalnya kemudian tiba-tiba ingin membeli mie ayam tersebut karena mencium aroma mie ayam yang semerbak, ketika tukang mie ayam tersebut membuka pancinya?

Mie ayam tersebut bahkan sudah terasa lezat meskipun Anda belum mencicipinya. Itulah contoh kekuatan aroma pada produk makanan yang bahkan si penjualnya tersebut tidak perlu cape-cape berbicara agar produk makanannya dilirik orang. Hal ini merupakan strategi pemasaran yang bagus untuk diterapkan. 

3. Perlihatkan keunikan proses memasak Anda
Pernah gak Anda melihat chef yang melempar-lempar pisau dan spatula sambil memasak? Nah itulah keunikannya. Atau proses membuat roti john misalnya, kan diperlihatkan tuh di depan konsumennya. Jadi tambah ngiler kan? Tentunya proses memasaknya juga harus higienis yah.

4. Dapatkan review dan berikan bonus
Setelah Anda mendapatkan pembeli di usaha makanan Anda, silahkan Anda minta review atau ulasan tentang produk makanan Anda tersebut kepada si pembeli tadi. kemudian iming-imingi mereka dengan bonus seperti makanan penutup yang simple jika si pembeli tadi bersedia memberikan review positif pada usaha makanan Anda.

Sediakan kertas dan pulpen atau bisa juga melalui whatsapp, kemudian screenshot ulasan tersebut. Gunakan review tersebut untuk meyakinkan calon pembeli lainnya agar membeli pada Anda.

5. Instagramable
Strategi pemasaran produk makanan yang kelima adalah instragamable. Instagramable artinya layak untuk difoto dan diupload ke instagram. Tentunya produk makanan Anda harus terlihat lezat dan menggiurkan meskipun hanya melalui sebuah foto atau video. Misalnya foto atau video kue yang crispy di luar tapi lumer di dalam, meskipun lewat video tapi kue tersebut berhasil membuat ngiler orang-orang yang menontonnya di instagram.

Atau bila produk makanan Anda tidak begitu istimewa, cobalah buat tempat usaha Anda menjadi istimewa dan unik. Misalnya dipasang gambar-gambar dinding yang unik dan menarik yang tentunya instagramable juga. Jadi tidak harus produknya yang instagramable, tempatnya juga bisa, sekarang kan zamannya selfi, jika tempatnya bagus, orang-orang yang datang ke kedai, kafe, restoran atau tempat usaha Anda akan dengan senang hati berselfi ria dan menguploadnya ke sosial media mereka. Itu merupakan promosi gratis bagi Anda. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

6. Buat Kontes
Buatlah kontes berhadiah untuk menarik konsumen, caranya yaitu buatlah kontes foto. Si pembeli diharuskan berfoto dengan produk makanan Anda dan upload ke instagram mereka, sertai juga dengan caption menarik atau keterangan yang menarik dan unik. Nantinya, foto-foto pembeli tersebut anda repost atau retweet jika di twitterdan pilih beberapa foto yang bagus tentunya dengan caption yang bagus pula untuk diberikan hadiah.

Hadiahnya bisa berupa uang, merchandise atau apapun terserah anda. Yang penting hadiahnya menarik bagi mereka, dengan cara di retweet atau di repost postingan mereka tentunya si pembeli tersebut merasa ikut dilibatkan di kontes tersebut, dan meskipun foto mereka tidak terpilih menjadi pemenangnya tapi setidaknya bisa membuat mereka senang karena ikut diposting di sosial media usaha makanan Anda.

7. Gunakan Media Sosial Lainnya
Setelah tadi disinggung beberapa media sosial seperti instagram dan twitter, sekarang saatnya Anda gunakan facebook untuk promosi usaha makanan atau kuliner Anda. Untuk yang mudah dan gratis, silahkan cari group-group facebook yang berhubungan dengan makanan dan kuliner. Misalnya Wisata Kuliner Danau Toba, atau wisata kuliner Kota Medan atau Wisata Kuliner apa gitu yang sesuai dengan lokasi usaha Anda.

Kemudian Anda masuk ke group tersebut dan promosikan usaha makanan Anda tersebut. Jika Anda tidak menemukan group bertema kuliner di facebook yang sesuai dengan lokasi Anda, silahkan gabung saja dengan group jual beli kota Anda di platform facebook tersebut dan berpromosilah disana. Untuk yang berbayar, silahkan Anda buat facebook fanspage kemudian pasang iklan di facebook tersebut agar bisa menjangkau pemirsa yang lebih luas, dan tentunya pasang iklan di facebook tidaklah gratis.

