Skip to main content

Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan - Kita semua pasti pernah mengalami yang namanya terbentur. Ketika kita habis terbentur, apa yang harus kita lakukan?, apakah diberi air panas, atau diberi air dingin lalu dikompres?. Misalkan anak anda sedang lari-lari, atau anda sendiri lari-lari, lalu tiba-tiba anda menabrak kaca yang tebal. Atau anda habis lari-lari, lalu tidak sengaja tersandung, dan kaki atau paha anda terkena ujung meja. Tidak sampai berdarah karena hanya terbentur.

Lalu, apa yang anda lakukan?. Jadi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah anda terbentur. Yang pertama adalah lokasi terbenturnya dulu. Jika yang terbentur adalah daerah kepala, anda harus perhatikan hal-hal berikut ini. Yang pertama, tidak terjadi penurunan kesadaran. Kemudian apabila anak anda yang terbentur atau anda sendiri tiba-tiba merasa sangat ngantuk, ataupun merasa mual sampai muntah, lalu terjadi lupa ingatan.

Jika anda mengalami hal-hal demikian, apalagi anda sampai kejang. Sebaiknya, anda langsung ke Rumah Sakit. Dibawa ke Rumah Sakit, ke IGD. Karena hal-hal tersebut, gejala-gejala yang sudah kita sebutkan tadi bisa jadi merupakan tanda bahwa anda mengalami gegar otak. Jadi, penanganannya harus darurat, harus segera dibawa ke Rumah Sakit.

Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

Tetapi jika tidak terjadi penurunan kesadaran, tidak terjadi hal-hal yang sudah saya sebutkan, maka anda bisa cek luka anda. Apabila lukanya hanya luka terbentur seperti itu, maka yang pertama kali harus anda lakukan adalah anda bisa mengambil air es atau gunakan es batu, kemudian dibungkus dengan kain yang halus dan lembut. Kemudian tempelkan atau istilahnya kompres pada bagian yang terkena benturan tadi.

Mengapa tidak menggunakan air panas?, tujuan menggunakan es batu atau yang suhunya dingin adalah agar pembuluh darah kita yang seperti selang itu vasokonstriksi atau berkontraksi sehingga mengurangi terjadinya pendarahan di bawah kulit. Supaya bengkaknya juga tidak bertambah parah. Mungkin ada orang zaman dulu yang bilang, “Kalau habis terbentur, supaya tidak benjol ambillah pisau, lalu tempelkan ke area yang terbentur”.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Sebenarnya, tujuannya adalah mencari dinginnya. Anda bisa menggunakan es batu atau anda bisa menggunakan air es. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi pendarahan lebih banyak atau mencegah pembengkakan di bawah kulit semakin membesar, intinya untuk mengurangi.

Kemudian misalkan habis terbentur, lalu ternyata ada luka sobek atau luka terbuka. Coba dicek dulu, lukanya dalam atau tidak. Kalau tidak dalam, boleh anda cuci kemudian anda keringkan. Berikan antiseptik, lalu bisa anda plester atau menggunakan kain kasa yang steril. Tetapi jika lukanya dalam (sudah lukanya panjang, kemudian dalam pula), maka sebaiknya anda bebat, kemudian anda bawa ke Rumah Sakit.

Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

Langkah selanjutnya adalah istirahatkan. Jadi, bagian yang terbentur tadi harus diistirahatkan.  Misalkan kaki anda yang terkena benturan, maka harus diistirahatkan. Jadi, jangan main bola dulu :D. jadi harus diistirahatkan agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Kemudian yang terakhir adalah berikan pereda nyeri jika anda tidak bisa menahan nyerinya. Untuk mempercepat proses penyembuhan makan makanan yang bergizi, hal tersebut akan memberikan nutrisi pada luka anda, dan akhirnya luka anda akan cepat sembuh.

Bolehkah setelah saya terbentur, lalu di oleskan salep?. jawabannya adalah jangan diberikan salep. Anda boleh memberikan salep tersebut di hari ketiga atau hari keempat. Jadi pada hari pertama dan kedua, cukup anda kompres dengan air es atau es batu yang suhunya lebih rendah. “Berapa lama saya harus mengkompresnya?”. Jadi, anda harus mengkompresnya sekitar 10-20 menit. Kemudian diistirahatkan selama 15 menit, lalu boleh dikompres lagi, Jangan anda kompres selama seharian, itu juga tidak baik.

Oke sobat sehat, itu tadi penjelasan tentang apa yang perlu anda lakukan ketika anda habis terbentur. Semoga artikel tentang cara mengobati bengkak akibat benturan ini bisa memberikan bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close