Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Usaha Sampingan di Rumah

Tips Memulai Usaha Sampingan di Rumah - Assalamualaikum, kembali kita akan berbagi sedikit tips tentang Memulai usaha sampingan di rumah. Apakah Anda ada yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga?, karyawan mungkin?, atau mahasiswa?, dan teman-teman sedang mencari-cari peluang bisnis yang bisa dikerjakan di rumah?, tips yang akan kita bahas ini mungkin akan sedikit membantu Anda dalam memulai bisnis di rumah, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Okey, kita langsung saja..

Ada lima poin yang dapat dipelajari tentang memulai usaha sampingan di rumah, yang pertama yaitu tentukan jenis usahanya. sebelum memulai suatu usaha, tentunya kita harus menentukan dulu jenis usaha seperti apa yang akan kita jalankan, tidak mungkin dong main jalan gitu aja...terus usaha seperti apa yang cocok dikerjakan di rumah?.

Sebenarnya banyak sekali yang bisa Anda kerjakan di rumah, misalnya saja jasa catering, usaha laundry, bisnis kue kering, bisnis jualan alat rumah tangga dan masih banyak lagi. Pilihlah jenis usaha yang bisa Anda kerjakan sesuai dengan kemampuan Anda, tentukan jenis usahanya yang sesuai dengan kemampuan masing-masing tentunya.

usaha sampingan di rumah

Tips yang kedua yaitu selaraskan dengan hobi atau kegemaran Anda, segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati maka akan optimal hasilnya. Jadi jika Anda disini ingin menggeluti sebuah bisnis sampingan di rumah, maka sebaiknya berbisnislah yang tidak jauh dari hobi atau kegemaran Anda. Misalnya, jika anda gemar memasak, maka bisnis di rumah yang cocok adalah memulai usaha catering atau warung nasi sederhana dengan modal yang relatif kecil.

Tidak terlalu besar tetapi jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan memberikan penghidupan yang layak bagi anda. Itu hanya salah satu contoh saja dan tidak harus di bidang masak memasak, bisa juga misalnya memelihara ikan, dan lain sebagainya. Jika misalnya anda mempunyai komunitas bersepeda, anda bisa mulai usaha jualan asesoris dan sparepart sepeda dan jadikan komunitas anda itu sebagai target pasar, menyenangkan tapi juga menghasilkan.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer

okey lanjut ke poin usaha sampingan di rumah berikutnya yaitu : Lihat trend yang sedang berkembang. Memulai bisnis kecil di rumah juga bisa dilakukan dengan melihat trend yang sedang digemari banyak orang saat ini, sesuatu yang sedang ngetren ternyata bisa dijadikan usaha sampingan yang menggiurkan.

Poin berikutnya yaitu buat perencanaan secara matang. Jika Anda sudah menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan apakah sudah sesuai kemampuan Anda, sesuai dengan hobi, ataupun yang sedang ngetrend saat ini. langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah Buat perencanaan secara matang. Kenapa harus matang?, karena perencanaan itu sangat penting, tanpa rencana yang matang sebuah usaha akan sulit untuk berkembang.

Dan ingat kata alm. om Bob Sadino : "Jangan kebanyakan mikir", mentang-mentang harus pake perencanaan yang matang malah kebanyakan mikir, kalo mikir mulu, mulai usahanya kapan dong, betul tidak?. Rencana yang matang tidak harus yang terlalu mendetail, sewajarnya saja, misalnya darimana modalnya?, siapa yang bisa dijadikan rekan atau mitra usaha?, target pasarnya siapa?, harganya berapa?, cara memasarkannya bagaimana?. Saya rasa segitu juga sudah cukup, tidak perlu yang terlalu mendetail yang akhirnya malah tidak ada action.

Poin berikutnya yaitu Action. Jika rencana usaha sudah Anda siapkan, segeralah action, kerjakan, lakukan dan laksanakan. Kalau rencana usaha itu ditunda-tunda, malah tidak jadi. Jika Anda menunggu buat ngumpulin modalnya dulu silahkan, asal jangan kelamaan. karena kalau kelamaan ditunda, rancangan yang sudah tergambar jelas di pikiran Anda lama-lama memudar dan hilang hasrat untuk memulainya.

Terlebih lagi kalau usaha yang akan dijalankan yaitu yang lagi ngetren saat ini, kalau kelamaan malah trend-nya malah makin menurun, karena sesuatu yang ngetrend, lama kelamaan akan digantikan dengan trend yang baru lagi. Jadi jangan terlalu memikirkan "kalau gagal bagaimana?", jalani aja dulu, toh kita sudah punya rencana, kalau gagal tinggal cari letak kesalahannya dimana, terus perbaiki, jalankan lagi, hingga kita mencapai titik keberhasilan..

Sebagai contoh, anda bisa belajar tuh sama anak-anak yang suka main game :D, kalau misalnya di game itu mereka gagal, dan muncul tulisan Game Over, apakah mereka akan berhenti disitu saja?, jelas tidak. Mereka bahkan semakin penasaran, semakin termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai, jangan hanya dengan satu kegagalan saja, kita sudah menyerah.

Orang-orang sukses pun malah sudah akrab dengan yang namanya kegagalan, karena mereka mengganti kata kegagalan di kamus mereka dengan kata "belum berhasil", so jangan katakan "Saya sudah gagal" tapi katakan "Saya belum berhasil". Jadi segeralah ambil tindakan, mulai dari cari ide, buat rencana dan jalankan!.

Terkadang muncul dipikiran kita kata-kata : "Aduh tapi saya bingung nih, apa yang bisa saya jadikan usaha sampingan?", stop mengeluh!, stop cari alasan!, buka Google dan cari ide-ide peluang usaha disana. Kalau masih kurang cari juga di youtube, setelah ketemu buat rencananya dan kerjakan!. Yang paling penting yang tidak boleh terlewatkan adalah "Do'a", meskipun tidak saya tulis di poin-poin tadi, tapi do'a adalah faktor X yang sangat mempengaruhi usaha anda, Terutama do'a kedua orang tua. Kalau orang tua sudah merestui dan mendo'akan apa yang akan Anda kerjakan, Insya Allah Tuhan akan meridhoi.

Demikian beberapa poin dan Tips Memulai Usaha Sampingan di Rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita yang sedang ingin memulai bisnis sendiri dirumah.

Posting Komentar untuk "Tips Memulai Usaha Sampingan di Rumah"