Skip to main content

Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol (100% Sukses)

Cara menjadi pengusaha sukses - Menjadi pengusaha yang sukses memang tidak semudah yang dibayangkan, ada proses yang harus dilalui, bahkan di awal-awal memulai usahanya para pengusaha sukses pun harus jungkir balik memutar otak, mengeluarkan banyak energi dan menghabiskan banyak waktu untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan. Sebenarnya, kita bisa saja menjadi seorang pengusaha yang sukses hanya dengan bermodalkan sikap pantang menyerah dan pengalaman yang dimiliki. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik dalam hidup.

Akan tetapi, ada hal yang harus dibayar untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang amat sangat berharga itu, yaitu waktu. Anda bisa saja menjadi orang yang sukses dengan bermodalkan pengalaman dan sikap pantang menyerah tadi, hanya saja itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi dengan belajar dari pengalaman para pengusaha sukses, itu akan membantu Anda lebih cepat untuk meraih sebuah kesuksesan untuk menjadi pengusaha sukses.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Berikut adalah 13 tips yang dapat membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses :

1. Buat daftar impian
Setiap orang pasti mempunyai impian menjadi sukses, tidak terkecuali dengan Anda, dan kebanyakan orang mempunyai impian lebih dari satu, tetapi impian hanya akan menjadi sebuah khayalan jika tanpa disertai dengan tindakan. Namun jika impian disertai dengan tindakan maka akan menghasilkan sebuah kesuksesan. Tindakan yang paling mudah namun seringkali disepelekan adalah membuat daftar impian.

Tuliskanlah semua impian-impian anda itu di secarik kertas, lalu tempelkan daftar impian Anda itu di dinding kamar, meja belajar, meja kerja atau dimana saja, buatlah agar mudah terlihat oleh Anda, tuliskan impian-impian jangka panjang Anda dan impian jangka pendek yang bisa dengan mudah untuk diraih.

Baca Juga : Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal Besar

Misalnya saja : memberangkatkan orang tua pergi haji, menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang baik, pergi ke luar negeri dan sebagainya. Tuliskan saja semuanya, setelah itu bertindaklah untuk dapat meraih satu persatu impian yang Anda tuliskan tadi, dan jika satu impian yang Anda tuliskan tadi telah tercapai, coretlah tulisan impian itu, dan kelak suatu saat ketika Anda sudah sukses, Anda akan melihat daftar impian Anda itu menjadi sebuah kumpulan coretan di secarik kertas.

2. Pelajari Dasar-Dasar dalam Berbisnis
Terjun ke dunia bisnis tanpa pengetahuan dasar tentang berbisnis memang bukan hal yang tidak mungkin. Akan tetapi sebaiknya Anda perlu pelajari dulu dasar-dasarnya. Ibaratnya jika Anda ingin pergi menjelajahi sebuah hutan yang luas tentunya Anda lebih memilih membawa peralatan yang dibutuhkan dulu kan?, daripada langsung menjelajahi hutan tanpa membawa apa-apa.

3. Pelajari pengalaman para pengusaha yang sukses
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan pelajaran sebagai panduan dalam memulai/mengembangkan usahanya. Dengan mempelajari pengalaman kegagalan dari seseorang, berarti Anda telah menghemat tenaga dan waktu Anda daripada harus melalui kegagalan yang sama yang pernah dialami orang lain.

4. Berani Mengambil Resiko
Dalam hidup, selalu ada resiko, begitu pula dengan menjadi pengusaha. Semakin besar hasil yg ingin kita capai, tentu kemungkinan resiko kegagalan juga besar. Kebanyakan orang, takut untuk mengambil resiko apalagi resiko yang besar. Tapi lihatlah para pengusaha yang telah sukses, Mereka menganggap resiko besar adalah sebuah tantangan yang jika mereka bisa melaluinya, kesuksesan lah yang akan mereka dapatkan. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses.

5. Jangan takut gagal
Jika Anda masih takut akan kegagalan, saat ini juga segera tinggalkan impian Anda untuk menjadi pengusaha yang sukses. Saat Anda mempelajari kesuksesan seseorang, Anda akan menemukan fakta bahwa kegagalan seseorang jauh lebih banyak daripada kesuksesan yang didapatkan. Itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Jadi, jika Anda menemui kegagalan, jangan sedih,tapi berbahagialah karena Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Ubahlah mindset Anda, kegagalan bukanlah suatu monster yang menakutkan, tetapi kegagalan merupakan teman yang meskipun menyeramkan,tetapi akan membantu Anda mencapai sebuah kesuksesan.

6. Bersedia menerima semua masukan dari orang lain
Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan dan kesuksesan usahanya. Tetapi bagi orang yg berfikir normal, akan menjadikan kritikan atau nasehat dari orang lain sebagai gurunya yg membimbing dia ke arah kesuksesan. Menerima kritikan berarti kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yg ada pada kita, maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

7. Miliki sikap antusias
Ketika seseorang antusias dalam mengerjakan sesuatu, maka orang tersebut akan fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Anda pernah melihat orang-orang yang mengikuti lomba panjat pinang?, Orang yang panjat pinang tersebut ketika belum berhasil sampai ke puncak, apakah dia menyerah begitu saja?, Tidak. Dia malah semakin bersemangat untuk terus berusaha, karena orang tersebut antusias dalam mengikuti lomba panjat pinang itu.

