Skip to main content

Tips Menghadapi Usaha yang Sedang Sepi

Tips Menghadapi Usaha yang Sedang Sepi - Yang namanya bisnis memang tidak selamanya berjalan mulus dan lancar, ini adalah hal yang sangat wajar, apalagi bagi Anda yang tergolong pemula dalam dunia bisnis. Namun kita tidak perlu panik menghadapinya, karena semua pengusaha pasti pernah mengalaminya termasuk pengusaha yang sukses sekalipun. Tetaplah bersikap tenang dan berpikir jernih agar Anda bisa mengetahui dimana letak permasalahan yang membuat usaha kita sepi. Berikut ini adalah tips-tips menghadapi usaha yang sedang sepi yang bisa kita terapkan :

Tips Menghadapi Usaha yang Sedang Sepi

1. Evaluasi Harga
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meninjau kembali harga yang telah Anda tetapkan pada produk atau jasa Anda, bisa jadi harga yang Anda tetapkan lebih mahal daripada harga produk pesaing, sehingga para pelanggan beralih ke produk atau jasa pesaing Anda. Oleh karena itu, teruslah update terhadap harga para pesaing Anda.

Caranya: Anda beli saja produk pesaing Anda atau gunakan layanan jasa mereka, tapi suruhlah orang lain melakukannya untuk Anda, sehingga pesaing Anda tidak mengetahui bahwa kita sedang mengecek harga produk atau jasa mereka.

2. Evaluasi Kualitas 
Apabila harga produk atau jasa Anda sama atau bahkan lebih rendah dari pesaing Anda, tetapi usaha Anda masih tetap sepi, bisa jadi permasalahannya ada pada kualitas produk Anda. Saat ini masyarakat lebih memilih kualitas yang bagus meskipun agak mahal daripada harga murah tapi kualitas murahan. Oleh karena itu, cek kembali kualitas produk Anda apakah sudah layak dipasarkan atau tidak dan kualitasnya minimal harus sama atau berada di atas pesaing Anda.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Jitu

3. Evaluasi Pelayanan
Jika harga sama dan kualitas sama dengan produk pesaing Anda, bisa jadi pelayanan Anda kepada pelanggan yang mempengaruhi sepinya usaha Anda.  Teruslah berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen Anda.

4. Lakukan Inovasi
Tips yang berikutnya untuk menghadapi usaha yang sedang sepi yaitu Lakukan Inovasi. Mungkin para pelanggan Anda merasa bosan dengan produk atau jasa Anda atau bisa jadi display atau tampilan toko Anda. Oleh karena itu lakukanlah inovasi-inovasi yang mencolok pada produk atau jasa Anda atau pada tampilan toko, karena pada dasarnya, manusia itu cepat bosan terhadap sesuatu.

Itulah sebabnya, banyak produk-produk yang sering di iklankan di televisi, berinovasi dengan cara merubah tampilan produk mereka dan memberikan sentuhan baru pada produk mereka. Kita ambil contoh, Facebook dan Twitter. Facebook yang dulu tampilan awalnya simpel sekarang kita bisa upload video dan update status tidak hanya teks polos tapi ada backgroundnya.

Dulu hanya ada tombol Like, sekarang jadi tombol reaction bisa Like, Love, Wow, Sedih atau pun Marah. Kemudian twitter, dulu hanya 140 karakter kini bisa 280 karakter. Perusahaan-perusahaan besar saja melakukan inovasi agar pelanggannya tidak bosan, masa kita hanya begitu-begitu saja.

5. Buat Promo
Tips yang berikutnya untuk menghadapi usaha yang sedang sepi yaitu Buat Promo. Hal yang lazim dilakukan oleh para pengusaha jika menghadapi sepinya usaha adalah membuat promo. Ini dimaksudkan untuk menarik pelanggan lama Anda kembali pada Anda dan juga untuk menarik pelanggan baru untuk datang dan menggunakan produk dan jasa Anda.

Jika saat ini Anda masih belum mengeksplor dunia online untuk menjangkau target market Anda, inilah saatnya Anda melakukannya. Anda bisa pergunakan situs media sosial seperti facebook, twitter dan instagram atau Anda bisa juga membuka toko online Anda di marketplace, seperti Tokopedia dan Bukalapak. Bisa jadi usaha Anda sepi karena para konsumen beralih ke sistem online.

7. Perbaiki hubungan Anda dengan Tuhan
Setelah melakukan tips-tips tadi, bisa jadi permasalahan utamanya ada pada hubungan Anda dengan Tuhan. Mungkin karena pada saat usaha Anda sedang rame-ramenya, Anda melupakan Tuhan dengan alasan sibuk. Padahal rejeki kita itu diberikan oleh Tuhan, kita tinggal menjemputnya saja, tapi kenapa saat sibuk kita malah melupakan-Nya. Mohon ampunlah dan teruslah berdoa agar usaha kita kembali ramai.

Sebenarnya ada faktor lain yang mempengaruhi sepinya usaha kita. Misalnya faktor kondisi ekonomi, seperti menurunnya tingkat daya beli masyarakat dan sebagainya. Namun hal itu adalah hal yang berada diluar jangkauan Anda. Tetaplah berdoa dan berharap agar kondisi ekonomi negara kita membaik dan teruslah berusaha dengan apa yang bisa Anda lakukan saat ini.

Itulah tadi pembahasan mengenai Tips Menghadapi Usaha yang Sedang Sepi, mudah-mudahan bagi kita yang sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis dan juga Anda yang akan memulai sebuah usaha atau bisnis, semoga diberikan kemudahan, kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close