Skip to main content

Cara Mengatasi Sembelit dan Susah BAB Dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Sembelit dan Susah BAB Dengan Cara Alami  - Apakah anda atau orang terdekat anda pernah mengalami sembelit? ketika sembelit, anda pasti merasa tidak tenang dan tentunya hal ini cukup mengganggu. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa meringankan sembelit dengan cara yang mudah, salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan saja. Makanan apa saja yang bisa meredakan gejala sembelit?

Sebelumnya anda perlu mengetahui apa itu sembelit. Sembelit terjadi ketika gerakan usus menjadi lebih sulit dan lambat dari biasanya, banyak orang yang pernah mengalami hal ini, akibat gerakan usus yang lebih lambat maka membuat feses tertahan selama beberapa hari dan sulit untuk dikeluarkan. Namun anda tak perlu khawatir, kebanyakan kondisi ini bukan merupakan kondisi yang berbahaya,

Cara Mengatasi Sembelit

Anda juga dapat mengatasinya, hal ini juga merupakan suatu cara agar bab lancar tiap hari. Yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut :

Baca Juga : Kulit Pucat : Penyebab Serta Gejala Yang Ditimbulkan

1. Buah Pir (Pear)
Cara mengatasi sembelit dan susah BAB yang pertama adalh buah pear dapat meringankan sembelit yang sedang anda alami, hal ini terjadi karena pear merupakan buah yang kaya serat, 178 gram buah pear mengandung serat sebanyak 6gram, ini dapat memenuhi asupan sebanyak 24% dari kebutuhan serat harian anda. Pear juga tinggi sorbitol yang dapat menarik air kedalam usus sehingga dapat merangsang usus untuk dapat bergerak,

2. Ubi jalar
Ubi jalar juga termasuk makan yang efektif untuk cara mengatasi sembelit, Selain mengandung vitamin dan mineral, ubi jalar juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk usus. Dalam 114 gram ubi jalar terdapat 4 gram serat, berkat kandungan serat yang terdapat dalam ubi jalar ini, dapat membantu usus untuk bergerak lebih cepat. Untuk mengkonsumsi ubi jalar ini, banyak cara yang bisa anda lakukan, seperti dibakar atau dipanggang, juga di goreng.

3. Kacang-kacangan
Makanan ketiga untuk cara mengatasi sembelit dan susah buang air besar berikutnya adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Kebanyakan jenis kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan membantu melancarkan buang air besar. Contohnya kacang hijau, kacang hijau mengandung 9,5 gram serat, kacang mengandung serat larut dan tak larut. Keduanya membantu tubuh untuk mengatasi sembelit, serat larut dapat menyerap air dan membentuk konsistensi seperti gel yang dapat melunakkan feses, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Buah Kiwi
Makanan keempat untuk cara mengatasi sembelit dan Susah BAB yaitu buah Kiwi. Jenis buah satu ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga anda perlu mengkonsumsi buah ini ketika sedang sembelit. Buah kiwi seberat 76 gram mengandung 2,3 gram serat, buah ini dapat merangsang usus untuk bergerak dan membantu melancarkan buang air besar. Untuk mengkonsumsi buah kiwi anda bisa mengkonsumsinya dengan beberapa pilihan cara, dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

5. Buah Plum
Mungkin anda sering mendengar buah ini digunakan untuk membantu diet, buah ini memang sering digunakan sebagai obat pencahar alami. Didalam 28 gram buah plum terdapat serat sebanyak 2 gram. Buah ini mengandung sorbitol yang dapat meringankan sembelit serta membawa air ke usus yang dapat memacu gerakan usus.

6. Apel
Cara Mengatasi Sembelit selanjutnya adalah dengan memakan buah apel. Apel juga buah yang mengandung serat yang cukup tinggi, didalam 149 gram apel terdapat 4 gram serat, serat sangat mudah untuk dicerna sehingga memudahkan kinerja usus. Hal ini akan mengurangi gejala sembelit serta dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, dengan meningkatkan jumlah bakteri didalam usus.

7. Brokoli
Mengkonsunsi sayuran brokoli juga merupakan salah satu cara mengatasi sembelit. Brokoli mengandung sulforafan, yaitu suatu zat yang dapat melindungi usus dan dapat memudahkan pencernaan. Sulforafan ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan mikro organisme yang berlebihan, yang dapat mengganggu kesehatan usus.

8. Yoghurt
Cara mengatasi sembelit dan susah BAB yang terakhir adalah dengan meminum yoghurt. Beberapa produk susu termasuk yoghurt mengandung mikroorganisme yang disebut dengan probiotik. Probiotik ini merupakan bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki kesehatan usus serta dapat melembutkan feses.

Itulah tadi penjelasan mengenai Cara Mengatasi Sembelit dan Susah BAB. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close