Itulah contoh kecil dari sikap antusias. Begitu pula dalam berbisnis, jika Anda tidak antusias terhadap usaha Anda, maka semua yang telah Anda kerjakan hanya akan menjadi sia-sia. Tetapi jika Anda antusias dalam usaha Anda dan memang betul-betul ingin menjadi pengusaha sukses, sebanyak apapun kegagalan yang Anda temui itu tidak akan meruntuhkan impian Anda untuk mencapai kesuksesan.

8. Jadilah seorang pekerja keras
Ada yang mengatakan jangan kerja keras tapi harus kerja cerdas. Kita sangat setuju dengan ini. Akan tetapi, coba Anda bayangkan jika cerdas disertai dengan kerja keras, apa yang akan terjadi?, Bingo!!, Anda akan mendapatkan kesuksesan yang begitu besar, impian anda untuk menjadi pengusaha sukses akan segera terwujud.

9. Carilah teman sebanyak mungkin
Pepatah mengatakan, "1 musuh terlalu banyak, 1000 teman terlalu sedikit". Jika kita memiliki banyak teman, peluang mencapai kesuksesan semakin terbuka luas. Jangan hanya mencari teman di bidang yang kita tekuni saja, tapi carilah teman sebanyak-banyaknya dari bidang apa saja. Karena bisa jadi ia akan menjadi mitra bisnis Anda. Bisa jadi ia akan memberikan peluang kepada Anda yang Anda sendiri pun tidak menduga-duganya.

10. Buang sifat menunda-nunda pekerjaan
Menunda-nunda pekerjaan adalah karena adanya sifat pemalas. Coba anda cari di internet ataupun di buku, apakah ada seseorang yang sukses tapi dia malas?, tidak ada, semua orang yang sukses adalah pekerja keras. Karena sampai kapan pun, seorang pemalas tidak akan pernah mencicipi indahnya sebuah kesuksesan.

Jadi, jika saat ini Anda masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan, segera selesaikan. Semakin lama ditunda, pekerjaan akan semakin menumpuk karena pekerjaan lain akan segera mendatangi Anda. Semakin menumpuk, maka akan semakin malas untuk mengerjakannya.

11. Berbagilah dengan sesama
Sebenarnya ini adalah rahasia para pengusaha sukses. Ketika seseorang berbagi baik itu berbagi harta, berbagi ilmu maupun berbagi kebahagiaan, maka dilipatgandakanlah apa yang telah diberikannya. Semakin sering dan semakin besar kita berbagi, semakin dekat pula dengan apa yang di impikan, semakin dekat dengan apa yang dicita-citakan. Tolonglah orang-orang yang sedang dalam kesusahan, maka Tuhan akan membantumu mengatasi kesusahanmu. Bantulah orang lain untuk menggapai cita-citanya, maka Tuhan akan membantumu menggapai cita-citamu.

12. Jadikanlah Orangtuamu sebagai "Raja"
Pernah ada perbincangan dengan salah seorang pengusaha sukses di Indonesia di salah satu stasiun TV swasta nasional, pengusaha sukses tersebut ditanya dengan pertanyaan, "Apa rahasia sukses bagi Anda?", pengusaha tersebut menjawab : "Jadikanlah Ayah dan Ibumu menjadi Raja". Maksud dari jawabannya ini bisa kita simpulkan, bahagiakanlah orangtua kita, jika tidak bisa membahagiakan secara materi, berikanlah kabar-kabar yang membuat mereka senang dan bahagia, Kesuksesan anak berasal dari Ridho Orangtua.

13. Berdoa dan bersyukur kepada Tuhan
Ini adalah yang paling penting. Banyak pengusaha yang awalnya sukses, lupa akan Yang Maha Pencipta dan tidak mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepadanya, posisinya berbalik 180 derajat, usaha menjadi bangkrut. Bagi yang beragama Islam keluarkan zakat dengan segera jika sudah mencukupi, jangan ditunda-tunda, Allah akan segera mengambil balik rezeki yang sudah Dia berikan kepada kita jika kita mengabaikan hal ini. Semua kesuksesan datangnya dari Allah, maka mintalah pertolongan dariNya dan bersyukurlah dengan apa yang sudah Dia berikan untuk kita.

Itulah 13 tips dan cara menjadi pengusaha sukses. Segeralah Take Action!, jangan hanya berdiam diri saja menyaksikan kesuksesan seseorang, karena Anda juga berhak mendapatkan kesuksesan, Anda juga berhak meraih impian Anda. Apakah Anda tidak ingin memberangkatkan haji kedua orang tua?, apakah Anda tidak ingin membahagiakan keluarga Anda?, apakah Anda tidak ingin menikmati hari tua Anda dengan kebahagiaan dan kesuksesan?, segeralah bertindak!.

Segera tuliskan apa saja impian-impian Anda dan tanamkan di pikiran Anda bahwa : "Saya ingin sukses dan saya akan sukses, karena saya berhak untuk sukses, kegagalan adalah teman yang akan membantu saya menuju kesuksesan, sebanyak apapun saya terjatuh saya akan berdiri lagi, karena impian saya sudah menanti di depan". Coba ulangi lagi kata-kata tersebut hingga beberapa kali.

Mudah-mudahan Anda dan kita semua, yang sedang menjalankan sebuah usaha ataupun yang akan menjalankan sebuah usaha semoga diberi kemudahan, kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan, cita-cita untuk menjadi pengusaha sukses akan segera terwujud.

Semoga artikel Cara Menjadi Pengusaha Sukses  bisa bermanfaat.

Source : henrire.com

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close