Skip to main content

Kulit Pucat : Penyebab Serta Gejala Yang Ditimbulkan

Kulit Pucat : Penyebab Serta Gejala Yang Ditimbulkan - Kulit pucat biasanya lebih umum terjadi pada mereka yang sedang dalam keadaan kurang sehat atau sakit. Ini terjadi ketika aliran darah dan oksigen berkurang, ini juga bisa terjadi ketika ada penurunan jumlah sel darah merah. Namun selain itu ada banyak penyebab lain yang bisa menyebabkan terjadinya pucat, kira-kira apa saja penyebabnya?.

Pucat pada kulit ini bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti tangan dan wajah, namun yang umum terjadi yaitu muncul pada area wajah. berikut beberapa penyebab kulit menjadi pucat :

Penyebab kulit pucat yang pertama adalah karena disebabkan menderita Anemia. Pucat merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami anemia. Anemia terjadi ketika tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah, anemia akut sering terjadi akibat dari kehilangan darah yang cepat akibat trauma pembedahan atau perdarahan internal. Sedangkan anemia kronis dapat terjadi karena kekurangan zat besi vitamin B12 atau folat.

Kulit Pucat

Selain itu, anemia kronis juga bisa terjadi karena gagal ginjal atau hipertiroidisme. Kemudian anemia defisiensi zat besi juga umum terjadi, yaitu kondisi dimana seseorang yang kurang memiliki zat besi.

Penyebab kulit pucat yang kedua karena kekurangan vitamin. Kekurangan gizi yang ekstrem juga akan membuat tubuh kesulitan memproduksi sel darah, dengan begitu akan membuat tubuh terutama bagian wajah akan menjadi pucat.

Penyebab kulit pucat yang ketiga adalah karena masalah pernapasan. Gangguan pernapasan seperti chronic obstruktive pulmonary disease bisa menyebabkan anda pucat. Kondisi ini membuat anda kesulitan bernapas atau seseorang kesulitan mendapatkan oksigen.

Yang keempat adalah karena infeksi. Salah satu infeksi yang paling serius yaitu sepsis. Ini terjadi ketika bakteri masuk kedalam aliran darah, ketika bakteri merusak sel darah merah, ini akan membuat anda menjadi pucat. Infeksi pernapasan seperti flu dan pilek juga terkadang bisa menyebabkan anda menjadi pucat.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Yang Bikin Gemuk

Selain beberapa penyebab tersebut, pucat dapat terjadi karena adanya hal lain seperti akibat paparan sinar matahari yang kurang, paparan udara yang terlalu dingin, hingga adanya penyumbatan di area tungkai. Meski beberapa penyebab pucat tidak berbahaya, namun anda tetap harus waspada ketika pucat yang anda alami disertai dengan gejala lain, misalnya demam tinggi, sakit perut, adanya pembengkakan pada bagian tubuh, dan mata menguning.

Sebaiknya pastikan untuk segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan pemriksaan dan perawatan yang tepat. Itulah penjelasan mengenai Kulit Pucat : Penyebab Serta Gejala Yang Ditimbulkan, mudah-mudahan bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close