8. Kerjasama dengan Layanan Pengiriman
Ada beberapa aplikasi yang menawarkan layanan pesan-antar sekarang ini. Sebagai contoh, bayangkan jika Anda bekerjasama dengan GO-FOOD, jutaan pengguna aplikasinya akan dapat melihat kedai atau restoran Anda melalui aplikasi GO-JEK. Tidak hanya itu, pelanggan Anda juga dapat membayar biaya pengantaran yang lebih murah menggunakan promo-promo dari GO-FOOD. Anda juga bisa ikut memberikan promo-promo GO-FOOD bagi pelanggan kedai atau restoran Anda

9. Gaet Influencer
Anda juga bisa menggaet influencer untuk membantu meningkatkan popularitas brand Anda. Kirimkanlah produk makanan Anda secara gratis kepada mereka atau undang mereka ke tempat usaha Anda misalnya kedai, café atau restoran Anda. Dan mereka akan membagikan ulasan mengenai produk atau usaha Anda kepada followernya, atau istilah kekiniannya disebut endorse.

Silahkan Anda cari akun-akun instagram misalnya yang followernya banyak kemudian minta kerja sama tentang endorse kepada pihak mereka, biasanya mereka akan mendapatkan produknya secara gratis atau bisa juga mereka selain mendapatkan produknya secara gratis, mereka juga mendapatkan kompensasi berupa bayaran sejumlah uang.

Selain instagram, khusus untuk bidang kuliner, silahkan anda cari di YouTube channel-channel tentang kuliner. Misalnya Hobi Makan, Daddy Kuliner, Indonesia Food Department, Berburu Kuliner, Ken & Grat, Street Food Village, Enjoy Aja, Anak Kuliner, Nex Carlos, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka itu Youtuber-youtuber special kuliner, untuk yang lainnya silahkan Anda cari sendiri di Youtube.

Kemudian silahkan Anda hubungi pemilik channel kuliner tersebut, biasanya ada email di kolom About/Tentang di channel mereka, dan juga biasanya terdapat akun-akun sosial media mereka yang lainnya seperti facebook dan instagram mereka di channel tersebut. Hubungi mereka, dan undang mereka kemudian minta mereka untuk memberikan ulasan tentang makanan yang anda jual. Kalau perlu beri kompensasi kepada mereka atau berikan makanannya secara cuma-cuma kepada mereka, tentunya makanan yang ingin Anda promosikan haruslah enak.

Sebenarnya Kunci dari Usaha Makanan atau Kuliner itu simple. yaitu: Enak dan Unik. Baik itu unik di cara memasarkannya, unik cara memasaknya, unik tempatnya atau unik pada bentuknya. Contohnya jika kebanyakan bakso itu semakin kesini semakin besar, maka buatlah bakso mini, atau pizza mini, atau apapun itu terserah Anda yang penting adalah unik dan enak. 

Sekedar unik tapi gak enak, buat apa? Gak ada repeat order atau pelanggan Anda cuma mencoba mencicipinya karena penasaran saja. Setelah itu ya sudah. Oleh karena itu, makanan yang Anda pasarkan haruslah enak dan bisa membuat mereka ketagihan untuk membeli lagi di tempat Anda. Enak itu relatif. Enak menurut Anda belum tentu enak menurut orang lain, tapi jika enak menurut beberapa orang yang berbeda, kemungkinan besar enak menurut orang banyak nantinya. Oleh karena itu perlu ada tester atau penguji rasa jika Anda ingin memulai usaha kuliner.

Jadi kesimpilannya adalah :
1. Sediakan versi kecil dari produk makanan anda. 
2. Biarkan Aroma yang Berbicara. 
3. Perlihatkan keunikan proses memasak Anda.
4. Dapatkan review dan berikan bonus. 
5. Instagramable. 
6. Buat Kontes. 
7. Gunakan Media Sosial Lainnya. 
8. Kerjasama dengan Layanan Pengiriman.
9. Gaet Influencer. 

Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Pemasaran Produk Makanan yang bisa Anda terapkan untuk membangun bisnis yang sedang Anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close