Skip to main content

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal Besar

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula - Bagi anda yang memiliki status sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan. Banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan, asalkan tidak berbenturan dan tidak mengganggu aktifitas anda dalam menuntut ilmu sebagai mahasiswa. Pada postingan ini kita akan membahas peluang bisnis apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, dan tentu saja bisa menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan bahkan sangat besar untuk ukuran seorang mahasiswa. Apa saja peluang usaha untuk mahasiswa ini?... 

Yang pertama yaitu jasa pengetikan dan print, jasa pengetikan dan print ini mudah untuk dikerjakan bagi Anda yang sudah mempunyai modal dasar, modal dasarnya apa saja?, yaitu perangkat komputer dan printer. Keahlian yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin membuka jasa pengetikan yaitu keahlian atau skill untuk mengetiknya.

Kalau Anda belum bisa mengetik dengan sepuluh jari dan masih menggunakan sebelas jari, minimal anda bisa mengoperasikan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, karena saat ini banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang malas mengerjakan tugas mereka sendiri. Nah, keuntungannya adalah jika Anda mempunyai banyak teman yang seperti itu, Anda bisa memanfaatkan mereka menjadi pelanggan anda.

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Peluang bisnis yang kedua berikutnya yaitu bisnis jualan pulsa elektrik. kenapa jualan pulsa elektrik?, karena bisnis ini adalah bisnis yang paling simpel yang paling mudah untuk dilakukan. Modalnya apa saja?, modalnya kecil. Anda hanya membutuhkan sebuah handphone jadul, yang penting bisa kirim dan terima SMS saja.

Sekarang kita lanjutkan ke peluang bisnis yang ketiga yaitu : Membuka les privat atau kursus. Ini bisa dikerjakan oleh Anda. Misalkan Anda di jurusan seperti matematika atau bahasa inggris atau jurusan lainnya, Anda bisa memberikan les privat buat anak-anak SD/SMP/SMA, banyak mahasiswa yang mencoba peluang bisnis yang satu ini untuk menambah pemasukan sampingan mereka.

Berikutnya ada Jasa penterjemah. Jasa penterjemah ini sebenarnya masih belum terlalu banyak dilakukan oleh mahasiswa dibandingan dengan jenis usaha lain, sebabnya apa? karena tidak semudah yang dibayangkan. Kalau Anda pandai dalam bahasa asing misalnya bahasa Inggris, bahasa China, bahasa Jepang, bahasa Korea atau pun bahasa asing lainnya, anda pasti bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. karena apa? karena jasa penterjemah ini tidak semua orang bisa, jasa penterjemah ini perlu skill dalam mentranslate.

Baca Juga : Tips Memulai Usaha Sampingan di Rumah

Selanjutnya yaitu peluang bisnis Menjadi Penulis Lepas. peluang sebagai penulis lepas masih sangat potensial karena pada dasarnya, kebutuhan akan tulisan baik untuk kebutuhan media atau kebutuhan konten yang kreatif masih dibutuhkan hingga saat ini, bahkan bukan masih, selalu dibutuhkan sampai sekarang. Coba Anda lihat ke koran-koran online atau website berita yang cukup terkenal seperti detik, tribun, dll. Disana banyak penulis lepas yang menjual artikelnya pada situs berita tersebut.

Berikutnya yaitu Menjual Makanan Kecil. "Menjual makanan kecil?, Malu-maluin aja". Kata siapa?, anda bisa menjual makanan kecil ini di kampus, khususnya di kelas. Setelah ada kuliah kan suka ada pergantian mata kuliah, nah, jeda waktu itu Anda manfaatkan buat jualan. Misalnya roti, kue kering, kue atau snack atau air mineral atau apa yang Anda bawa dari rumah atau beli dari toko.

Kemudian kita lanjut ke peluang usaha untuk mahasiswa pemula yang terakhir, yaitu jualan Barang Kebutuhan baik secara Online ataupun Offline. Jualan apa?, ya jualan apa saja yang bisa dijual, asalkan halal. Anda bisa menawarkan kepada teman-teman mahasiswa barang-barang misalnya seperti baju, sepatu, tas, souvenir atau apapun jenisnya yang biasa dibutuhkan oleh mereka.

Anda bisa menjadi reseller dari sebuah produk yang dijual baik secara offline maupun online. Cari supplier yang menawarkan harga yang murah dan jauh dari harga pasar. Anda juga bisa upload dan posting foto-foto produk yang akan dijual tadi ke sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain.

Jika kita simpulkan dari pembahasan tadi, ada tujuh peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa yaitu pertama Jasa Pengetikan dan Print, yang kedua Bisnis Pulsa Elektrik, yang ketiga Membuka Les Privat atau Kursus, yang keempat Jasa Penterjemah, yang kelima Menjadi Penulis Lepas, yang keenam Menjual Makanan Kecil, ketujuh Menjual Barang Kebutuhan baik secara offline maupun online.

Jadi tunggu apalagi teman-teman, segeralah bertindak untuk memulai usaha sampingan. Mahasiswa yang hebat itu adalah mahasiswa yang bisa membiayai kuliahnya sendiri dan lulus dengan nilai yang bagus. Demikianlah pembahasan kita mengenai Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal Besar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close